Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Mengetahui 3 Cara Hapus Cache WhatsApp iPhone dan Android Tanpa Ribet

767
×

Mengetahui 3 Cara Hapus Cache WhatsApp iPhone dan Android Tanpa Ribet

Sebarkan artikel ini
Cache WhatsApp

Cara Hapus Cache WhatsApp iPhone dan Android – Cara hapus cache WhatsApp masih sering membingungkan sebagian pengguna gadget. Padahal dengan menghapus cache tersebut, bisa memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Apabila Anda sebagai pengguna WhatsApp ingin mendapatkan keuntungan tersebut, namun belum mengetahui bagaimana caranya, bisa cermati tutorial HP di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Fitur Enkripsi Terbaru WhatsApp, 2 Cara Mengamankan Pesan Obrolan

Cara Hapus Cache WhatsApp dengan Mudah

Menghapus cache di WhatsApp bisa melegakan ruang penyimpanan yang ada di ponsel. Tak hanya itu, langkah ini juga bisa Anda lakukan untuk mendongkrak performa ponsel. Mengetahui hal itu, tentu Anda jangan ragu untuk menghapus cache. Baik itu saat Anda menggunakan smartphone Android maupun iPhone.

Mengenai bagaimana caranya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini. Pastikan Anda mencermatinya baik-baik supaya tidak ada satu langkah pun yang terlewatkan.

Buka WhatsApp

Cara hapus cache WhatsApp yang pertama ialah membuka aplikasi WhatsApp di ponsel terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa klik ikon titik 3 yang biasanya ada di pojok kanan atas. Dari sini Anda bisa memilih menu Setelan.

Klik Penyimpanan dan Data

Saat Anda sudah membuka menu Setelan, nantinya bisa menemukan berbagai opsi. Anda pilih saja opsi Penyimpanan dan Data.

Klik Kelola Penyimpanan

Dari opsi Penyimpanan dan Data, Anda bisa langsung memilih menu Kelola Penyimpanan yang terdapat di sisi paling atas. Di Kelola Penyimpanan tersebut, Anda bisa melihat cache data.

Tak hanya itu, Anda juga bisa temukan kolom batang yang berwarna kuning dan hijau. Tiap warna tersebut memiliki keterangan masing-masing. Deskripsi arti warna ini terlihat langsung di bawah kolom batangnya.

Cara hapus cache selanjutnya, Anda juga bisa menjumpai daftar kontak WhatsApp dengan kapasitas memori berbeda-beda. Anda bisa memilih kontak yang kapasitas memorinya besar. Bisa kontak pribadi maupun grup.

Setelah memilihnya, Anda tinggal menghapus cache yang ada di dalamnya. Penghapusan cache bisa Anda lakukan secara menyeluruh maupun memilihnya sesuai dengan keperluan.

Apabila Anda sudah menghapusnya, kembali ke kolom bar di Kelola Penyimpanan. Pastinya jumlah cache akan mengalami penurunan. Hal tersebut menandakan bahwa Anda sudah berhasil menghapus cache WhatsApp.

Cara Hapus Cache WhatsApp iPhone

Selain mencoba cara di atas, sebenarnya Anda juga bisa hapus cache WhatsApp sesuai dengan perangkat. Apabila pengguna produk apple, Anda bisa menghapus cache iPhone dengan cara-cara berikut.

Lewat Pengaturan iPhone

Salah satu caranya ialah melalui pengaturan iPhone. Saat membuka pengaturan bawaan di iPhone, Anda bisa pilih General dan klik iPhone Storage.

Dari sini Anda hanya perlu memilih aplikasi WhatsApp dan klik Delete. Namun Anda harus menginstal ulang aplikasi WhatsApp via App Store. Kemudian Anda juga perlu login ulang untuk menggunakan WhatsApp lagi tanpa terbebani cache.

Lewat Safari

Peramban Safari juga bisa Anda andalkan sebagai cara hapus cache WhatsApp. Safari ini ada di menu Pengaturan iPhone. Saat Anda membuka Safari, bisa pilih Clear History and Data.

Hapus Data yang Sudah Tidak Penting

Apabila Anda memiliki data yang sudah tak penting lagi, sebaiknya langsung menghapusnya. Anda bisa memilihnya satu per satu dengan teliti.

Dalam menghapus data pun, Anda bisa cermati file, foto, ataupun video yang ada di Galeri. Selain itu, Anda juga bisa cek dokumen-dokumen yang tersimpan di aplikasi.

Bisa juga menghapus aplikasi yang sudah tak lagi Anda gunakan. Pada dasarnya, langkah-langkah ini juga bisa mencegah ponsel yang Anda gunakan jadi overheat. Di sisi lain, ponsel yang tak terbebani cache tentu bisa semakin fungsional.

Cara Hapus Cache WhatsApp Android

Beralih ke pengguna smartphone Android, Anda bisa menghapus cache dengan berbagai cara di bawah ini. Pastinya caranya tidak kalah mudah.

Anda tinggal temukan aplikasi WhatsApp di menu Pengaturan smartphone Android. Untuk menghapus cache, klik Penyimpanan dan pilihlah Hapus Memori.

Dalam melakukan cara ini, Anda jangan sampai klik Hapus Data. Pasalnya, cara tersebut bisa menghapus akun maupun seluruh pesan yang ada di dalam WhatsApp.

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara hapus cache WhatsApp iPhone dan Android. Dengan cara yang terbilang mudah, Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. Setelah mencoba mempraktikkannya, Anda bisa rasakan sendiri keuntungannya.