Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Kenapa Status Whatsapp Tidak Muncul, Karena Privasi atau Diblokir? Berikut 3 Cara Mengatasinya

3745
×

Kenapa Status Whatsapp Tidak Muncul, Karena Privasi atau Diblokir? Berikut 3 Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
status whatsapp

Status Whatsapp Tidak Muncul – WhatsApp memiliki fitur yang mirip dengan story pada Instagram yang bernama “WhatsApp Status”. Status WhatsApp atau banyak orang menyebutnya dengan SW, termasuk fitur yang banyak digunakan oleh penggunanya.

Sama halnya dengan story Instagram, fitur ini akan hilang dari penglihatan sampai 24 jam kecuali kamu sudah menghapusnya sebelum 24 jam.

Fitur status WhatsApp memberikan kemudahan untuk kamu dalam membagikan dan melihat aktivitas berupa tulisan, foto, atau video yang dibagikan oleh teman yang menyimpan kontak kamu di ponselnya. Status WA ini juga dilengkapi dengan fitur dimana kamu dapat mengetahui siapa saja yang sudah melihat status kamu.

Akan tetapi, terkadang status WA tidak muncul di WhatsApp kamu. Lantas, apa yang membuat hal itu terjadi?

Baca juga: Inilah 3 Cara Membuat Stiker WhatsApp, Chatting Anti Membosankan

Penyebab status WhatsApp tidak muncul

Sering ditemukan beberapa permasalahan di mana pengguna WhatsApp tidak dapat melihat status WA yang dibagikan oleh pengguna lain. Hal inilah yang akan memunculkan berbagai dugaan mengapa tidak bisa melihat status WA pengguna lain.

Bisa juga karena nomor kamu tidak disimpan oleh pengguna lain, sehingga kamu tidak bisa melihat status WA. Apakah mungkin demikian? Akan tetapi, hal tersebut bukan menjadi satu-satunya alasan. Ada juga beberapa alasan lain kenapa status WA tidak muncul, berikut di antaranya.

1. Nomor kontak tidak disimpan

Salah satu penyebab status WA teman kamu tidak muncul bisa karena nomor kamu tidak disimpan oleh temanmu. Melansir WhatsApp, pembaruan status WhatsApp hanya dapat dilihat oleh kontak yang nomornya kamu simpan dan mereka juga menyimpan nomor kamu.

Baca Juga:  3 Cara Menolak Pesan WhatsApp Tanpa Harus Memblokir Kontak Anda

Mungkin saja mereka tidak menyimpan nomormu karena kamu baru saja mengganti nomor dan teman kamu tidak mengetahuinya atau mereka lupa menyimpannya. Pembaruan status WhatsApp akan dibagikan ke seluruh kontak. Jadi, pastikan bahwa teman kamu menyimpan nomormu di ponsel mereka.

2. Status WhatsApp teman kamu tidak muncul: kamu di blokir!

Alasan lain mungkin karena nomor kamu sudah di blokir oleh temanmu. Ketika kontak kamu diblokir, bukan hanya tidak bisa mengirim pesan atau panggilan audio dan video saja melainkan kamu tidak dapat melihat informasi apapun dari kontak tersebut, salah satunya pembaruan status WhatsApp.

BTW, blokir yang dimaksud ini ada 2, yakni blokir kontak dan blokir khusus  status WhatsApp.

  1. Blokir kontak
    Blokir kontak berarti kontak yang kamu blokir tidak dapat mengirim pesan bahkan menelpon kamu lagi melalui WhatsApp. Mereka juga tidak dapat melihat status WhatsApp yang kamu buat.
  2. Blokir khusus status WhatsApp
    Blokir khusu status WhatsApp berarti mereka yang kamu blokir tidak dapat melihat status yang kamu buat tetapi mereka masih bisa mengirim pesan dan memanggil melalui WhatsApp seperti biasa.

3. Aplikasi WhatsApp kadaluarsa

Menggunakan aplikasi WhatsApp yang sudah kadaluarsa akan membuat beberapa fitur tidak dapat digunakan sebagaimana seharusnya. Inilah pentingnya memperbarui WhatsApp ke versi terbaru di PlayStore.

