5 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard yang Benar dan Tepat, Serta Tips Agar Laptop Tidak Rusak

mematikan keyboard laptop

Cara mematikan laptop dengan keyboard – Cara mematikan laptop beserta alternatif-alternatifnya merupakan pengetahuan dasar dalam mengoperasikan laptop. Trik ini membantu pengguna untuk membuat laptop mu agar hemat baterai dan tidak cepat panas.

Padahal, mematikan laptop bukanlah hal yang rumit. Kamu hanya perlu menggeser kursor ke menu `start’. Nantinya akan muncul beberapa pilihan, yakni sleep, shut down, dan restart. Untuk mematikan laptop ketuk menu ‘shut down’.

Baca juga: Inilah 5 Tips Mengatasi Google Maps Tidak Akurat di Android 2023

Tapi kamu tau nggak sih? Mematikan laptop dengan cara menekan tombol Power dapat mengakibatkan kerusakan pada laptop tersebut. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Intrik.id akan berbagi cara untuk mematikan laptop tanpa harus menekan tombol Power. Jadi kamu bisa menghemat penggunaan tombol Power.

Cara Mematikan Laptop Tanpa Menekan Tombol Power

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mematikan laptop tanpa menggunakan tombol Power, yaitu menggunakan mouse atau touchpad, keyboard, dan CMD. Nah, biar gak penasaran yuk intip artikel di bawah ini.

1. Mematikan Labtop dengan Menggunakan Alt + F4

Jika kamu tidak ingin mematikan laptop menggunakan touchpad atau mouse dan dapat menekan Alt + F4. Menekan tombol ini akan secara otomatis menutup jendela aplikasi hingga tidak ada lagi jendela yang terbuka.

Setelah itu, kombinasi tombol ini akan langsung digunakan untuk mematikan laptop dengan cepat. Caranya mematikan laptop dengan keyboard:

  • Tekan tombol ALT, kemudian tekan tombol F4 bersamaan
  • Pilih Shut Down menggunakan tombol panah di keyboard, lalu tekan Enter
  • Laptop akan mati dengan sendiri

Untuk memastikan cara ini bekerja, Anda harus memastikan bahwa semua aplikasi di laptop sudah tertutup.

2. Windows dan Shut Down

Cara ini sering digunakan ketika seseorang kesulitan mematikan laptop atau komputernya. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menekan tombol Windows di keyboard lalu pilih logo penutup dengan ikon panah di keyboard mu, bukan mouse atau touchpad. Terakhir, klik Masuk.

3. Mematikan laptop menggunakan CTRL + Alt + Del

Cara mematikan laptop selanjutnya adalah kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del. Kombinasi untuk mematikan laptop ini sangat populer dan bisa dilakukan meski dengan jendela terbuka.

Kamu dapat menekan kombinasi tombol ini untuk mengakses pengaturan Shut down, Restart, dan Sleep dengan cepat. Setelah itu, kamu bisa langsung mematikan laptop dengan memilih Shutdown.

Cara shortcut ini juga bisa dilakukan pada semua jenis sistem operasi. Berikut adalah caranya:

  • Tekan tombol CTRLALT, dan DEL bersamaan
  • Gunakan tombol tanpa panah di keyboard untuk memilih opsi Shut Down, lalu tekan Enter
  • Laptop akan mati secara otomatis

4. Mematikan laptop menggunakan Command Prompt

Jika ingin tampil tech savvy, cara mematikan laptop berikut mungkin bisa menjadi pilihan. Mematikan laptop dari command prompt dapat dilakukan dengan menggunakan sintaks panel CMD tertentu.

Kita hanya membutuhkan beberapa perintah berupa syntax untuk mematikan laptop secara otomatis dengan menggunakan pemrograman Windows. Cara ini bisa dilakukan dengan mengetikkan “shutdown -s” di CMD lalu tekan “Enter” pada keyboard kemudian klik “Shutdown”. Setelah itu, laptop akan mati secara otomatis.

5. Kombinasi Tombol ‘Win’ + ‘U’ + ‘U’

Berbeda dengan metode yang telah dibahas sebelumnya, metode ini hanya bisa digunakan pada Windows versi Windows XP. Trik ini dilakukan dengan menekan tombol Windows pada keyboard kemudian menekan huruf U dua kali. Ini mematikan laptop.

Mematikan laptop dengan keyboard dengan menekan tombol WIN + X juga sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Tekan tombol Windows + X secara bersamaan
  • Di layar Anda akan muncul beberapa pilihan, lalu gunakan tombol panah untuk memilih opsi Shut Down,
  • klik Enter

Tips Mematikan Laptop dengan Benar

Dalam keadaan normal, kamu perlu memerhatikan cara mematikan laptop dengan benar. Hal ini dilakukan agar perangkat tersebut tidak cepat rusak dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, ada baiknya jika kamu mengikuti tips-tips di bawah ini.

  1. Sebelum mematikan laptop, pastikan bahwa aplikasi yang digunakan dalam keadaan tertutup.
  2. Jangan lupa untuk mencabut flaskdisk, USB, atau CD dari laptop sebelum dimatikan.
  3. Saat dalam keadaan hang, jangan gunakan tombol Power untuk mematikannya karena bisa merusak komponen di dalam laptop
  4. Pastikan perangkat benar-benar mati sebelum melepas kabel power-nya.

Nah, itulah tadi beberapa cara mematikan laptop dengan cepat dan aman tanpa ada cara manual yaitu menekan logo Windows (Start) kemudian klik perintah Shutdown satu per satu. Cara-cara di atas bisa kamu gunakan untuk menutup laptop lebih rapat.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas