Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Rekomendasi Tempat Wisata Singkawang yang Wajib untuk Dikunjungi

317
×

Rekomendasi Tempat Wisata Singkawang yang Wajib untuk Dikunjungi

Sebarkan artikel ini
singkawang

Wisata Singkawang Terbaik dan Terhitz – Liburan ke destinasi yang kaya akan pesona pastinya menyenangkan. Jika Anda adalah traveler dengan jam terbang tinggi, mungkin sebagian besar destinasi wisata Indonesia telah Anda sambangi. Tapi, koleksi liburan Anda tidak lengkap jika belum menjelajahi tempat wisata Singkawang, Kalimantan Barat.

Pesona wisata Singkawang begitu lengkap dan selalu siap menampung rasa takjub siapapun yang datang. Singkawang bisa dikatakan sebagai Pecinan-nya Indonesia. Sekitar 70% warganya keturunan Tionghoa, selebihnya ada Suku Melayu dan Dayak. Corak budaya di Singkawang pun demikian khas.

Baca juga: Panorama Keindahan Bukit Sikunir Dieng dengan Pesona Sunrise Tercantik di Asia

Liburan ke Singkawang lebih menarik saat tahun baru Imlek. Puncak acaranya diwarnai Pawai Tatung yang sarat mistis menegangkan. Uniknya, banyak orang Dayak yang turut meramaikan dengan menjadi Tatung. Kemeriahan Cap Go Meh dan Tatung adalahmagnet utama yang menyedot perhatian wisatawan.

Selain budaya, wisata Singkawang juga didukung eksotika alam perbukitan, laut dan estuaria. Setidaknya ada tiga pegunungan yang mengelilingi kota ini, yakni Pasi, Poteng dan Sakok. Bagi yang sudah mantab memilih Singkawang sebagai destinasi liburan, berikut rekomendasi tempat wisata di Singkawang.

Wisata Pasir Panjang Singkawang

Selain sebagai ikon wisata Kota Singkawang, pantai sepanjang 3 kilometer ini adalah salah satu objek wisata favorit di Kalimantan Barat. Karena itu, liburan di Kalbar menjadi wajib untuk sejenak atau justru berlama-lama di Pantai Pasir Panjang. Selain cantik pantainya, lengkap juga fasilitas yang tersedia.

Suasana pesisir pantainya sangatlah nyaman. Komposisi alam tersaji dengan sangat baik melalui hamparan pasir putihnya, sementara gelombang laut yang tenang senantiasa menyapa sambil memamerkan kejernihan airnya. Sunset memang indah dan yang terindah bisa dinikmati di Pantai Pasir Panjang.

Sebagian wisatawan memilihnya sebagai tempat bersantai, sebagian yang lain berolahraga dengan voli pantai dan sepakbola. Ada juga yang menyusuri pantai, memancing, berenang, hingga menyelam. Bagaimana dengan Anda? datanglah! segera tentukan kemudian nikmati aktivitas terbaik yang Anda suka.

Wisata Rindu Alam di Singkawang

Melihat apa yang tersaji, Rindu Alam tentu mampu membuat traveler merindu pada sajian alamnya. Jadilah satu di antara mereka yang merindukannya dengan terlebih dahulu tiba di puncaknya. Tempat ini mengajak tiap pengunjung untuk memanjakan mata menikmati lanskap alam Singkawang dengan leluasa.

Wisata Rindu Alam berada di pegunungan yang memanjang dari Singkawang Selatan hingga Tanjung Bajau. Suasananya sejuk karena tingginya mencapai 400 mdpl dengan dominasi rimbun pohon. Bukit ini menjadi semakin indah karena ditanami aneka bunga dengan beberapa gazebo sebagai tempat bersantai.

Di puncak Rindu Alam, pengunjung bisa secara sempurna melihat pemandangan Pantai Pasir Panjang, serta pantai di Tanjung Bajau. Nampak juga Pulau Simping, Pulau Randayan, serta Pulau Kabung. Sementara itu, dengan memutar badan ke arah kanan pantai, tersaji panorama Kota Singkawang yang menakjubkan.

Sinka Island Park Kota Singkawang

Sinka Island Park adalah tempat wisata di Singkawang yang akan menyibukkan suasana liburan siapa saja. Sebuah spot wisata modern yang mengkombinasikan indahnya pantai dengan aneka wahana hiburan modern. Oleh karena itu, Sinka Island Park sangatlah cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga.

Beberapa kendaraan wisata, seperti delman dan kuda tersedia bagi pengunjung yang mau mengelilingi tempat rekreasi. Berkunjung ke Sinka Island Park, kurang seru tanpa melebar ke Sinka Zoo yang berada di sisi selatan. Salah satu keunikan kebun binatang ini adalah terletak di segala penjuru mengelilingi gunung.

Wisata Tanjung Bajau Singkawang

Tak hanya sebagai spot wisata favorit Singkawang, Tanjung Bajau pun populer di Kalimantan Barat. Tanjung Bajau adalah perpaduan sempurna antara wisata alam dan wahana buatan yang penuh keceriaan. Secara geologis, Tanjung Bajau merupakan penghubung dari Pantai Pasir Panjang dan Sinka Island Park.

Ikon wisatanya berupa Patung Gurita di pintu masuk. Adapun dibaliknya sudah ada pemandangan yang menawan melalui kombinasi pantai dan laut berlatar perbukitan. Pantai Bajau menyajikan komposisi beraneka bebatuan yang tertata acak serta pasir yang putih. Jauh dari muara, membuat airnya biru kehijauan.

Di sini juga ada Fantasy Island dengan banyak wahana seru, mulai dari Kora-Kora Naga, Bianglala, Bom-Bom Car, Tsunami, Sniper Doll, Giant Swing, dan banyak lagi yang lainnya. Tanjung Bajau, Rindu Alam, Sinka Island Park, dan Pantai Pasir Panjang bisa dijadikan satu paket wisata karena lokasinya relatif dekat.