Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

8 Aplikasi Portable Windows untuk Menunjang Kreativitas, Bikin Konten Kreator Makin Mantap

436
×

8 Aplikasi Portable Windows untuk Menunjang Kreativitas, Bikin Konten Kreator Makin Mantap

Sebarkan artikel ini
aplikasi portable windows

Aplikasi Portable Windows untuk Menunjang Kreativitas – Butuh aplikasi portable Windows untuk menunjang kreativitasmu? Hm.. Mungkin kamu bisa coba beberapa aplikasi berikut ini.

Apakah kapasitas komputer atau laptopmu sudah hampil full? Wah, sayang banget ya. Padahal kamu mungkin perlu menginstal aplikasi baru untuk menunjang kreativitas.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Watermark Capcut Tanpa Aplikasi Tambahan, Dijamin Berhasil!

Tapi nggak perlu khawatir. Untungnya zaman sekarang sudah ada banyak aplikasi portabel. Ya, sesuai namanya, aplikasi portabel memungkinkan kamu menggunakan aplikasi yang ‘nggak perlu diinstal ke komputer.’

Kamu cukup menyimpan aplikasi tersebut di flashdisk atau media penyimpanan eksternal lainnya, hubungkan perangkat tersebut ke komputer, dan tada.. Aplikasi siap dipakai seperti biasa.

Kali ini saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi kreativitas portabel yang cocok buatmu pengguna komputer Windows. Kalau begitu langsung aja simak ulasannya ya!

Rekomendasi Aplikasi Portable Windows untuk Kreativitas

1. Snipaste

Screenshot mungkin sering dipandang sebagai aktivitas sepele. Tapi kalau dalam pekerjaan atau aktivitas yang lain kamu sering mengambil screenshot (misal ambil screenshot gambar, dokumen, browser, dll), mungkin kamu bisa coba Snipaste.

Snipaste adalah aplikasi yang fitur utamanya buat mengambil screenshot. Cuma bedanya, aplikasi menawarkan tools / metode pengambilan screenshot yang lebih beragam.

Selain itu untuk pengoperasiannya, kamu cukup menggunakan tombol keyboard sehingga gampang dan cepat. Nggak perlu bingung cara pakainya, karena aplikasi ini bakal langsung menunjukkan petunjuk shortcut di layar.

2. Ghostwriter

Ghostwriter adalah editor teks yang menggunakan syntax Markdown. Setiap file yang dibuat oleh Ghostwriter adalah file teks biasa yang bisa diedit dengan mudah, walaupun nggak ada aplikasi Ghostwriter yang terinstal di OS apapun.

Lebih lanjut, Ghostwriter menyajikan platform penulisan yang lebih santai dan bebas gangguan. Aplikasi ini menawarkan mode layar penuh dan tampilan antarmuka yang bersih.

Baca Juga:  5 Cara Ampuh Mengatasi Backlight Laptop Mati dan Apa Penyebabnya

3. PhotoDemon

PhotoDemon adalah aplikasi yang menawarkan banyak sekali fitur untuk program edit foto portabel. Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk memodifikasi gambar secepat kilat, menambahkan teks, melihat metadata, dan bahkan aplikasi ini juga bisa kamu pakai buat mengambil screenshot lho.

4. ShotCut

ShotCut adalah salah satu aplikasi editor video terbaik yang ada saat ini. Menariknya, versi portabel dari aplikasi ini juga sama dengan versi aslinya.

ShotCut versi portabel tetap menawarkan kemampuan untuk mengedit file film dengan cepat walaupun kamu sedang bepergian, dan tentunya kamu nggak perlu melakukan instalasi aplikasi di komputer.

5. TAudioConverter

TaudioConverter adalah aplikasi konversi audio portabel yang sangat kuat. Lewat aplikasi ini, kamu tidak cuma bisa mengonversi file ke berbagai format musik, tapi kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur lain seperti pemangkasan, normalisasi, kliping, modifikasi saluran, dll.

6. Blender Portable

Blender Portable, sesuai namanya, aplikasi ini adalah versi portabel dari Blender. Buat kamu yang belum tahu, Blender adalah aplikasi 3D grafis komputer open source yang memungkinkan penggunanya untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, dll.

Nah, Blender Portable ini adalah versi aplikasi yang bisa kamu angkut kemana aja pakai flashdisk / hardisk eksternal.

7. Q-Jot

Q-Jot adalah aplikasi editor teks portabel yang dirancang khusus untuk pengguna Windows. Aplikasi yang satu ini bisa kamu pakai untuk membuka dan mengedit berbagai jenis file Microsoft Word, kode HTML, sampai teks Unicode.

Selain sebagai editor teks, Q-Jot juga bisa kamu pakai untuk menyimpan file dalam berbagai format. Di sisi lain aplikasi ini juga bisa membuka file dalam format apa pun. Hal tersebut membuatnya cocok dipakai kerja kelompok. Soalnya biasanya nggak semua orang menyimpan file dalam satu format.

Baca Juga:  Rekomendasi 6 Aplikasi Alternatif Google Maps Paling Akurat dan Terbaik 2023

Misalnya temanmu si A menyimpan file dalam format .doc, temanmu si B bisa jadi menyimpan file dalam format lainnya. Download

8. Textify

Buat kamu yang kerjaannya suka mengetik, mungkin aplikasi Textify bisa membantumu. Apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini?

Jadi Textify punya fitur utama untuk mengambil teks. Aplikasi ini pada dasarnya bisa mengubah teks apapun yang ada di layarmu, menjadi teks biasa. Secara gamblang, aplikasi ini memungkinkan kamu meng-copy teks apa pun di layar dan me-paste-nya ke aplikasi penulisan (contohnya Notepad, Microsoft Word, Wordpad, dll).

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas