Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 4 Cara Setting HP Android Baru, Pemula Wajib Tahu

1933
×

Inilah 4 Cara Setting HP Android Baru, Pemula Wajib Tahu

Sebarkan artikel ini
Setting HP Android

Cara Setting HP Android Baru – Cara setting HP Android baru merupakan langkah penting yang perlu dilakukan dengan cermat. Saat ini, smartphone telah menjadi perangkat esensial bagi setiap individu, dan masing-masing HP Android memiliki sistem, tampilan, dan pengaturan yang unik. Untuk itu, melakukan setting tidak boleh asal, sehingga tutorial HP Android ini penting untuk Anda simak dengan lengkap.

Bagi yang baru saja membeli ponsel Android, tentu akan mengustomisasi perangkat tersebut agar dapat memanfaatkan berbagai fitur yang disematkan di dalamnya. Bahkan, memaksimalkan fungsionalitas smartphone yang baru diperoleh tersebut.

Baca juga: Mengenal Unlock Bootloader HP Android, Simak Kelebihan dan Kekurangannya 2024

Mungkin sebagian orang merasa bingung tentang langkah-langkah yang harus diambil saat memiliki smartphone baru. Berikut beberapa tips yang perlu diterapkan untuk mengatur HP Android baru Anda.

Cara Setting HP Android Baru dengan Panduan Lengkap

Pada zaman canggih saat ini, kebutuhan akan HP dengan spesifikasi tinggi seolah-olah mendorong orang untuk membelinya. Saat menggunakan HP baru, langkah awal yang perlu diambil adalah melakukan pengaturan agar perangkat dapat berfungsi dengan maksimal.

Prosedur Pengaturan Awal HP Android Baru

Namun, tidak semua orang bisa melakukan cara setting HP Android baru. Sebagian dari Anda mungkin memerlukan bantuan dari petugas konter HP untuk membantu menyelesaikan proses pengaturan pertama setelah pembelian.

Setting HP Android baru dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah. Berikut beberapa langkahnya:

  1. Masukkan kartu SIM yang akan Anda gunakan.
  2. Tambahkan memori internal jika perlu.
  3. Atur bahasa untuk kenyamanan pengoperasian.
  4. Sambungkan ke Wi-Fi atau gunakan kuota internet yang lancar.
  5. Buat akun Google baru untuk menikmati layanan Google.
  6. Tambahkan email sebagai langkah keamanan alternatif.
  7. Verifikasi akun dan atur profil dasar seperti waktu, tanggal dan nada dering.
  8. Unduh aplikasi melalui Google Play Store.
  9. Instal aplikasi dan masuk ke akun Google jika perlu.

Langkah-Langkah Pengaturan Keamanan pada HP Android Baru

Untuk melindungi ponsel dari tangan-tangan jahil, lakukan pengaturan screen lock dengan cara masuk ke menu setting > security > screen lock. Pilih metode penguncian layar seperti face unlock, password, pattern, atau lainnya, sesuai dengan versi OS pada perangkat Anda.

Ada baiknya, memilih password atau PIN sebagai opsi paling aman, sehingga isi ponsel tetap terjaga dari akses yang tidak sah.

Tidak boleh Anda abaikan dalam pengaturan HP Android baru adalah mengaktifkan layanan Google Find My Device. Fitur ini sangat berguna untuk melacak perangkat yang hilang.

Cara setting HP Android baru ini cukup mudah, buka pengaturan, cari “Temukan Perangkat Saya,” aktifkan dengan akun Google, lalu kunjungi android.com/find dari perangkat lain untuk melacak HP yang hilang dengan masuk ke akun Google.

Batasi Notifikasi Sensitif

Meskipun ponsel telah terkunci dengan kata sandi dan sidik jari, informasi pengguna masih dapat bocor karena adanya notifikasi pada layar terkunci. Untuk mengatasi hal ini, pergi ke menu “Pengaturan”, “Notifikasi”, lalu pilih “Notifikasi Layar Kunci”.

Pada menu ini, pilih “Sembunyikan Konten” untuk menonaktifkan notifikasi sepenuhnya. Sebagai alternatif, ketuk ikon gigi sebelah “Tampilkan Konten” dan pilih aplikasi yang diizinkan menampilkan notifikasi pada layar terkunci.

Batasi Iklan Personalisasi Google

Privasi tidak hanya terkait dengan peretasan kata sandi atau pencurian ponsel, melainkan juga terkait dengan iklan personalisasi Google. Google menampilkan iklan sesuai dengan jejak pencarian, lokasi, dan kunjungan pengguna ke situs-situs tertentu.

Untuk menghindari ketidaknyamanan, pengguna dapat menonaktifkannya di “Pengaturan”, “Google”, dan “Iklan”. Pilih “Reset ID periklanan” untuk sementara menghapus personalisasi iklan.

Meskipun sementara, opsi ini akan menghasilkan ID periklanan baru, sehingga iklan personalisasi akan mengikuti aktivitas pengguna setelah pembuatan ID baru. Sebagai alternatif, opsi “Hapus ID periklanan” mencegah Google menampilkan iklan personalisasi.

Menghemat Baterai Ponsel

Efisiensi baterai menjadi prioritas dalam cara setting HP Android baru. Google menyediakan layanan Baterai Adaptif dan Optimasi Baterai untuk membantu. Fitur ini mempelajari penggunaan HP, mengidentifikasi aplikasi yang Anda gunakan, dan mengoptimalkan pemakaian baterai. Dengan demikian, Anda dapat menghemat baterai HP dengan lebih efisien.

Selain itu, manfaatkan fitur dark mode pada HP Anda. Menurut Google, fitur ini tidak hanya mengurangi tegangan pada perangkat, tetapi juga meningkatkan masa pakai baterai karena membutuhkan daya lebih sedikit untuk menampilkan latar belakang gelap pada layar.

Itulah beberapa langkah cara setting HP Android baru Anda. Dengan mengikuti petunjuk tersebut, Anda dapat meningkatkan kinerja HP Android Anda secara maksimal.