Scroll untuk baca artikel
Bangka

Awak Media Mitra Pemkab Bangka Kunjungi Kantor Bahasa

177
×

Awak Media Mitra Pemkab Bangka Kunjungi Kantor Bahasa

Sebarkan artikel ini
IMG 20231207 WA0035

INTRIK.ID, PANGKALPINANG — Sejumlah awak media mitra Pemkan Bangka melakukan kunjungan ke Kantor Bahasa Perwakilan Bangka Belitung (Babel), Kamis (7/12/2023).

Kedatangan rombongan ini disambut baik oleh Kepala Kantor Bahasa Perwakilan Bangka Belitung, Muhammad Irsan beserta jajaran.

Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfotik Bangka, Fachrobi mengatakan, kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih dalam tentang khasanah Bahasa Indonesia, serta bahasa daerah.

“Yang pertama tentunya untuk menjalin silaturahim, karena kegiatan ke kantor bahasa ini baru pertama kali dilakukan. Biasanya media itu cari berita, nah hari ini kita ajak cari ilmu,” katanya.

Pihaknya berharap melalui kunjungan ini bisa menambah referensi bagi para jurnalis yang notabene adalah seorang penulis berita.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Perwakilan Bangka Belitung, Muhammad Irsan menyambut baik atas kunjungan media ke kantornya.

Dalam kesempatan itu, Irsan mengatakan bahwa pihaknya memiliki tugas dan fungsi sesuai Permendikbud Nomor 12 Tahun 2023. Dimana salah satu fungsi tersebut yakni melakukan pemetaan bahasa dan satra daerah.

“Pemetaan bahasa ini untuk mengetahui berapa banyak bahasa yang digunakan oleh suatu daerah,” kata Irsan.

Fungsi lainnya, kata Irsan, yakni melaksanakan inventarisasi kosakata dan karya sastra. Hal ini dilakukan agar kosa kata daerah dapat diserap ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

“Setiap tahun kami mengajukan ratusan kosa kata daerah agar diserap oleh KBBI. Tapi itukan tidak mudah, harus melalui sidang dulu untuk menentukan kosakata tersebut masuk KBBI atau tidak,” jelasnya.

Usai kegiatan, Irsan juga memberikan tiga buah buku kepada Fachrobi, yaitu Kamus Bahasa Melayu Belitung-Indonesia, Kamus Bahasa Indonesia-Melayu Bangka, dan Ungkapan Tradisional Bangka.