Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah Bahaya Menggunakan HP Saat Hujan Petir, Cek Faktanya

1271
×

Inilah Bahaya Menggunakan HP Saat Hujan Petir, Cek Faktanya

Sebarkan artikel ini
HP

Inilah Bahaya Menggunakan HP Saat Hujan Petir – Menggunakan HP saat petir menjadi hal sering diperbincangkan. Banyak yang percaya bahwa menggunakan HP saat ada petir itu berbahaya. Banyak yang merasa bahwa petir dapat mengenai sinyal HP.

Anda mungkin sering mendengar seseorang mengatakan bahwa tidak boleh memainkan HP ketika ada petir di luar ruangan.

Baca juga: 2 Cara Membuat Akun YouTube untuk Pemula di HP, Kepentingan Reguler hingga Bisnis

Bahkan ini sudah menjadi hal yang masyarakat percaya. Selain itu, banyak yang sudah melarang penggunaan HP ketika petir dan hujan terjadi.

Menggunakan HP Saat Petir Terjadi

Kebanyakan dari masyarakat Indonesia pasti pernah mendengar peringatan atau bahkan larangan untuk tidak bermain HP ketika terjadi petir dan hujan.

Hal tersebut karena banyak orang yang percaya bahwa petir bisa mengenai perangkat HP yang menggunakan sinyal.

Bahkan sebenarnya sudah banyak berita lama mengenai petir yang menyambar seseorang ketika tengah menggunakan ponsel.

Peristiwa tersebut tentunya menjadi rumor yang semakin populer, terutama di pelosok daerah. Mereka bahkan tidak ingin menggunakan barang elektronik lainnya selama terjadi hujan dan petir.

Petir dapat terjadi karena adanya awan yang bermuatan listrik negatif tertarik dengan listrik positif di Bumi untuk menetralkan muatannya segera.

Aliran listrik negatif awan kemudian ke Bumi dan jadilah petir. Petir akan menyambar atau melewati benda yang lebih tinggi dari permukaan Bumi agar bisa segera mencapai listrik positif Bumi.

Fakta Sebenarnya

Meski terdengar masuk akal, tetapi ternyata informasi tersebut tidak benar atau hanya mitos. Sebenarnya Anda bisa bebas menggunakan HP ketika hujan atau bahkan terjadi petir.

Umumnya orang yang percaya dengan informasi tersebut beranggapan bahwa logam dapat menarik muatan.

Smartphone kini memiliki sedikit logam. Beberapa ponsel bahkan memiliki bodi yang seluruhnya terbuat dari plastik.

Selain itu, ponsel juga termasuk perangkat dengan daya rendah dibandingkan perangkat elektronik lainnya dan cenderung tidak menarik petir. Jadi, menggunakan HP saat petir tidak berbahaya.

Kenapa Bisa Tersambar Petir Ketika Bermain HP?

Hal yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, kenapa ada kasus orang tersambar petir lewat HP? Bahkan kasus seperti ini sering terjadi.

Sebenarnya, petir yang menyambar tidak ada hubungannya dengan apakah Anda memakai HP saat itu atau tidak.

Hal yang menyebabkan seseorang tersambar petir adalah ketika dia bermain HP di tempat atau posisi yang salah sehingga menyebabkannya terkena sambaran petir.

Petir akan cenderung menyambar objek yang lebih tinggi dari permukaan Bumi, itulah kenapa Anda harus lebih waspada dengan letak posisi saat petir terjadi, daripada memperhatikan penggunaan HP.

Adapun ketika tiang listrik atau telepon terkena sambaran petir, maka kabel akan rusak dan terputus. Jadi, menggunakan HP saat petir hanya akan kehilangan sinyal.

Kasus telepon terbakar karena sambaran petir hanya terjadi pada penggunaan telepon rumah yang masih menggunakan kabel dan bukan pada telepon genggam.

Sehingga, lebih baik hindari penggunaan telepon kabel ketika terjadi petir karena bisa jadi arus tambahan yang masuk dan membakar perangkat, bahkan melukai orang yang membawanya.

Cara agar Tetap Aman dari Sambaran Petir

Apabila Anda masih takut dengan risiko sambaran petir, sebenarnya ada cara atau tips ampuh yang dapat dilakukan.

Pertama adalah menghindari tempat terbuka ketika ingin menggunakan HP saat ada petir. Jika Anda tengah berada di tempat terbuka, langsung cari tempat berlindung.

Anda bisa memasuki rumah, ruko, atau bangunan yang paling dekat, karena umumnya petir akan memilih tanah untuk menyabarkan energinya.

Hindari berlindung di bawah pohon karena sudah banyak kasus orang yang tersambar petir ketika berlindung di bawah pohon.

Apabila tengah berada di perairan terbuka, segera melipir ke pantai dan cari tempat berlindung atau masuk ke dalam kabin perahu.

Pada intinya, Anda harus menghindari menggunakan HP di dekat bangunan tinggi, tebing atau gundukan batu, hingga benda-benda yang dapat menghantarkan listrik agar terhindar dari sambaran petir.

Anda harus lebih waspada dengan pemilihan tempat berlindung ketika terjadi petir daripada masalah menggunakan HP.

Karena, meski Anda tidak menggunakan HP saat petir, tetapi berada di tempat yang tidak benar, maka juga bisa langsung tersambar. Anda sebenarnya bisa menggunakan HP dengan bebas jika berada di tempat yang aman.

Home
Adv
Kontak
Cari
Ke Atas