Maka dari itu, jangan pernah mengabaikan notifikasi yang muncul yang meminta kamu untuk memperbarui aplikasi WhatsApp yang sedang kamu gunakan sekarang. Hal ini agar semua fitur dapat berjalan dengan baik.

4. Privasi WhatsApp diubah dan kamu dikecualikan

Pengguna WhatsApp dapat memilih siapa saja yang dapat melihat pembaruan status WA mereka. Setiap pengguna dapat mengubah privasi status WhatsApp dengan tiga pilihan yang dapat mereka pilih:

  1. Kontak saya
    Dimana semua kontak yang tersimpan dapat melihat pembaruan status WhatsApp kamu. Pengaturan ini akan terpasang secara otomatis.
  2. Kontak saya, kecuali
    Kamu dapat mengecualikan beberapa kontak dari pembaruan status WhatsApp yang kamu buat. Yang berarti, Kontak yang kamu kecualikan akan disembunyikan tidak dapat melihat pembaruan status WhatsApp.
  3. Hanya dibagikan dengan 
    Saat kamu memilih pengecualian ini kamu dapat memilih kontak siapa saja yang kamu izinkan untuk melihat pembaruan status WhatsApp. Kontak yang tidak masuk ke dalam daftar tidak dapat melihat pembaruan WhatsApp.
Baca Juga:  Mengenal Unlock Bootloader HP Android, Simak Kelebihan dan Kekurangannya 2024

Jika kamu tidak dapat melihat pembaruan status WA mungkin kamu tidak diblokir hanya saja kamu dikecualikan dan kamu tidak masuk ke dalam daftar yang diizinkan.

Cara mengatasi status WA tidak muncul

Cara ini bisa kmu lakukan dengan mudah dan cepat. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi status WA tidak muncul:

1. Melakukan update aplikasi

Kamu perlu mencoba untuk memperbarui WhatsApp di handphone kamu sebagai cara untuk menyelesaikan permasalahan pada aplikasi ini. Karena aplikasi ini bisa saja mengalami bug  yang membuat WhatsApp tidak berjalan secara optimal.

Selain itu kamu akan memperoleh tambahan fitur terbaru ketika sudah melakukan pembaruan WhatsApp. Untuk melakukan pembaruan kamu hanya perlu melakukan beberapa cara diantaranya:

  1. Buka ‘Google Play Store’, kemudian cari dan pilih ‘aplikasi WhatsApp’
  2. Klik ‘update’ dan tunggu hingga proses update selesai.
  3. Selesai.

2. Memastikan nomor telepon

Penyebab kamu tidak dapat melihat status WA mungkin karena kontak teman kamu belum tersimpan atau hilang. Jika kontak teman kamu hilang secara tiba-tiba mungkin bisa saja temanmu sudah mengganti dengan nomor baru.

Kamu bisa menanyakan kepada temanmu mengenai apakah dia mengganti nomor atau tidak. Jika iya, kamu harus mengganti kontak yang sebelumnya tersimpan dengan kontak yang baru. Dengan ini, kamu dapat melihat status yang temanmu buat.

3. Menghapus data aplikasi WhatsApp

Pilihan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi status WA yang tidak muncul dengan menghapus data aplikasi WhatsApp. Cara ini akan membuat WhatsApp kembali ke kondisi default. Semua data seperti basic data, cache, dan data sementra lainnya akan terhapus.

Terdapat perbedaan dalam menghapus data aplikasi pada perangkat ponsel karena letak fitur yang berbeda tetapi kamu dapat menyesuaikannya, berikut cara menghapus data aplikasi WhatsApp.

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Pilih ‘aplikasi & notifikasi’.
  3. Kemudian klik ‘Aplikasi’.
    Terlihat informasi mengenai aplikasi WhatsApp, lalu klik ‘penyimpanan’.
  4. Pilih ‘hapus data’ untuk menghapus data WhatsApp.
  5. Klik ‘ok’ untuk konfirmasi
  6. Selesai.
Baca Juga:  Beginilah Merekam Video Call WhatsApp di Android Lewat 4 Langkah Mudah dan Aman

Setelah kamu berhasil untuk menghapus data aplikasi, kamu langsung login kembali menggunakan nomor telepon yang kamu gunakan pada akun WhatsApp.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas