Scroll untuk baca artikel
Provinsi Bangka Belitung

95,6 Persen Penduduk Jadi Peserta JKN, Pemprov Babel Raih Penghargaan UHC

170
×

95,6 Persen Penduduk Jadi Peserta JKN, Pemprov Babel Raih Penghargaan UHC

Sebarkan artikel ini
IMG 20230315 WA0008

INTRIK.ID, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari BPJS Kesehatan yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin kepada Kadinkes Babel Andri Nurtito, di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Tercatat, sebanyak 95,6 persen penduduk telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Artinya, hampir seluruh masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Andri Nurtito mengatakan pencapaian luar biasa yang telah diraih dalam Program JKN selama ini tidak lepas dari sinergi yang baik antar semua pihak.

“Penghargaan ini tentu berkat dukungan semua pihak yang terkait, terutama kepada Pj Gubernur dan Sekretaris Daerah serta mitra legislatif yang telah mengalokasikan APBD untuk pendaftaran iuran BPJS bagi masyarakat yang kurang mampu,” katanya.

Ia berharap dengan meningkatnya kepesertaan masyarakat dalam program JKN, maka fasilitas dan pelayanan kesehatan harus semakin optimal.

“Kedepan kami akan terus memastikan seluruh masyarakat Bangka Belitung tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN. Kami mohon dukungan dari seluruh pihak,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, Harry Nurdiansyah mengatasi apresiasi dan komitmen yang sangat optimal dari Pemprov Babel dalam memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi warganya.

“Penyerahan Penghargaan pada hari ini sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah menunjukkan kerja kerasnya yang luar biasa memberikan komitmen di dalam program JKN, khususnya yang 95 persen dari warganya telah terdaftar program JKN,” jelasnya.

Menurutnya, capaian UHC tersebut bukan akhir dari segalanya, karena pemerintah telah menargetkan pada RPJMN tahun 2020-2024 yaitu menargetkan 98 persen penduduk Indonesia mendapatkan perlindungan sosial atau UHC.

Maka dari itu, pihaknya masih memerlukan dukungan semua pihak untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan jumlah kepesertaan JKN agar masyaraka semakin terlindungi jaminan kesehatannya.

“Kami sangat berharap dukungan pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota untuk mencapai target tersebut,” tutupnya.

Selain Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, enam Kabupaten/Kota di Kepulauan Bangka Belitung juga meraih UHC Award 2023, yakni Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Belitung Timur. (*/red)

 

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas