Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

7 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Cantik dan Menambah Darah

638
×

7 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Cantik dan Menambah Darah

Sebarkan artikel ini
minum air putih

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur – Minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari bermanfaat untuk mengembalikan hidrasi, membuang racun, hingga melancarkan pencernaan.

Sebagian orang mungkin tidak terbiasa untuk minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Padahal, ada berbagai manfaat untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Saat tidur, tubuh beristirahat dan melakukan proses pemulihan. Akibatnya, tubuh kehilangan banyak cairan. Untuk mengganti cairan yang hilang selama tidur, kamu perlu minum air putih di pagi hari setelah bangun.

Apa saja manfaat minum air putih di pagi hari dan berapa banyak yang perlu diminum? Simak penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Catat, Ini 7 Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji, Solusi Beragam Masalah Kesehatan dan Turunkan Berat Badan!

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur

Tahu, kan, kalau sekitar 60% tubuh terdiri dari air? Makanya, asupan cairan sangat penting mengingat tubuh kita tidak bisa memproduksinya sendiri.

Selain pas berkegiatan, yang orang suka lupa adalah minum air putih pada saat baru bangun tidur. Padahal minum air putih setelah bangun tidur sangat penting dan bermanfaat untuk tubuh. Ini dia beberapa manfaat minum air ketika bangun tidur di pagi hari:

1. Menghidrasi tubuh

Tidak sedikit orang yang lebih memilih minum teh atau kopi setelah di pagi hari. Padahal minum air putih di pagi hari bermanfaat menghidrasi tubuh setelah kehilangan cairan di malam hari. Tubuh juga lebih mudah menyerap air lebih cepat saat perut masih kosong.

2. Mengatasi kelelahan di pagi hari

Merasa kelelahan saat bangun tidur? Kondisi ini dapat disebabkan inersia tidur (masa transisi dari tidur ke bangun), paparan sinar biru, kualitas tidur yang buruk, atau terlalu banyak mengonsumsi kafein pada hari sebelumnya. Untuk itu, coba biasakan minum air putih di pagi hari.

Sebab, minum air putih setelah bangun tidur bisa membantu meningkatkan jumlah sel darah merah, yang juga akan menghasilkan energi untuk tubuh.

3. Membantu metabolisme tubuh

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari lainnya adalah membantu metabolisme tubuh berfungsi secara optimal. Fungsi tubuh yang dipengaruhi oleh proses metabolisme meliputi bernapas, peredaran darah, memperbaiki dan memperbarui sel, memproduksi hormon, dan mengontrol suhu tubuh.

4. Membersihkan racun

Minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari juga bermanfaat membantu membersihkan racun yang tersisa dari tubuh.

Soalnya, dengan cara ini kamu jadi lebih ingin buang air kecil atau buang air besar. Ini merupakan cara alami tubuh dalam membuang kotoran dan racun.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat minum air putih setelah di pagi hari selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Air dapat menyingkirkan bakteri jahat dari sistem pencernaan, sehingga memungkinkan bakteri baik berkembang di usus dan penyerapan nutrisi di usus menjadi lebih cepat.

6. Membantu menurunkan berat badan

Sebuah studi menemukan bahwa minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari ketika perut kosong dapat mengurangi asupan kalori sebesar 13% pada waktu makan berikutnya.

Hal ini mungkin saja terjadi karena seseorang merasa lebih kenyang setelah minum. Jadi, kamu bisa lebih mengontrol makan, sekaligus membantu menurunkan berat badan juga.

Selain itu, minum air dingin di pagi hari bisa menciptakan proses thermogenesis dalam tubuh. Thermogenesis adalah proses menghangatkan air di dalam tubuh, yang juga membakar kalori.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kalau minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur benar-benar bisa menurunkan berat badan.

7. Menyehatkan kulit

Faktanya, kulit mengandung sekitar 30% air. Minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit dan membuatnya terlihat berkilau.

Jadi, minum air putih di pagi hari bisa membantu menghidrasi kulit agar terasa lembap dan kenyal.

Berapa banyak minum air putih di pagi hari?

Belum ada aturan pasti seberapa banyak sebaiknya minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Apalagi, setiap orang juga mempunyai kadar haus dan kebutuhan air yang berbeda-beda.

Cukup dengan minum sekitar satu hingga tiga gelas di pagi hari dapat mengembalikan fungsi tubuh.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas