Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Algafry: Indonesia Masuk Kategori Fatherless Country

297
×

Algafry: Indonesia Masuk Kategori Fatherless Country

Sebarkan artikel ini
IMG 20231204 WA0018

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Bangka Tengah menggelar Seminar Peningkatan Kualitas Hidup Anak Tingkat Kabupaten Bangka Tengah di ruang belajar Gedung Diklat BKPSDMD, Senin (04/11/2023).

Dibuka secara resmi oleh Algafry Rahman, Bupati Bangka Tengah, acara yang diikuti oleh ASN di lingkup Pemkab Bateng ini mengusung tema Peningkatan Peran Ayah dalam Pola Asuh Anak untuk Keluarga yang Berkualitas.

“Orang tua memang memegang peran yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Tidak hanya sosok ibu saja, namun ada sosok ayah juga yang harus terlibat aktif dalam pengasuhan anak,” ungkap Algafry dalam sambutannya.

Dirinya juga menyayangkan realita di masyarakat bahwa pengasuhan anak sering kali dilimpahkan hanya kepada sang ibu saja.

“Karena hal inilah, negara kita Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu negara yang masuk dalam kategori Fatherless Country atau negara dengan kekurangan peran ayah. Ini sangat disayangkan,” ungkapnya.

Ia juga mengharapkan agar kegiatan ini dapat menambah wawasan para ayah.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan wawasan bahkan keterampilan bagi ayah terkait pola asuh anak karena biasanya seminar parenting ini diikuti oleh ibu-ibu,” ujarnya.

Seminar ini menghadirkan para narasumber yang kompeten di bidangnya, seperti dr. Kevin Sulay Wijaya, Sp.KJ dan Psikolog Wahyu kurniawan, M.Psi.

Dilakukan juga launching gerakan He For She and Kids, dimana gerakan ini untuk mengajak peran aktif ayah dan laki-laki untuk melindungi perempuan dan anak, sehingga tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak yang biasanya dilakukan oleh laki-laki dapat berkurang. *