Scroll untuk baca artikel
BangkaEkonomi/BisnisPeristiwa

Gandeng DPRD Babel, DPD KNPI Bangka Minta PLN Berikan Jawab Logis Penyebab Tower Roboh

526
×

Gandeng DPRD Babel, DPD KNPI Bangka Minta PLN Berikan Jawab Logis Penyebab Tower Roboh

Sebarkan artikel ini
IMG 20230329 WA0000
Caption : Ketua DPD KNPI Bangka Adi Putra beserta Pengurus saat foto bersama Ketua DPRD Babel Herman Suhadi

PANGKALPINANG. INTRIK.ID – Merasa belum mendapatkan jawaban masuk akal, soal robohnya tiang tower PLN di Kenten Tanjung api Palembang beberapa waktu lalu. Mengakibatkan terjadinya pemadaman bergilir, hingga menimbulkan dampak kurang menguntungkan kepada masyarakat sebagai konsumen listrik, DPD KNPI Bangka datangi DPRD Babel.

Kedatangan sejumlah pengurus DPD KNPI Bangka diterima langsung Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung Herman Suhadi,S.Sos, Rabu (29/03/2023) siang. Ketua terpilih DPD KNPI Kabupaten Bangka Periode 2023 – 2026, Adi Putra A.md mengatakan lawatan tersebut silaturahmi dan menyampaikan surat.

“Kunjungan kami ini dalam Rangka Audiensi Sekaligus Silaturahmi dan Mengajukan Surat permohonan, kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, agar dapat mendesak pihak PT. PLN UIW Babel untuk segera menyampaikan secara jujur terbuka untuk publik. Bertanggung jawab kepada masyarakat Bangka Belitung dan Allah SWT mengenai penyebab sesungguhnya tower tersebut roboh,” kata Adi Putra.

Menurut Adi Putra Pihak PLN harus bertanggung jawab kerugian masyarakat akibat pemadaman listrik secara bergilir.

“Kita minta dan mendesak pihak PT. PLN UIW Babel agar bertanggung jawab terhadap kerugian yang di timbulkan, akibat kejadian pemadaman listrik bergilir beberapa waktu lalu. Kita minta pihak PLN memberikan kompensasi kepada seluruh masyarakat Bangka Belitung yang terdampak,” ungkapnya.

Sementara itu ketua DPRD Bangka Belitung Herman Suhadi S.Sos Mengucapkan Banyak Terimakasih Kepda Knpi Atas Kunjungan Nya dan Menyampaikan Aspirasi Terkait Masalah
Pemadaman Bergilir yang dilakukan oleh pihak PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung

“Sebagai Lembaga DPRD yang menerima aspirasi masyarakat, Tentunya ini ( Surat DPD KNPI Bangka – red ) akan kami sampaikan kepada PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung secara langsung. Bertemu dengan Pimpinan UIW Bangka Belitung dan Kami berharap kepada PLN agar menjadi pengalaman pengalaman untuk melakukan tindakan preventif dan deteksi dini sehingga bila terjadi hal – hal seperti kemarin sedini mungkin dapat di minimalisir efek dari kendala itu,” pungkasnya.

Pemberitaan INTRIK. ID Sebelumnya Sejak terjadi pemadaman listrik bergilir oleh PLN, hal tersebut mendapat respon dari berbagai lapisan masyarakat dan organisasi. Salah satu DPD KNPI Bangka sebagai bentuk kepedulian terhadap kerugian dirasakan masyarakat, organisasi tempat OKP bernaung itu mendatangi Kantor PLN UP3 Bangka, Sabtu ( 25/3/2023) pagi.

Kedatangan DPD KNPI Bangka dalam agenda audiensi dengan pihak PLN, membahas dan menyampaikan keluhan masyarakat serta tuntutan.Ketua terpilih DPD KNPI Bangka periode 2023 – 2026 Adi Putra mengatakan butuh investigasi soal tiang tower PLN yang roboh.

“Kalau tiang tower roboh karena cuaca, saya rasa gak mungkin batang sawit disekitar tiang aman tidak roboh. Saya rasa orang bangun tower itu lebih kuat dari batang sawit. Kita butuh cek lapangan apakah benar tower di wilayah Kenten roboh karena cuaca. Nah kita akan berkoordinasi dengan BMKG setempat, guna memastikan apakah saat kejadian 20 Maret 2023 benar faktor cuaca,” kata Adi Putra.

Menurut Adi Putra kejadian Robohnya 5 tiang tower PLN sangat merugikan masyarakat dan butuh kepastian.

“Kita berharap kepada PLN wilayah Subagsel agar melaporkan kerjadian tower roboh kepada Polda setempat agar dilakukan investigasi. Bingung juga katanya akibat cuaca namun sepertinya tidak menunjukkan tower roboh karena cuaca,” ungkapnya.

Sementara itu kepala UP3 PLN Bangka Edy Saputra menyebutkan, pihaknya tidak punya kewenangan menjelaskan soal tower roboh.

“Mengingat tower roboh berada dalam wilayah PLN Sumatra Selatan, kita tidak punya kewenangan menjelaskan itu. Nah soal kebutuhan listrik di pulau Bangka 194 MW kapasitas listrik dihasilkan kita 132 MW, makanya kita harus bantu suplai listrik dari Sumatra,” kata Edy Saputra.

Disinggung soal kenapa jelang Ramadhan selalu listrik mengalami pemadaman bergilir?

“Kebutuhan pemakaian listrik bulan ramadhan cenderung sentak, misalnya saat sahur jam sama, hal tersebut pemakaian listrik akan meningkat. Kami dari PLN kondisi siaga sebelum puasa makanya lakukan pemelihara salah satu cara pemadaman bergilir,” jawab Edy

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas