Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Fungsi Disappearing Message WhatsApp Android, Pesan Hilang Otomatis

2246
×

3 Fungsi Disappearing Message WhatsApp Android, Pesan Hilang Otomatis

Sebarkan artikel ini
Disappearing Message WhatsApp

Fungsi Disappearing Message WhatsApp Android – Disappearing Message WhatsApp Android merupakan fitur yang penting. Anda bisa menggunakan Disappearing Message pada WhatsApp Android. Aplikasi WhatsApp memang terus menghadirkan berbagai fitur baru yang berguna dan menarik untuk penggunanya.

Salah satu fiturnya yang sangat bermanfaat yaitu Disappearing Message atau Pesan Sementara. Fitur WhatsApp satu ini berfungsi untuk menghilangkan pesan secara otomatis. Pengguna bisa memilih waktu pesan yang akan hilang setelah 24 jam, 7 hari atau 90 hari setelah terkirim.

Namun pesan yang ada sebelum mengaktifkan fitur ini tidak akan terpengaruh maupun hilang. Kita bisa mengaktifkan fitur ini untuk semua chat maupun hanya untuk beberapa chat saja. Semua pengguna WhatsApp baik Android maupun iPhone juga bisa menggunakan fitur satu ini.

Baca juga: 4 Meta Rilis Chatbot AI untuk Instagram, Facebook dan WhatsApp Jadi Pesaing ChatGPT

Disappearing Message WhatsApp Android, Berikut Berbagai Fungsi dan Manfaatnya

Fitur Pesan Sementara pada aplikasi WhatsApp tentunya memiliki banyak manfaat untuk kita. Karena itu banyak sekali orang yang menggunakan fitur ini pada aplikasi WhatsApp mereka. Lalu apa saja fungsi dan manfaat dari fitur Pesan Sementara? Berikut manfaatnya:

1. Menghapus Pesan Secara Otomatis

Manfaat pertama dari fitur Pesan Sementara yaitu bisa menghapus pesan secara otomatis. Nantinya semua pesan akan terhapus sesuai dengan jangka waktu yang telah Anda pilih. Hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat untuk semua pengguna WhatsApp.

Sebab kita tidak perlu repot untuk menghapus pesan secara berkala dengan metode manual. Menghapus pesan secara manual tentunya sangat merepotkan dan melelahkan. Apalagi jika pesan yang harus kita hapus cukup banyak dan berasal dari beberapa kontak atau grup.

2. Disappearing Message WhatsApp Android bisa Mencegah Storage Penuh karena Chat

WhatsApp memang menjadi aplikasi yang bisa memakan banyak tempat penyimpanan ponsel. Sebab WhatsApp menyimpan seluruh pesan menjadi data yang tersimpan dalam storage ponsel. Sehingga semakin banyak pesan maka penyimpanan yang terpakai juga akan semakin banyak.

Apalagi jika ada file foto, video hingga audio yang cukup banyak dan berukuran besar. Namun dengan mengaktifkan fitur Pesan Sementara Anda tidak perlu khawatir penyimpanan penuh karena WhatsApp. Sebab fitur ini akan menghapus semua pesan WhatsApp secara berkala.

3. Menjaga Privasi

Pengguna, termasuk Anda pastinya sering menggunakan WhatsApp untuk membicarakan berbagai hal. Mulai dari urusan pekerjaan penting hingga berbagai rahasia yang harus Anda sembunyikan. Obrolan penting tersebut tentunya tidak boleh sampai ketahuan oleh orang lain.

Karena itu pengirim maupun penerima chat harus menghapus pesan penting tersebut. Nah, fitur Disappearing Message WhatsApp Android bisa menjaga obrolan agar tidak terbaca orang lain. Sebab fitur ini bisa menghilangkan obrolan chat bahkan setelah 24 jam chat tersebut terkirim.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya

Setelah memahami apa saja fungsi dan manfaat Pesan Sementara, lalu bagaimana cara mengaktifkannya? Cara mengaktifkannya cukup mudah dan bisa Anda gunakan secara gratis pada ponsel. Artinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk mengaktifkan fitur ini.

Cara Mengaktifkan

Berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkan fitur Pesan Sementara yang bisa Anda terapkan

  • Pertama, bukalah aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda.
  • Berikutnya bukalah salah satu chat yang pesannya ingin Anda hapus secara otomatis.
  • Cara mengaktifkan Disappearing Message WhatsApp Android selanjutnya klik nama kontak dan klik pada menu “Pesan Sementara”.
  • Kemudian Anda akan melihat pilihan 24 jam, 7 hari, 90 hari dan mati. Pilihlah jangka waktu atau durasi penghapusan pesan yang Anda inginkan.
  • Selesai, fitur Pesan Sementara sudah aktif.

Cara Menonaktifkannya

Jika Anda tidak ingin pesan menghilang, maka Anda bisa menonaktifkan fitur Pesan Sementara ini. Caranya cukup mudah dan mirip dengan cara untuk mengaktifkannya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Bukalah aplikasi WhatsApp dan buka chat yang fitur Pesan Sementaranya Anda aktifkan.
  • Berikutnya klik nama kontak dan buka menu “Pesan Sementara”.
  • Anda akan melihat pilihan durasi chat 24 jam, 7 hari 90 hari dan mati. Pilihlah opsi terakhir yaitu mati.
  • Selesai, fitur Pesan Sementara pada chat tersebut sudah tidak aktif dan pesan tidak akan terhapus.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi hingga cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Pesan Sementara. Fitur Disappearing Message WhatsApp Android ini pastinya sangat berguna. Anda pun bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk keuntungan sendiri.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas