Scroll untuk baca artikel
Peristiwa

Emak-emak di Desa Penyak Tertipu Program Jahe Merah Erzaldi

1341
×

Emak-emak di Desa Penyak Tertipu Program Jahe Merah Erzaldi

Sebarkan artikel ini
IMG 20231210 WA0023

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Puluhan emak-emak Desa Penyak, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah merasa tertipu oleh program jahe merah yang dicanangkan oleh Erzaldi Rosman.

Para emak-emak itu dijanjikan mendapat pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Sumsel Babel dengan jaminan asuransi jika terjadi gagal panen.

Salah satu warga, FT mengaku tidak pernah menerima uang tersebut selama mengikuti program itu sejak 2020 lalu namun pihak bank selalu menagih.

“Diawal pengurus bilangnya kalau gagal panen ada asuransi yang nanggung hutang lunas. Sekarang saya malah dikejar hutang yang gak saya pinjam. Saya aja gak nerima berapa jumlah pinjaman dan lainnya,” ucapnya kepada intrik.id, Minggu (10/12/2023).

Ia juga menyebutkan, jika program ini akan didampingi pemerintah termasuk diberikan pupuk dan hasil produksinya akan dibeli jika panen tersebut terjadi.

“Kenyataannya, gak ada dikasih pupuk, gak didampingi. Bahkan, ada yang buahnya diambil malah gak dibayar. Kami emak-emak merasa tertipu akan program jahe merah ini, ” tandasnya.

Sementara itu, Dodoy selaku ketua LBH Milenial memanggil semua pihak terkait untuk menanyakan kejelasan nasib masyarakat Penyak yang merasa tertipu oleh program jahe merah ini.

“Kami akan memanggil pihak-pihak terkait agar ada solusi atas warga yang merasa ditipu oleh program jahe merah. Tidak menutup kemungkinan ada unsur dugaan penipuan dan dugaan korupsi di sini ketika saya pelajari data dan cerita emak-emak tadi,” jelas pria yang bernama asli Dairi itu.

Ia juga menegaskan, akan memperjuangkan hak-hak masyarakat yang memang merasa ditipu. Ia akan membuka titik terang untuk masyarakat agar mendapatkan solusi.

“Kita clear dan buka seterang-terangnya kasus ini. Dan kita carikan solusi untuk masyarakat desa Penyak, ” tutupnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas