Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Ini Manfaat Susu Jahe Untuk Tubuh dan Cara Membuatnya

248
×

Ini Manfaat Susu Jahe Untuk Tubuh dan Cara Membuatnya

Sebarkan artikel ini
susu jahe

Manfaat Susu Jahet Untuk Kesehatan Tubuh – Perubahan cuaca yang tidak menentu sering kali membuat kita mudah terserang penyakit, seperti demam, flu, batuk, dan  sakit tenggorokan. Selain mengonsumsi makanan hangat, minum susu jahe juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Suhu jahe juga memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak heran kalau susu jahe menjadi pilihan utama untuk menghangatkan tubuh, terutama saat musim hujan tiba.

Baca juga: 3 Manfaat Membaca Buku secara Rutin, Temukan Manfaat Istimewanya!

Lantas, Apa Saja Manfaat Susu Jahe bagi Tubuh?

Nah, berikut ini beberapa manfaat susu jahe seperti yang dilansir dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Susu jahe mampu meningkatkan imun tubuh secara alami. Soalnya, kandungan yang ada dalam jahe bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.  Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kamu dari radikal bebas.

Inilah  tubuh mampu melawan infeksi dengan lebih baik, serta membuat tubuh etap sehat dan kuat saat menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Meredakan sakit tenggorokan

Di tengah pergantian cuaca yang tidak menentu ini, tubuh mudah terkena virus penyakit, seperti panas dalam yang disertai sakit tenggorokan. Nah, kamu bisa meredakan sakit tenggorokan tersebut dengan meminum segelas susu jahe.

Soalnya, susu jahe dapat membantu mengatasi batuk dan flu yang juga menyebabkan sakit tenggorokan.

3. Menghangatkan tubuh

Ketika cuaca sedang hujan, tentunya kita membutuhkan minuman hangat. Nah, susu jahe bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu, lho.

Jahe mengandung zat yang baik untuk menjaga kehangatan tubuh dan mencegah terserang penyakit seperti flu dan batuk.

4. Menurunkan kadar gula darah

Siapa sangka kalau ternyata susu jahe mampu membantu menurunkan kadar gula darah dalam darah. Dilansir dari Blushin.com, mengonsumsi jahe efektif bagi para penderita diabetes tipe 2.

Namun, untuk mendapatkan manfaat ini, pastikan kamu tidak menggunakan terlalu banyak kental manis atau gula saat membuat susu jahe.

5. Meringankan sakit perut saat menstruasi

Bagi kebanyakan wanita, menstruasi sering diiringi dengan sakit perut yang luar biasa. Tentunya, hal tersebut bisa membuat tubuh terasa lemas yang dapat menganggu aktivitas.

Nah, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi susu jahe hangat karena ada kandungan ibuprofen yang dapat menjadi pereda nyeri alami.

Resep Susu Jahe

Sudah tahu ‘kan apa saja manfaat susu jahe bagi tubuh? Sekarang, cari tahu cara membuat susu jahe berikut ini, yuk!

Bahan

  • 2 ruas jahe
  • 40 gram kental manis (setara 1 sachet)
  • 300 ml air

Cara Membuat Susu Jahe

  1. Siapkan jahe dan iris tipis. Kamu juga bisa menggepreknya saja, ya.
  2. Panaskan wajan antilengket, lalu panggang atau sangrai irisan jahe hingga harum.
  3. Jika sudah harum, masukkan air dan tunggu hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih dan air berubah sedikit kecokelatan, tambahkan kental manis. Aduk hingga tercampur rata. Jika suka manis, kamu bisa menambahkan kental manis lagi atau sedikit gula pasir.
  5. Tuang susu jahe ke dalam cangkir dan siap diminum untuk mendapatkan manfaatnya.

Ternyata, cara membuat susu jahe mudah sekali, bukan? Kamu bisa meminumnya setiap hari agar bisa memiliki daya tahan tubuh yang kuat.