Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Tidak Berfungsi, dengan Cara Ini Dijamin Berhasil!

748
×

3 Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Tidak Berfungsi, dengan Cara Ini Dijamin Berhasil!

Sebarkan artikel ini
mengatasi layar

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Tidak Berfungsi – Ponsel pintar kini dioperasikan dengan menyentuh layarnya. Semua perintah akan dijalankan jika kamu menekan tombol operasi yang ada di layar HP. Namun, bagaimana bila layar HP rusak, seperti tidak bisa disentuh?

Jika ini terjadi, maka kamu gak bisa membuka aplikasi sama sekali. Seperti efek domino nih, kamu akhirnya juga gak bisa berkomunikasi dengan orang lain lewat WhatsApp ataupun media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Twitter.

Baca juga: 6 Cara Mengembalikan Layar Laptop Terbalik Menjadi Seperti Semula dengan Mudah dan Cepat

Lantaran HP merupakan kebutuhan penting saat ini, maka segera atasi bila touch screen HP rusak. Ketahui penyebab dan cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh berikut ini.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Screen atau layar merupakan salah satu komponen penting dari sebuah smartphone. Fungsi dari komponen ini adalah memvisualisasikan sistem dan informasi yang kemudian disajikan ke pengguna. Layar smartphone memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan aplikasi, sistem operasi, fitur, dan semua fungsi dari sebuah handphone.

Jika terjadi masalah pada layar smartphone, kamu bisa segera mencari tahu penyebab layar hp tidak bisa disentuh sebagian. Layar yang tidak bisa berfungsi dengan baik akan menghambat penggunaan hp itu sendiri.

1. HP Terkena Air

Coba ingat ingat kembali apakah smartphone kamu terkena air? Layar hp tidak bisa disentuh karena terkena air sangat mungkin terjadi. Tidak jarang pengguna hp mengalami hal semacam ini entah karena kecerobohan diri sendiri atau karena kesalahan orang lain.

Perangkat semacam smartphone yang tidak tahan air akan terkena masalah ringan saat terkena air hujan atau tercebur. Alhasil, layar tidak merespon sentuhan. Bukan tidak mungkin juga bisa menyebabkan masalah besar seperti hp yang tidak mau menyala sama sekali.

2. Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh Bisa Jadi Karena Terjatuh

Kamu sering menjatuhkan hp tanpa sengaja? Saat terjatuh, bisa saja hp terkena benturan yang keras meskipun kamu sudah menggunakan casing tambahan. Ini juga menjadi penyebab lain mengapa layar hp Xiaomi tidak bisa disentuh.

Setelah handphone terjatuh, segera cek kondisi fisik perangkat tersebut! Jika tidak ada kerusakan sama sekali, layar akan bisa kembali berfungsi dan akan bisa merespon sentuhan dari jari dengan baik.

3. RAM HP Penuh

Agar smartphone mampu bekerja dengan optimal, perhatikan dua komponen penting yaitu RAM dan ROM. Dengan keterbatasan kapasitas pada RAM, maka pastikan kamu hanya menggunakan aplikasi yang memang dibutuhkan saja.

Aplikasi terpasang pada smartphone tentu memakan ruang penyimpanan. Lambat laun, kapasitas RAM akan semakin penuh. Hal ini berdampak pada layar dan salah satunya adalah hang. Pada akhirnya, smartphone sama sekali tidak bisa merespon sentuhan. Ini tentu sangat mengganggu sehingga membuat para penggunanya merasa tidak nyaman.

4. HP Tertekan Benda Berat

Salah satu alasan kenapa kamu tidak boleh sembarangan menyimpan handphone adalah menghindari hp terkena benda berat. Kadang, kita menyimpan sesuatu di atas handphone tanpa disadari.

Selain menyulitkan dalam mencari hp saat dibutuhkan, ini juga bisa berakibat pada layar. Bisa saja hp tidak bisa disentuh atau bahkan layar menjadi rusak. Mulai sekarang, coba perhatikan apakah tempat untuk menyimpan hp memang aman dari tumpukan benda berat.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Saat memperbaiki layar handphone, kamu tidak bisa sembarangan. Tapi, karena kamu sudah tahu penyebabnya maka sekarang bisa mencoba beberapa cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh.

1. Bersihkan Layar HP

Kotoran yang menempel dan kemudian menumpuk bisa menyebabkan beberapa masalah pada layar handphone. Meski terdengar sepele tapi ini benar adanya. Saat touchscreen kurang responsif dan kamu sadar kapan terakhir kali membersihkan layar hp, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk membersihkan komponen hp yang satu ini.

Caranya sangat sederhana yaitu bersihkan dan pastikan tidak ada lagi kotor yang menempel di atas layar. Gunakan kain yang berserat lembut atau tisu dengan sedikit air. Usapkan kain basah tersebut perlahan lahan di semua permukaan layar ponsel.

2. Coba Tekan-tekan Layar HP Secara Perlahan

Meski terdengar sederhana, tapi banyak yang membuktikan bahwa cara mengatasi layar hp iphone tidak bisa disentuh terbilang efektif. Tujuannya adalah untuk mengencangkan bagian layar hp yang longgar.

Untuk melakukan cara satu ini, kamu tidak membutuhkan alat apapun. Hanya perlu menekan layar dan casing tapi lakukan dengan hati-hati. Untuk bagian layar yang tidak berfungsi, kamu bisa menggunakan ibu jari. Gunakan jari telunjuk untuk menekan casing bagian belakang.

3. Matikan Daya HP Sementara

Sudah memaksa berhenti beberapa aplikasi tapi layar masih tidak responsif? Jangan panik! Ini bukan pertanda kamu harus segera pergi ke pusat service hp.

Coba terlebih dahulu cara sederhana satu ini, yaitu mematikan smartphone. Tujuannya adalah untuk mendinginkan ponsel yang mengalami panas berlebih. Yang harus kamu tahu adalah beberapa layar smartphone tidak bisa berfungsi secara optimal dalam suhu yang terlalu tinggi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas