Scroll untuk baca artikel
KesehatanBangka Selatan

DBD, Lima Orang di Bangka Selatan Meninggal

421
×

DBD, Lima Orang di Bangka Selatan Meninggal

Sebarkan artikel ini
IMG 20240515 WA0014
Foto: Kabid P2P Bangka Selatan, Slamet Wahidin.

INTRIK.ID, BANGKA SELATAN – Kasus Demam Berdarah Dengue atau DBD kian ganas di Bangka Selatan. Bahkan periode Januari hingga Mei 2024 ini, sudah 5 orang meninggal.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Bangka Selatan, Slamet Wahidin mengatakan kasus penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti itu terus meningkat.

“Sesuai data yang kami miliki dari Januari 2024 sampai Mei 2024 sudah 5 orang yang meninggal dunia karena DBD, berarti kasus DBD di Bangka Selatan terus meningkat,” ungkapnya saat ditemui di ruangannya, Rabu (15/05/2024).

Menurut dia dengan meningkatnya kasus DBD di Bangka Selatan, warga harus memperbanyak membersihkan lingkungannya, tidak menampung genangan air di luar dan di dalam rumah karena bisa berpotensi munculnya jentik nyamuk Aedes aegypti.

“Kasus DBD sudah berbasis lingkungan, maka dari itu di kecamatan, kelurahan dan di desa harus dihidupkan lagi jum’at bersih. Mari dari sekarang melakukan bersih bersih lingkungan melakukan 3 M, menguras, mengubur dan menutup, dan memperhatikan diri sendiri dan keluarga kita setiap hari,” ujarnya.

Slamet juga mengatakan jika ada keluarga menderita demam, harus secepatnya dibawa ke rumah sakit atau pukesmas terdekat.

“Kalau memang DBD harus rawat inap, karena harus ditangani dengan cepat. Perbanyak minum air putih, jangan sampai pembuluh darah pecah karena bisa menyebabkan kematian,” pungkasnya.( Abi )

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas