Inilah 7 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Wajib Kalian Ketahui!

Daun kemangi

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi – Siapa yang suka makan daun kemangi dengan menggunakan sambal? Tanaman ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Kemangi yang memiliki nama latin Ocimum Basilicum memiliki kandungan sejumlah nutrisi yang membuatnya bermanfaat bagi kesehatan.

Di Indonesia, Manfaat Daun kemangi untuk kesehatan sering digunakan sebagai lalapan atau sebagai lauk pauk. Di balik rasanya yang segar, ternyata daun kemangi ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengurangi stres hingga mencegah kanker.

Baca juga: Mengenal 7 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh

Daun kemangi adalah tanaman aromatik asli Asia dan Afrika. Selain digunakan sebagai bahan tambahan makanan, daunnya yang rasanya agak pahit ini sering digunakan sebagai teh atau suplemen kesehatan. Hal ini karena daun kemangi dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Daun yang jumlahnya lebih dari 60 varietas ini diketahui dapat mempercepat penyembuhan luka, sakit perut, sakit kepala, diare, demam, gigitan serangga, batuk, pilek, mengurangi rasa sakit dan sebagai antibakteri.

Berbagai Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Karena kaya nutrisi, Manfaat Daun kemangi untuk kesehatan memiliki beberapa manfaat kesehatan, antara lain:

  1. Mengatasi Jerawat

Minyak daun kemangi dipercaya dapat menyembuhkan jerawat. Hal ini karena daun kemangi memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Studi juga menunjukkan bahwa daun ini juga dapat melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan luka, sehingga dapat menghilangkan bekas jerawat.

  1. Mendukung kesehatan pencernaan

Penelitian menunjukkan bahwa Manfaat Daun kemangi untuk kesehatan dapat mencegah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh sakit maag. Selain itu daun kemangi juga dapat menurunkan jumlah asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

Daun kemangi juga diketahui dapat mencegah gangguan pencernaan lainnya seperti diare, disentri dan mual.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka dan Mencegah Infeksi

Daun kemangi diketahui memiliki sifat antivirus, anti jamur, dan pereda nyeri yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi luka.

Penelitian menunjukkan bahwa daun yang satu ini dapat melawan infeksi dan penyembuhan luka pada bisul dan keloid. Bahkan, daun kemangi dipercaya bisa mempercepat penyembuhan dan melindungi luka pasca operasi.

  1. Dapat menurunkan stres dan kecemasan

Manfaat Daun kemangi untuk kesehatan diketahui berperan sebagai adaptogen, yaitu zat alami yang membantu tubuh beradaptasi dengan hormon stres. Zat alami ini juga menenangkan dan merilekskan tubuh dan pikiran, mengatasi gangguan kecemasan,  gangguan tidur dan meningkatkan daya ingat.

  1. Mencegah kanker

Penelitian menunjukkan bahwa Manfaat Daun kemangi untuk kesehatan memiliki sifat anti kanker selain antioksidan. Sifat anti kanker daun kemangi diketahui dapat melawan sel kanker dalam tubuh, termasuk kanker paru-paru, kanker hati, kanker mulut dan kanker kulit.

Daun kemangi juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol gula darah dan memulihkan penyakit stroke. Namun, beberapa dari manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keefektifannya.

Meskipun daun kemangi memiliki banyak manfaat  kesehatan, namun sebaiknya dihindari jika Anda berencana untuk program kehamilan atau mengalami gangguan pendarahan.

Anda juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi Manfaat Daun kemangi untuk kesehatan jika sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Jika Anda menginginkan saran tentang berapa banyak konsumsi daun kemangi yang harus dikonsumsi untuk kondisi Anda, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

  1. Mengatasi keputihan pada wanita

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan juga efektif mencegah jamur yang mengandung eugenol penyebab keputihan pada wanita. Anda bisa rutin mengonsumsi daun kemangi dengan makanan dan daun kemangi segar sebagai lalapan untuk mendapatkan manfaat tersebut.

  1. Pengobatan Batu Ginjal

Kandungan mineral dan bahan aktif dalam minyak atsiri daun kemangi juga berkhasiat untuk pengobatan batu ginjal. Anda bisa menggunakan daun kemangi segar sebagai lalap atau membuat jus untuk mendapatkan manfaat tersebut.

  1. Mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun kemangi  mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi tubuh. Salah satunya adalah kandungan vitamin A yang penting untuk menjaga sistem imun di dalam tubuh. Selain itu, daun ini juga mengandung vitamin K yang penting dalam pembekuan darah.

Terakhir, Manfaat Daun kemangi untuk kesehatan juga mengandung potasium untuk mengatur tekanan darah, magnesium untuk mengatur fungsi otot, jantung dan sistem saraf, serta mangan untuk mengatur fungsi otak dan saraf.

  1. Memiliki Potensi Melawan Kanker

Tahukah Anda bahwa daun kemangi juga diduga memiliki potensi anti kanker karena kandungan fitokimianya? Manfaat Daun kemangi untuk kesehatan dipercaya dapat mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker kulit, mulut, hati, dan paru-paru.

Kandungan antioksidannya dianggap membantu melawan kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat dari daun kemangi tunggal ini.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas