Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 5 Penyebab Ponsel Lemot dan Cara Mengatasinya

313
×

Inilah 5 Penyebab Ponsel Lemot dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
penyebab hp lemot

Penyebab Ponsel Lemot dan Cara Mengatasinya – Ponsel merupakan benda elektronik yang sangat dibutuhkan banyak orang. Perannya sangat penting untuk mendukung aktivitas orang-orang untuk urusan komunikasi, pekerjaan, pendidikan, hingga hiburan.

Sayangnya, penggunaan ponsel terkadang tak selalu berjalan lancar. Salah satu kendala yang paling mengganggu adalah ponsel lemot. Namun, kalau kamu mengetahui sederet penyebab ponsel lemot, kendala itu bisa dengan mudah kamu atasi, kok!

Baca juga: 6 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam

Penyebab Ponsel Lemot dan Cara Mengatasinya

HP Android yang kita gunakan performanya sering kali menurun dan menjadi lemot. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal berikut.

1. Banyak aplikasi berjalan di background

Penyebab pertama ternyata bisa disebabkan karena banyaknya aplikasi yang bergerak di background.  Biasanya, pengguna ponsel kerap kali tak menyadari hal ini sehingga membuat ponsel jadi mudah kehabisan baterai dan kemudian berjalan lemot.

Kamu harus benar-benar memperhatikan aplikasi yang digunakan sehingga tak membiarkannya berjalan di belakang background. Setidaknya, cara ini akan membantu ponselmu untuk berjalan dengan lebih lancar dan anti lemot.

2. Banyak iklan yang muncul

Iklan banyak jadi kendala dalam beberapa ponsel, khususnya Android. Ada banyak alasan mengapa iklan muncul di ponsel, misalnya karena mengakses situs sembarangan atau pun karena bawaan dari ponselnya sendiri.

Tak heran apabila keberadaan iklan tersebut mau tak mau jadi menyebabkan masalah pada ponsel. Dampaknya, ponsel akan mudah lemot dan tak berjalan dengan lancar. Lebih berhati-hati dalam berselancar agar ponsel kamu tak diserang oleh iklan-iklan pop-ads yang mengganggu, ya!

3. Kapasitas RAM sudah mulai penuh

Setiap ponsel biasanya dilengkapi dengan RAM. RAM inilah yang akan menjadi indikasi kapasitas untuk ponsel sehingga penggunanya juga harus bijak dalam menyimpan atau mengunduh aplikasi tertentu.

Bila penyimpanan pada ponsel hampir mendekati kapasitas maksimal RAM, ponsel lemot pun tak bisa dihindari. Coba lebih bijak dalam mengunduh aplikasi agar RAM di ponsel kamu tak cepat penuh, ya!

4. Baterai ponsel yang tak baik kondisinya

Baterai pada ponsel juga biasanya memiliki kondisi atau usianya tersendiri. Kerusakan pada baterai ponsel bisa disebabkan karena banyak sekali faktor, mulai dari usianya yang sudah lama hingga penggunaannya yang sembarangan.

Tidak heran apabila kondisi baterai yang usang juga bisa menjadi penyebab dari lemotnya kinerja ponsel. Kamu harus mengecek kembali usia baterai dan kondisinya apabila tak ingin ponsel terus menerus lemot seperti itu.

5. Belum memperbaharui sistem OS

Setiap ponsel biasanya memiliki durasi berkala untuk melakukan update software. Pembaharuan tersebut akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja dari ponsel, sehingga membuat penggunaannya menjadi jauh lebih maksimal.

Sayangnya, ada beberapa orang yang masih abai dalam melakukan pembaharuan OS karena alasan malas dan lain sebagainya. Dampaknya jadi membuat ponsel harus bekerja dengan lebih keras sehingga kinerjanya pun melamban alias lemot.

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot

Jika mendapati HP yang lemot, kamu tak perlu langsung berpikir untuk ganti HP. Lakukan saja beberapa cara mengatasi HP Android yang lemot ini, ya.

1. Bersihkan Cache Secara Rutin

Cara mengatasi HP Android yang lemot yang pertama adalah membersihkan cache secara rutin. Cache adalah penyimpanan sementara data pada aplikasi yang membantu mengurangi proses loading saat aplikasi dibuka kembali.

Chace bisa dibersihkan lewat aplikasi cache cleaner yang bisa kamu unduh di Play Store. Kemudian masuk ke Pengaturan HP, klik Pengaturan Aplikasi, lalu Bersihkan Data atau Cache Data.

Waktu yang tepat untuk membersihkan cache adalah saat HP Android tidak terpakai lagi (misalnya sesaat sebelum kamu tidur).

2. Hentikan Aplikasi Berjalan

Kemudian, kamu juga bisa meningkatkan performa HP Android dengan mematikan aplikasi berjalan. Hal ini berguna untuk membersihkan ruang RAM yang memberi efek kinerja HP yang anti lemot.

Caranya, masuk ke Pengaturan atau Setelan HP, masuk ke menu Memori atau Aplikasi, lalu pilih Nonaktifkan.

3. Tambahkan Slot Kartu Memori Eksternal

Jika memori internal pada HP sudah penuh oleh beberapa aplikasi dan data-data lainnya, maka cara mengatasi HP Android yang lemot yang bisa kamu lakukan adalah menambahkan slot kartu memori eksternal.

Setelah sudah memasukkan kartu memori eksternal, kamu bisa memindahkan penyimpanan aplikasi dan data-data di kartu memori tersebut. Seperti foto atau video, dan data screenshot yang biasanya memakan ruang memori.

Selanjutnya, kamu bisa mengubah pengaturan penyimpanan file pada aplikasi ke memori eksternal itu langsung. Misalnya, atur pengaturan penyimpanan foto kamera HP ke memori eksternal secara otomatis.

Ada banyak hal yang menyebabkan ponsel menjadi lemot. Kamu harus cermat mengetahui penyebabnya agar bisa segera mencari solusinya. Jangan sampai mengganggu produktivitasmu dalam menggunakan ponsel, ya!

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas