Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 3 Cara Mengatasi Laptop Ran Into a Problem and Needs to Restart, Dijamin Ampuh!

880
×

Inilah 3 Cara Mengatasi Laptop Ran Into a Problem and Needs to Restart, Dijamin Ampuh!

Sebarkan artikel ini
laptop ran into

Cara Mengatasi Laptop Ran Into a Problem and Needs to Restart – Windows yang sedang bermasalah sering kali memunculkan layar biru disertai dengan kemunculan pesan error, sepertiYour PC ran into a problem and needs to restart.

Jika kamu menemui error yang satu ini, jangan panik dan tetap tenang. Biasanya, PC atau laptopmu akan me-restart sendiri dan kembali normal. Namun terkadang, setelah restart selesai, PC atau laptop tetap tidak kembali normal.

Agar masalah ini tidak terulang dan laptop kembali normal, cobalah cara mengatasi laptop ran into a problem and needs to restart terbaru 2023 di bawah ini, ya.

Baca juga: Laptop INBook X2 Gen 11, Harga Terjangkau dan Spek Memukau!

Cara mengatasi laptop ran into a problem and needs to restart terbaru 2023

Your PC ran into a problem and needs to restart biasanya ditandai dengan BSOD atau Blue Screen of Death. Apa itu? Layar biru dengan pesan eror sebagai tanda adanya masalah pada PC atau laptop.

Selain terjadi secara tiba-tiba, error yang satu ini juga menyebabkan PC atau laptop mengalami kesulitan saat restart. Penyebab eror ini juga cukup beragam, berikut beberapa diantaranya.

  • Sistem file yang rusak atau hilang
  • PC atau laptop dimatikan secara paksa
  • Perubahan dalam registry
  • Masalah pada driver
  • Infeksi virus atau malware.

Berdasarkan kondisi yang sering dialami sejumlah pengguna Windows, berikut ini ulasan lengkap mengenai cara mengatasi laptop ran into a problem and needs to restart terbaru 2023.

Kondisi 1: Masih bisa masuk Windows

Ketika PC atau laptomu masih bisa booting ke Windows, berarti kamu termasuk orang yang beruntung. Mengapa demikian? Karena eror bisa diperbaiki dengan lebih mudah.

Meskipun PC atau laptopmu berhasil masuk ke Windows, kamu perlu melakukan beberapa langkah troubleshooting untuk mencegah eror yang sama terjadi lagi di masa depan. Bagaimana caranya? Terapkan beberapa cara di bawah ini untuk mencegah Your PC ran into a problem and needs to restart  terjadi kembali.

Baca Juga:  Rekomendasi 7 UI Android dengan Tampilan Terbaik dan Populer, Mana Favorit Kalian?

1. Gunakan Safe Mode

Cara mengatasi laptop ran into a problem and needs to restart terbaru 2023 saat kamu masih bisa masuk ke Windows adalah menggunakan Safe Mode. Dalam Safe Mode, kamu bisa memperbaiki permasalahan tertentu dengan menghapus file atau driver yang bermasalah, menghilangkan virus, dan lain sebagainya.

Kamu hanya perlu mengikuti tutorial di bawah ini untuk menyelesaikan eror melalui fitur Safe Mode yang ada di PC atau laptopmu.

  1. Buka ‘Settings’ dan pilih ‘Update & Security’
  2. Tekan opsi ‘Recovery’
  3. Dalam ‘Advanced startup’, pilih ‘Restart now’
  4. Klik ‘Troubleshoot’ lalu ‘Advanced Options’
  5. Pilih opsi ‘Startup Settings’ dan klik ‘Restart’
  6. Dalam ‘Startup Settings’, kamu bisa pilih salah satu dari tiga pilihan, yaitu (1) ‘Enable Safe Mode’, (2) ‘Enable Safe Mode with Networking’, atau (3) ‘Enable Safe Mode with Command Prompt’
  7. Restart PC atau laptopmu dan tunggu
  8. Cara ini berhasil ketika PC atau laptop berhasil booting dengan normal.

Jika menggunakan Safe Mode masih belum bisa memperbaiki blue screen error di laptopmu. Kamu bisa mencoba cara selanjutnya.

2. Jalankan Event Viewer

Selain menggunakan Safe Mode, kamu juga bisa melakukan cek log sistem dalam aplikasi Event Viewer. Cara ini dilakukan untuk menemukan penyebab Your PC ran into a problem di PC atau laptopmu.

Kamu bisa ikuti panduan lengkapnya di bawah ini. Jangan sampai ada langkah yang terlewat dan lakukan dengan runtut.

  1. Cari aplikasi Event Viewer di PC atau laptopmu
  2. Jika sudah, pilih ‘Run as administrator’
  3. Temukan ‘Windows Log’ dan klik opsi ‘System’
  4. Cek apakah ada eror yang menyebabkan blue screen
  5. Apabila ada, perbaiki masalah tersebut sesuai dengan informasi yang tersedia.

Apabila tutorial di atas masih belum berhasil. Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi Your PC ran into a problem jika masih bisa masuk Windows.

  • Cek disk dan lakukan ‘Scan drive’
  • Sediakan ruang penyimpanan yang cukup, khususnya pada drive C
  • Lakukan update pada Windows.
Baca Juga:  Rekomendasi HP dengan WiFi 6, Akses Internet Makin Lancar

3. Cek disk di PC atau laptopmu

Kamu bisa mengecek disk untuk menjalankan command CHKDSK yang berperan dalam memperbaiki error pada disk. Contohnya kesalahan sistem file yang mungkin terjadi.

Apabila Your PC ran into a problem and needs to restart muncul disertai “INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE”. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh adanya kesalahan sistem file pada hard drive.

Kamu bisa ikuti cara mengatasi laptop ran into a problem and needs to restart terbaru 2023 berikut ini untuk melakukan pemeriksaan pada hard disk.

  1. Buka ‘File Explorer’ lalu klik ‘This PC’
  2. Klik kanan pada drive milikmu dan pilih ‘Properties’
  3. Tekan opsi ‘Tools’ dan klik ‘Check’
  4. Pilih ‘Scan drive’ dan tunggu prosesnya hingga selesai
  5. Cek apakah ada file yang bermasalah.
Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas