Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 3 Cara Memperbaiki Kamera Video Call di Hp, Dijamin Ampuh

1895
×

Inilah 3 Cara Memperbaiki Kamera Video Call di Hp, Dijamin Ampuh

Sebarkan artikel ini
video call

Inilah Cara Memperbaiki Kamera Video Call di Hp – Cara memperbaiki kamera video call HP. Ketika kamera video call bermasalah, maka Anda harus segera melakukan cara memperbaikinya. Tidak sembarangan, ada tips HP tersendiri yang perlu Anda lakukan.

Apabila Anda menyadarinya, kamera pada HP kini sudah semakin penting. Keberadaan kamera HP sudah bukan hanya untuk mengambil foto dan video, tetapi menunjang dalam komunikasi.

Baca juga: Inilah 3 Cara Mengatasi Agar Kamera Laptop Buram Kembali Jernih, Dijamin Ampuh!

Kini muncul istilah video call. Pada dasarnya konsep video call sama seperti panggilan ponsel biasa, hanya saja memanfaatkan kamera. Sayangnya tidak jarang kamera bermasalah ketika video call berlangsung dan sangat mengganggu. Untuk itu, Anda perlu mengatasinya.

Cara Memperbaiki Kamera Video Call di HP

Video call adalah salah satu cara kekinian dan modern untuk menghubungi seseorang dalam jarak jauh. Dengan video call, Anda bisa melihat wajah orang tersebut.

Teknologi video call ini tentunya sangat bermanfaat di kehidupan. Tidak hanya suara, pengguna juga dapat melihat wajah lawan bicaranya, sehingga lebih meyakinkan. Sebenarnya, konsep dari video call ini sudah hadir sejak lama. Video call dulu lebih populer dengan nama webcam.

Karena sangat praktis dan memberikan kemudahan panggilan video, saat ini webcam lebih terkenal dengan nama video call. Bahkan, hampir semua aplikasi chatting sudah memiliki fitur video call ini. Beberapa media sosial bahkan juga memilikinya.

Sayangnya seringkali terjadi masalah pada saat video call yang berkaitan dengan kamera. Jika didiamkan maka akan sangat mengganggu, sehingga Anda perlu segera memperbaikinya dengan beberapa cara berikut.

Gunakan Pencahayaan yang Memadai

Pilihan cara memperbaiki kamera video call yang pertama adalah menggunakan pencahayaan cukup. Ini berlaku ketika kamera video call terlihat gelap.

Apabila kamera video call tiba-tiba gelap, maka sebaiknya segera cari pencahayaan cukup. Anda bisa pergi ke tempat yang lebih terang atau menyalakan lampu jika di dalam ruangan.

Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Ketika kamera video call error, bisa jadi karena versi aplikasi yang Anda gunakan sudah terlalu lama. Alhasil, aplikasi tersebut bisa lemot.

Perlu Anda ketahui bahwa pembaruan aplikasi jua bertujuan untuk memaksimalkan fitur dan menghilangkan bug. Jadi, menggunakan aplikasi versi lama tidak akan maksimal.

Bahkan ketika Anda melakukan video call bisa membuat kamera error. Tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu memperbarui aplikasi video call tersebut.

Membersihkan Memori Ponsel

Dalam melakukan video call, data yang ada akan tersimpan di dalam ponsel. Tanpa Anda sadari data tersebut bisa menumpuk hingga memenuhi memori ponsel.

Jika ini terjadi, maka akses kamera ketika video call juga akan terhambat dan error. Sehingga, cara memperbaiki kamera video call di HP adalah membersihkan memori ponsel.

Selain itu Anda juga sebaiknya membersihkan cache aplikasi. Dengan demikian, aplikasi akan berjalan dengan lebih baik dan tidak menghambat video call.

Cara Memperbaiki Kamera Video Call dengan Restart Smartphone

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi masalah pada ponsel dan aplikasi di dalamnya adalah dengan melakukan restart.

Tentu saja Anda juga bisa mengatasi kamera video call yang bermasalah dengan cara ini. Apalagi melakukan restart juga sangat mudah.

Anda hanya perlu melakukan restart dengan benar agar HP beristirahat. Setelah restart, maka semua sistem di dalam smartphone akan dimulai kembali.

Apabila kamera video call bermasalah, maka kemungkinan besar akan segera teratasi. Itulah kenapa, cara memperbaiki kamera video call satu ini sangat wajib Anda coba.

Perbarui Versi Sistem Operasi

Tidak hany versi aplikasi yang bisa terlalu lama, sistem operasi ponsel juga bisa mengalaminya. Versi sistem operasi atau OS yang paling tua ini juga bisa membuat kamera video call error.

Sebaiknya segera cek pembaruan sistem operasi di pengaturan HP. Jika ada pemberitahuan untuk upgrade, segera lakukan hal tersebut karena bisa jadi bug pada sistem OS terkini membuat kamera video call bermasalah.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengganti perangkat ponsel. Bisa jadi ponsel sudah terlalu tua dan tidak bisa mengakses fitur video call.

Anda bisa mencoba cara memperbaiki kamera video call tersebut. Jika kamera tidak juga benar kembali, segera bawa ke tukang servis untuk pengecekan kamera fisik lebih mendalam.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas