Scroll untuk baca artikel
Politik

Bawaslu Bangka Tengah Sosialisasikan Aturan Pengawasan Melalui Media

344
×

Bawaslu Bangka Tengah Sosialisasikan Aturan Pengawasan Melalui Media

Sebarkan artikel ini
IMG 20231121 WA0004

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bangka Tengah (Bateng) menggelar sosialisasi mengenai pengawasan kampanye melalui media kepada partai politik dan media massa di Kabupaten Bangka Tengah dalam rangka persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Hotel Santika Pangkalan Baru.

Acara ini dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Bateng, Marhendra, dan berlangsung di salah satu hotel di Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (21/11/2023).

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada partai politik dan media massa mengenai aturan dan kewajiban pengawasan kampanye melalui media dalam Pemilu 2024,” ucap marhendra kepad awak Media.

Ketua Bawaslu Bateng, Marhendra menjelaskan bahwa pengawasan kampanye melalui media sangat penting dalam menjamin kesetaraan, keadilan, dan transparansi dalam proses demokrasi.

“Fasilitasi pengawasan ini juga agar tahapan kampanye berjalan sesuai aturan yang berlaku dan tidak keluar dari aturan yang seharusnya,” ungkapnya.

Dalam penyampaiannya, Marhendra menekankan pentingnya peran partai politik dan media massa dalam menjaga netralitas, keberimbangan, dan akuntabilitas dalam meliput dan menyiarkan kampanye politik. Ia juga menyampaikan informasi terkait regulasi dan mekanisme pengawasan yang akan dilakukan oleh Bawaslu Bateng.

“Kita sepakatkan alat peraga kampanye yang boleh dan tidak boleh. Hal ini termasuk juga menjaga netralitas fi kawan-kawan Media juga,” ujarnya.

Marhendra juga menjelaskan bahwa Bawaslu Bateng akan memberikan fasilitasi kepada partai politik dan media massa dalam rangka pengawasan kampanye melalui media.

” Dengan adanya fasilitasi ini, diharapkan partai politik dan media massa dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik serta mematuhi aturan yang berlaku,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Marhendra juga mengajak partai politik dan media massa untuk bekerja sama dalam menciptakan pemilihan umum yang berkualitas dan jujur. Ia menekankan pentingnya menjaga integritas dan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas terkait pemilu.

Marhendra berharap bahwa sosialisasi ini dapat memberikan manfaat yang positif dan meningkatkan pemahaman tentang pengawasan kampanye melalui media. Ia juga mengapresiasi partai politik dan media massa yang telah hadir dalam acara tersebut serta berkomitmen untuk bekerja sama dalam menjaga integritas dan penyelenggaraan pemilihan umum yang berkualitas.

“Secara keseluruhan, sosialisasi yang diselenggarakan oleh Bawaslu Bateng ini dianggap sebagai langkah penting dalam memastikan terlaksananya pemilihan umum yang adil, bebas, dan bermartabat. Melalui kerjasama antara Bawaslu, partai politik, dan media massa, proses pengawasan kampanye melalui media di Kabupaten Bangka Tengah diharapkan dapat berjalan dengan baik demi terciptanya pemilihan umum yang demokratis dan transparan pada tahun 2024,” tutupnya.