Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

5 Manfaat Kacang Kecipir, Dapat Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Penuaan Dini

289
×

5 Manfaat Kacang Kecipir, Dapat Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Penuaan Dini

Sebarkan artikel ini
manfaat kacang kecipir
Winged bean in basket, Organic vegetable from local market in Southeast Asia

Manfaat Kacang Kecipir Turunkan Berat Badan – Kecipir adalah sayuran dari tanaman merambat yang tumbuh subur di wilayah tropis, seperti Indonesia, Filipina, dan Thailand. Dikenal sebagai sayuran serbaguna bergizi lengkap, kandungan kecipir dipercaya menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat kacang kecipir bisa menghindarkan kita dari berbagai jenis penyakit. Pasalnya, kecipir termasuk salah satu jenis kacang yang kaya manfaat di lini kesehatan. Khasiat sayur ini tak lain berkat zat gizi yang ada di dalamnya.

Baca juga: Inilah 5 Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Manfaat Kacang Kecipir untuk Kesehatan

Anda penasaran dengan apa saja khasiat kecipir? Jika iya, maka bisa cermati beberapa poin di bawah ini. Anda bisa tahu ulasan selengkapnya.

1. Menangani Asam Urat

Banyak yang salah sangka sebab menyebut kecipir tak baik bagi penderita asam urat. Bahkan kecipir disebut-sebut sebagai penyebab asam urat. Padahal kacang kecipir terbukti berkhasiat dalam mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Saat makan kecipir, kondisi asam urat di tubuh tidak akan semakin parah. Hal ini karena kandungan purin yang ada di dalamnya terbilang rendah.

Selain itu, kacang kecipir juga tinggi serat dan antioksidan. Kandungan tersebut terkenal ampuh dalam menangkal radikal bebas sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh.

Anda pun bisa terhindar dari serangan berbagai bibit penyakit, tak hanya ancaman asam urat saja. Tubuh Anda jadi senantiasa prima dan bersemangat untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

2. Mengatasi Asam Lambung

Tak hanya menepis anggapan soal kacang kecipir jadi pemicu asam urat, manfaat ini juga berkaitan dengan asam lambung. Saat asam lambung naik, kondisi tubuh jadi tidak karuan.

Penderitanya akan mengalami mual, muntah, perut perih, pusing, dan kondisi tak nyaman lainnya. Kondisi tak menentu tersebut tidak boleh dibiarkan dan harus segera diatasi secepatnya.

Adapun salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan kecipir. Kecipir terbukti aman untuk asam lambung. Bahkan efektif untuk menurunkan asam lambung.

Manfaat kacang kecipir kian terasa apabila juga Anda imbangi dengan konsumsi jenis sayur lainnya. Sebut saja bayam, buncis, wortel, tomat, kangkung, gambas, kacang panjang, mentimun, dan berbagai jenis sayur lain yang tak memicu gas.

3. Mengobati Gula Darah Tinggi

Banyak yang bertanya-tanya apakah penderita diabetes boleh makan kecipir. Tak perlu bingung dan ragu karena rupanya penderita penyakit tersebut bisa makan kecipir.

Kecipir tak akan memperburuk kondisi penderita diabetes. Kecipir justru ampuh dalam menurunkan gula darah yang tinggi di tubuh.

Apabila mengonsumsi kacang kecipir secara rutin, maka manfaat yang diperlihatkan berupa kondisi penderita diabetes berangsur membaik.

4. Mencegah Obesitas

Siapa saja pasti tak ingin mengalami obesitas atau kegemukan. Selain mengganggu penampilan, hal ini juga tak baik bagi kesehatan. Mengetahui hal tersebut, sudah semestinya melakukan berbagai upaya pencegahan.

Adapun salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari masalah kesehatan tersebut ialah makan kecipir. Dengan konsumsi kecipir, maka Anda bisa kenyang dalam jangka waktu lama.

Tak mengherankan karena di dalam kecipir memang ada kandungan serat. Kandungan tersebut bisa bertahan lebih lama di lambung. Anda pun tak akan mudah lapar sehingga bisa efektif untuk menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang tengah menjalani program diet sehat juga tak perlu ragu membuktikan manfaat kacang kecipir ini. Selain serat, kecipir juga rendah kalori.

Makan kecipir tak akan membuat tubuh Anda jadi sarang lemak jahat. Anda tentu jadi lebih mudah untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sesuai keinginan.

5. Meredakan Peradangan

Kacang kecipir juga memiliki manfaat sebagai pereda peradangan. Pasalnya, kacang kecipir memiliki kandungan mineral mangan. Kandungan ini bisa meredakan peradangan hingga nyeri.

Mineral tersebut bisa menaikkan jumlah enzim superoxide dismutase yang ada di tubuh. Maka dari itu, jika Anda mengalami keseleo, segera gunakan kacang kecipir untuk mengatasinya. Hasilnya akan sangat menguntungkan Anda.

Cara Mengonsumsi Kecipir

Anda perlu mencermati cara mengonsumsi kacang kecipir agar memperoleh berbagai manfaat di atas. Dalam hal ini, kacang kecipir bisa Anda konsumsi dengan cara menjadikannya sebagai lalapan dan salad.

Apabila Anda kurang suka dengan menu tersebut, maka bisa mengolahnya jadi tumisan. Hal yang pasti, Anda harus pastikan dulu kebersihannya. Gunakan kecipir yang masih segar dan higienis.

Setelah menyimak review di atas, Anda kini tak perlu bertanya-tanya lagi tentang apa saja manfaat kacang kecipir. Karena baik bagi kesehatan, Anda jangan ragu untuk mengonsumsinya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas