Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Mempercepat Kinerja Laptop dengan Mudah dan Efektif, Dijamin Ampuh!

214
×

5 Cara Mempercepat Kinerja Laptop dengan Mudah dan Efektif, Dijamin Ampuh!

Sebarkan artikel ini
kinerja laptop

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Dengan Mudah dan Efektif – Dengan cara mempercepat kinerja ini tentunya laptop bisa kembali kencang seperti semula. Berikut akan kita bahas bagaimana cara untuk mempercepat laptop yang bisa Anda terapkan.

Laptop sendiri merupakan salah satu perangkat elektronik yang memiliki fungsi penting. Kita biasa menggunakannya untuk melakukan berbagai pekerjaan maupun belajar secara online. Selain itu, tak jarang orang-orang juga menggunakan laptop untuk memainkan game online.

Baca juga: Mudah, Ini 4 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi Dijamin Berhasil

Laptop juga sering kita gunakan, bahkan hampir setiap hari kita menggunakannya. Karena itu tak heran jika lama-kelamaan rasanya kinerja laptop menjadi menurun. Laptop menjadi lebih lemot dan tidak bisa kita gunakan ngebut seperti sedia kala.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dengan Menginstal Antivirus

Seperti yang telah disebutkan di atas, virus atau malware juga bisa menyebabkan laptop lemot. Karena itu Anda bisa menginstal aplikasi antivirus yang sudah terpercaya dan aman. Dengan begitu maka laptop bisa terbebas dari virus dan kinerjanya bisa kembali kencang.

Kurangi Efek Visual

Mungkin Anda sering menggunakan efek visual untuk mempercantik tampilan desktop. Namun hal tersebut justru bisa menyebabkan kinerja laptop melambat karena efek visual yang terlalu besar. Karena itu Anda bisa mengurangi efek visual pada desktop tersebut.

Hapus Data Tidak Penting

Selain menghapus aplikasi, Anda juga bisa menghapus berbagai data yang tidak penting. Misalnya seperti file tertentu, foto maupun video yang memiliki ukuran cukup besar. Dengan menghapusnya maka penyimpanan laptop akan lebih lega dan kinerjanya bisa kembali.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Sampah

Berikutnya Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih file sampah untuk laptop. Sesuai namanya, aplikasi ini akan membantu membersihkan file sampah yang menumpuk. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk menghapusnya sendiri.

Hapus Aplikasi Tidak Penting

Menghapus berbagai aplikasi yang tidak penting juga termasuk dalam cara mempercepat kinerja laptop. Sebab terlalu banyak menginstal aplikasi akan membuat penyimpanan laptop menjadi penuh. Hapuslah aplikasi yang tidak Anda butuhkan dan tidak pernah Anda gunakan.

Reset Laptop

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mereset laptop yang lemot. Namun dengan cara ini maka bisa saja file dan aplikasi dalam laptop akan terhapus permanen. Akan tetapi pastinya kinerja laptop bisa kembali kencang sama seperti semula.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop untuk Anda Terapkan

Laptop yang kinerjanya sudah mulai lemot tentunya sangat menyebalkan dan mengganggu. Sebab, kita tidak bisa menggunakannya dengan cepat saat memang sedang membutuhkannya. Kemudian segala aktivitas yang menggunakan laptop juga akan menjadi terganggu dan tidak maksimal.

Sebenarnya masalah laptop lemot ini bisa terjadi karena beberapa penyebabnya. Misalnya yaitu karena menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, apalagi aplikasi yang berat. Kemudian bisa juga karena penyimpanan pada laptop sudah terlalu penuh oleh berbagai file.

Selain itu, laptop lemot juga bisa terjadi karena adanya virus maupun malware yang masuk. Penyebab kinerja laptop melambat mungkin juga bisa terjadi karena adanya berbagai masalah lain. Jika sudah lemot maka tentunya Anda harus membuat kinerja laptop agar kembali kencang.

Cara mempercepat kinerja laptop sebenarnya juga sangat beragam. Berikut adalah beberapa contohnya:

Hapus File Sampah atau File Sementara

Dalam laptop terdapat file sementara atau sampah yang tersimpan di Recycle Bin. File yang sudah terlalu banyak dan menumpuk akan membuat kinerja laptop menjadi lemot. Karena itu untuk mempercepatnya maka Anda bisa menghapus file sampah tersebut.

Minimalkan Aplikasi yang Berjalan di Program Startup

Banyaknya aplikasi yang berjalan pada program startup juga akan membuat laptop lemot. Karena itu Anda bisa menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan di program startup. Pilihlah aplikasi yang tidak terlalu penting untuk Anda nonaktifkan.

Perbesar Kapasitas Penyimpanan

Cara pertama yaitu dengan memperbesar kapasitas penyimpanan dari laptop Anda. Anda bisa menambah kapasitas RAM ataupun menambah hardisk yang kapasitasnya hampir penuh. Anda juga bisa menggunakan SSD agar performa dari laptop menjadi jauh lebih baik.

Itulah beberapa cara mempercepat kinerja laptop yang bisa Anda terapkan. Cara di atas pastinya efektif untuk membuat laptop kembali kencang. Anda bisa melakukannya kapan pun saat laptop mulai terasa lemot.