Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Ampuh Mengatasi Backlight Laptop Mati dan Apa Penyebabnya

2563
×

5 Cara Ampuh Mengatasi Backlight Laptop Mati dan Apa Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
backlight laptop

Cara Ampuh Mengatasi Backlight Laptop Mati – Penyebab backlight laptop mati sebenarnya cukup beragam. Berikut kita bahas penyebab dan cara mengatasi backlight pada laptop yang mati. Backlight sendiri merupakan sistem pencahayaan yang sangat penting untuk laptop, fungsinya untuk menyalakan layar sehingga menjadi lebih terang.

Dengan backlight ini maka kita bisa leluasa dalam melihat display pada layar laptop. Sehingga kita bisa menggunakan laptop untuk berbagai keperluan yang harus kita lakukan. Namun terkadang mungkin muncul masalah backlight tidak berfungsi atau mati.

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Layar Laptop Bergerak Naik Turun Sendiri Mudah Dilakukan

Hal tersebut bisa memuat tampilan display layar menjadi tidak terlihat karena gelap. Sehingga layar laptop masalah terlihat mati padahal sebenarnya laptop masih hidup. Nah, berikut akan kita bahas mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Backlight Laptop Mati yang Bisa Terjadi

Layar laptop yang menjadi gelap sebenarnya bisa terjadi karena berbagai penyebab. Salah satunya yaitu karena masalah lampu backlight layar yang mati ini.

Namun Anda harus melakukan pengecekan apakah gelapnya layar benar karena backlight mati atau bukan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek penyebab tersebut. Pertama Anda bisa menyalakan laptop dan tunggu hingga sekiranya laptop menyala sempurna. Kemudian lihatlah layar LED dari dekat dan lihat apakah display laptop muncul atau tidak.

Anda bisa melihatnya dengan membawa laptop ke tempat terang atau menggunakan senter. Jika display laptop memang muncul maka artinya backlight laptop memang mati. Selain itu Anda juga bisa mengeceknya menggunakan layar monitor eksternal.

Jika monitor eksternal menyala, maka penyebab masalah tersebut karena backlight laptop mati. Jika hasilnya sebaliknya maka tandanya terdapat kerusakan pada komponen laptop lainnya. Sehingga Anda harus mencari penyebab tersebut agar bisa menyelesaikannya dengan segera.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Laptop Mendadak Black Screen Saat Dinyalakan

Backlight layar laptop yang mati atau gelap juga bisa terjadi karena berbagai hal. Namun mungkin tidak banyak orang yang memahami apa penyebab sebenarnya masalah tersebut. Karena itu, berikut ini kita bahas mengenai penyebab backlight yang mati:

Fitur Backlight Mati

Penyebab pertama yang mungkin terjadi yaitu karena fitur backlight yang mati. Beberapa laptop memang memiliki fitur untuk mematikan backlight secara manual.

Untuk mengatasi fitur backlight yang mati ini maka Anda harus menghidupkan kembali fitur ini.

Driver Bermasalah

Penyebab backlight laptop mati selanjutnya yaitu karena driver bermasalah. Untuk mengetahuinya maka Anda harus mengecek driver pada laptop yang bermasalah tersebut. Kemudian Anda bisa memastikannya apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.

Cara mengeceknya cukup mudah, yaitu Anda bisa membuka “Device Manager” di Windows. Kemudian cek apakah driver memiliki masalah yang terkait dengan backlight laptop.

Jika ternyata memang ada maka Anda bisa memperbarui atau menginstal ulang driver tersebut.

Konektor Rusak

Konektor yang menghubungkan ke sistem laptop juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Bisa saja konektor tersebut mengalami kerusakan tertentu yang tidak Anda sadari. Sehingga akibatnya backlight menjadi mati dan layar laptop hanya terlihat gelap.

Untuk mengatasinya tentu Anda harus memeriksa kondisi konektor secara hati-hati. Cek apakah memang ada suatu masalah atau kerusakan pada konektor atau tidak. Jika ternyata konektor memang mengalami kerusakan maka Anda harus menggantinya.

Penyebab Backlight Laptop Mati karena Komponen Kontrol Backlight Rusak

Penyebab selanjutnya yaitu karena komponen kontrol backlight yang mengalami kerusakan. Anda bisa mencoba mengeceknya dan memastikan apakah komponen tersebut memang rusak. Jika komponen kontrol memang rusak maka Anda harus menggantinya.

Baca Juga:  Inilah 3 Dampak Baterai Laptop Overcharger Harus Kalian Ketahui serta Tips Merawatnya

Saklar Kotor

Saklar backlight biasanya terletak di dekat layar LCD dan bentuknya seperti tombol kecil. Tombol kecil tersebutlah yang akan memicu mode hibernate ketika Anda menutup layar. Nah, jika saklar kotor maka bisa menyebabkan terputusnya aliran listrik dari papan inverter.

Padahal aliran listrik dari papan inverter tersebut penting untuk menghidupkan backlight. Sehingga ketika tidak ada aliran yang masuk maka backlight tidak akan bisa menyala. Untuk mengatasinya Anda bisa membersihkan saklar atau bahkan mengganti backlight.

Itulah beberapa penyebab backlight laptop mati yang biasanya terjadi. Dengan pembahasan ini maka Anda bisa mencoba mengatasinya sendiri saat mengalaminya. Namun jika tidak bisa maka bawalah laptop ke tempat service langganan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas