Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Mengenal Unlock Bootloader HP Android, Simak Kelebihan dan Kekurangannya 2024

553
×

Mengenal Unlock Bootloader HP Android, Simak Kelebihan dan Kekurangannya 2024

Sebarkan artikel ini
Unlock Bootloader

Mengenal Unlock Bootloader HP Android – Unlock bootloader HP Android bisa Anda lakukan ketika perangkat bermasalah. Pada dasarnya, tahapan ini perlu Anda lakukan ketika ingin flash maupun root ponsel. Dengan melakukannya, maka HP Android Anda yang bermasalah bisa kembali fungsional.

Baca juga: Mengetahui 3 Cara Hapus Cache WhatsApp iPhone dan Android Tanpa Ribet

Unlock Bootloader HP Android dan Penjelasannya

Tak bisa kita pungkiri bahwa smartphone Android bisa mengalami masalah seiring pemakaiannya. Masalah tersebut bisa Anda atasi dengan berbagai hal.

Mulai dari flashing, rooting, dan lain sebagainya. Apabila ingin flash ataupun root ponsel pun, Anda jangan sampai lewatkan untuk membuka bootloader.

Akan tetapi, harus memastikan dulu apakah HP Android Anda mendukung unlock bootloader atau tidak. Pada dasarnya, langkah awal dalam flash dan root ini memang tidak kompatibel pada sejumlah tipe ponsel.

Tak kalah penting untuk Anda ketahui bahwa langkah ini bisa jadi solusi terbaik dalam mengatasi berbagai masalah ponsel. Apabila Anda tepat dalam melakukannya, smartphone bisa normal kembali.

Anda pun bisa memanfaatkan smartphone tersebut untuk memenuhi beragam keperluan. Bahkan langkah ini tidak hanya membantu Anda dalam mengatasi masalah ponsel, namun juga mendapatkan beragam keuntungan lainnya.

Anda bisa mendapatkan kebebasan dalam memodifikasi program bawaan pabrik. Tak mengherankan karena smartphone Android dengan status bootloader yang terbuka bisa Anda modifikasi sistemnya secara mudah.

Cara Unlock Bootloader

Mengetahui penjelasan di atas, maka Anda bisa coba melakukan unlock bootloader HP Android. Panduannya juga relatif mudah. Untuk mengetahui bagaimana caranya, Anda bisa cermati langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah download Android SDK Manager dari situs resmi Android Developer.
  2. Setelah Anda mendapatkannya, pastikan juga unduh aplikasi Driver USB di situs resmi sesuai merek ponsel.
  3. Lalu unduh Command Line Tools Only dengan akses Android Developer di ponsel. Anda bisa sesuaikan dengan tipe PC yang ada.
  4. Langkah berikutnya, sambungkan ponsel dan PC menggunakan kabel USB.
  5. Buka Android SDK Manager. Tekan shift dan klik kanan di area kosong dalam Android SDK Manager.
  6. Selanjutnya tekan Open A Command Prompt Here.
  7. Dari sini Anda bisa memilih ADB Devices. Prompt pun akan memperlihatkan nomor seri smartphone.
  8. Kemudian Anda bisa mengaktifkan USB Debugging sekaligus OEM Unlocking yang ada di Developer Options HP. Anda bisa menemukannya dengan membuka Tentang Ponsel di smartphone dan klik Build Number hingga 7 kali.

Cara Mendapatkan Kunci untuk Unlock Bootloader

Ketika Anda sudah mengikuti cara di atas, pastikan menemukan kunci atau sandi rahasia. Kunci tersebut bisa Anda gunakan untuk unlock bootloader HP Android.

Berikut caranya.

  1. Klik kanan di area kosong pada Android SDK Manager.
  2. Pilih Command Prompt Here.
  3. Masukkan kode prompt yang telah Anda peroleh tadi.
  4. Cermati Command Prompt dalam mengeluarkan token. Anda bisa salin dan menempelkannya ke website di smartphone.
  5. Buka fastboot dengan tekan Power dan Volume Down.
  6. Klik area kosong sembari tekan shift dan klik kanan.
  7. Pilihlah Open A Command Prompt.
  8. Terakhir, Anda hanya perlu mengetikkan perintah untuk unlock bootloader.

Kelebihan dan Kekurangan Unlock Bootloader

Pada pembahasan tadi sudah sedikit kita singgung soal keuntungan melakukan unlock bootloader HP Android. Sebenarnya langkah ini juga bisa membantu Anda dalam menambahkan ROM guna memperbesar ruang penyimpanan.

Namun tahukah Anda bahwa membuka bootloader juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya yaitu bisa menghapus garansi yang melekat pada ponsel Anda.

Bukan hanya itu saja, ponsel Anda juga akan lebih rentan terkena serangan virus, malware, hingga pembajakan akun. Apabila Anda gagal dalam unlock bootloader, nantinya juga berisiko merusak software maupun hardware di HP Android secara permanen.

Risikonya semakin mengkhawatirkan karena bisa berkaitan dengan keuangan. Karena tak ada jaminan keamanan, maka akun keuangan Anda bisa bocor ke pihak tak bertanggungjawab.

Menyadari hal itu, Anda harus mempertimbangkan sebaik mungkin untuk membuka bootloader atau tidak. Apabila ingin melakukannya, pahami risiko yang ada.

Unlock bootloader HP Android memang menawarkan banyak manfaat dan keuntungan. Akan tetapi, Anda jangan mengesampingkan dampak negatifnya. Pasalnya, Anda sendiri yang akan merasakan kerugiannya.