Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

3 Manfaat Daun Stevia, Pemanis Alami yang Rendah Kalori dan Aman Dikonsumsi

277
×

3 Manfaat Daun Stevia, Pemanis Alami yang Rendah Kalori dan Aman Dikonsumsi

Sebarkan artikel ini
manfaat daun stevia

Manfaat Daun Stevia Pemanis Alami yang Rendah Kalori – Stevia merupakan pemanis dan pengganti gula yang diekstrak dari daun tanaman Stevia rebaudiana. Stevia terasa manis berkat kandungan steviol glycosides yang ada di dalamnya. Senyawa tersebut membuat stevia terasa 250 – 300 kali lebih manis dari sukrosa atau gula biasa.

Ekstraksi daun dengan nama latin Stevia rebaudiana ini memiliki manfaat dalam menyembuhkan penderita diabetes. Selain itu, masih ada banyak khasiat lain dari pemanfaatan tanaman herbal ini.

Baca juga: 9 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Bisa Menambah Stamina Tubuh

Manfaat Daun Stevia sebagai Pengganti Gula

Apabila Anda bandingkan dengan gula pasir, maka rasa manis dari ekstrak daun stevia bisa 300 kali lipat lebih baik. Hal inilah yang membuat banyak orang mencari daun stevia sebagai pengganti gula.

Semakin banyak diburu karena daun stevia hampir tak memiliki kalori. Siapa saja yang mengonsumsinya akan merasakan banyak keuntungan, tak terkecuali bagi kesehatan. Lantas sebenarnya apa saja manfaat daun stevia ini?

1. Anti Kanker

Kanker jadi salah satu jenis penyakit mematikan yang ingin dihindari siapa saja, termasuk Anda pastinya. Agar tak terbelenggu penyakit berbahaya tersebut, Anda bisa gunakan daun stevia.

Daun stevia memiliki kandungan anti kanker yang alami. Senyawa tersebut bisa membentengi sel-sel tubuh sehingga tak mengalami kerusakan. Tubuh pun akan selalu prima dan fit untuk melakukan berbagai rutinitas seperti biasanya.

2. Membantu Mengendalikan Diabetes

Manfaat lainnya dari penggunaan daun stevia yakni membantu mengendalikan diabetes. Hal ini karena daun stevia bisa mengendalikan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh.

Daun stevia memang memiliki rasa manis. Akan tetapi, saat tubuh mencernanya, kandungan glukosa di dalamnya tak akan masuk ke aliran darah. Kandungan tersebut terserap langsung di bakteri yang ada pada usus besar.

Kemampuan yang ada dalam stevia tersebut tak lain berkat kandungan glikosida non-karbohidrat atau stevioside. Setelah mengetahui manfaat ini, bagi Anda yang menderita penyakit gula darah, jangan ragu untuk menggunakan daun stevia.

3. Penangkal Efek Radikal Bebas

Daun stevia ternyata juga ampuh dalam menangkal efek radikal bebas. Sebagaimana yang kita tahu bahwa paparan radikal bebas bisa memberikan efek negatif di tubuh.

Tubuh yang terkena radikal bebas akan mengalami penurunan imunitas. Selain segi kesehatan, efeknya juga berpengaruh terhadap kecantikan. Radikal bebas bisa menyebabkan penuaan dini hingga berbagai masalah kecantikan lainnya.

Namun tak perlu khawatir apabila Anda memanfaatkan daun stevia. Pasalnya, di dalam daun stevia ada senyawa alami yang bisa menangkal efek buruk dari radikal bebas tersebut.

Cara Mengolah Daun Stevia

Melihat ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun stevia, maka tak perlu ragu untuk menggunakannya. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengolah daun stevia sebagai pemanis alami.

Adapun caranya ialah mengeringkan stevia terlebih dahulu. Proses pengeringan bisa Anda lakukan dengan cara menjemur maupun memanfaatkan oven.

Ketika daun stevia sudah benar-benar kering, Anda bisa menghaluskannya dengan blender sampai menjadi bubuk. Bubuk daun stevia tersebut bisa Anda simpan di tempat yang kering.

Kapanpun Anda membutuhkan gula alami, maka bisa gunakan stevia bubuk tersebut. Supaya awet, pastikan Anda memperhatikan proses penyimpanannya. Baik itu tempat penyimpanan maupun kemasannya.

Risiko Konsumsi Stevia Setiap Hari

Daun stevia memang jadi pengganti gula ideal karena kaya manfaat. Namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan dan setiap hari. Hal tersebut bisa memicu efek samping dan risiko bagi kesehatan.

Pada dasarnya, ekstrak daun stevia yang murni masih terbilang aman dikonsumsi. Namun Anda jangan mengonsumsi daun stevia yang masih utuh atau mentah pada minuman maupun makanan.

Hal tersebut bisa menyebabkan efek buruk pada ginjal. Kesehatan ginjal akan terganggu, begitupun dengan jantung dan pembuluh darah. Maka dari itu, perhatikan cara pengolahannya dengan baik.

Harga Daun Stevia Per Kg

Bagi Anda yang tertarik untuk membuktikan manfaat daun stevia, maka tak perlu ragu membelinya. Pada umumnya, harga daun stevia berkisar Rp 100 ribuan per kg.

Harga daun stevia bisa berbeda-beda di setiap wilayah. Harganya juga bisa mengalami kenaikan ataupun penurunan seiring berjalannya waktu.

Setelah menyimak review di atas, Anda bisa tahu beragam manfaat daun stevia bagi kesehatan. Manfaatnya sangatlah beragam sehingga menguntungkan siapa saja yang mengonsumsinya sebagai pengganti gula ideal. Hanya saja, jangan menggunakannya secara berlebihan dan cara yang salah karena memang bisa menghilangkan manfaatnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas