Rekomendasi 3 Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows 11 dan 10

Laptop

Laptop menjadi salah satu alat paling penting, Di mana setiap masyarakat memerlukan sebuah perangkat Laptop untuk menunjang segala aktivitas keseharian mereka. Mulai melakukan video conference, mengerjakan dokumen di Microsoft Office, streaming video online, bermain game hingga editing foto / video.

Memang ini tidak bisa dipungkiri, karena segala aktivitas yang kita gunakan saat ini dilakukan secara digital. Meskipun laptop memberikan banyak sekali manfaat untuk Anda, namun bukan berarti Anda bisa menggunakannya dengan lancar selalu.

Baca juga: Inilah 5 Rekomendasi Monitor Portable Terbaik di Indonesia

Karena akan ada waktu di mana Anda mengalami kendala error saat mengoperasikannya. Misalnya masalah yang sering terjadi adalah laptop Windows mendadak hang.

Penyebab laptop hang pada Windows

Laptop Windows yang mengalami hang secara tiba-tiba, bukanlah suatu error yang terjadi tanpa adanya sebab. Mengingat ada banyak sekali faktor internal maupun eksternal yang bisa menimbulkan kendala ini. Informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak beberapa poin penyebab berikut ini.

  • Spesifikasi laptop yang rendah – Tidak sedikit pengguna laptop yang memaksakan perangkat mereka untuk melebihi batasnya. Contohnya laptop dengan RAM 2GB memang bisa menginstall Windows 10, akan tetapi tidak akan berjalan dengan optimal ketika digunakan. Mengingat minimum RAM yang digunakan setidaknya 4GB ke atas.
  • Multitasking berlebihan – Menjalankan banyak program aplikasi akan membuat kinerja RAM dan CPU terbebani. Terlebih jika Anda menggunakannya untuk program berat seperti aplikasi edit foto atau edit video.
  • Laptop overheating – Kendala ini sering terjadi ketika Anda telah menggunakan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga tidak menutup kemungkinan laptop akan mengalami peningkatan suhu secara signifikan. Ini bisa menimbulkan kendala error setelahnya.
  • Kerusakan pada driver – Ketika driver sedang bermasalah, maka tidak heran jika beberapa komponen di dalamnya terkena dampaknya. Mengingat driver ini berfungsi sebagai penghubung antara program aplikasi dengan sistem.
  • File sistem bermasalah – Selain itu masalah laptop Windows yang mengalami hang ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada file sistem. Untuk memperbaikinya, silakan Anda jalankan perintah SFC dan DISM.
  • Terdapat bugs pada program – Jika masalah hang ini terjadi saat Anda menggunakan aplikasi tertentu, maka ada kemungkinan jika program tersebut terdapat bugs. Lakukan update atau reinstall untuk memperbaikinya.
  • Terkena virus / malware – Virus atau malware sering kali menyebabkan laptop Windows menjadi hang atau bahkan lemot. Ini dikarenakan virus mampu mengubah hingga menghapus file sistem dan aplikasi yang ada di dalamnya.

Cara mengatasi laptop hang pada Windows 10, 8, 7

Ada beberapa tips yang perlu Anda coba untuk memperbaiki permasalahan hang / freeze pada laptop Windows. Mulai dari restart PC / laptop hingga melakukan peningkatan pada performa Windows. Namun sebelum itu, silakan Anda perhatikan jenis error berikut ini untuk mengetahui kondisi yang Anda alami; karena setiap pengguna Windows memiliki kondisi error dan respons sistem yang berbeda-beda.

  • Hang sistem – Kondisi ini terjadi ketika Anda tidak bisa mengoperasikan apa pun pada laptop; termasuk menggerakkan mouse. Untuk memulihkan laptop harus melakukan restart perangkat.
  • Generic Freeze / Pembekuan – Laptop Anda akan mengalami hang dalam jangka waktu beberapa saat dan terkadang bisa normal kembali tanpa melakukan tindakan. Ini terjadi karena terdapat konflik pada driver atau mungkin performa Windows yang buruk.
  • Single-App Freeze – Sama halnya seperti Generic Freeze, hanya saja ini terjadi pada saat menjalankan aplikasi tertentu; seperti bermain game atau menggunakan web browser untuk menjelajahi situs.
  • Program not responding – Jika masalah ini muncul pada Anda, maka kemungkinan terbesar penyebabnya dikarenakan oleh spesifikasi laptop yang Anda gunakan tidak memadai. Atau bisa jadi ada bugs pada program, dengan memperbarui versinya mungkin bisa mengatasi permasalahan.

Dengan mengidentifikasi kategori masalah yang terjadi, ini akan mempermudah Anda dalam mengatasi permasalahan secara tepat dan benar. Setelah memperhatikannya, silakan Anda pilih salah satu metode di bawah ini yang sesuai dengan kondisi permasalahan.

1. Coba restart laptop Anda

Langkah pertama yang perlu Anda coba ialah dengan me-restart laptop. Biasanya error ini diakibatkan oleh salah satu service sistem yang crash atau tidak berjalan dengan baik. Harapannya dengan melakukan restart, bisa memperbaiki kesalahan error dan laptop akan lebih stabil ketika digunakan kembali. Jika dengan memuat ulang sistem masalah ini tidak teratasi, Anda bisa lanjut ke metode berikutnya.

2. Kurangi aktivitas multitasking

Salah satu alasan mengapa laptop Windows sering mengalami hang adalah karena terlalu banyak menjalankan aplikasi dalam satu waktu. Semakin banyak program yang Anda jalankan, maka sumber daya perangkat dan sistem akan terbagi-bagi. Inilah yang membuat resource RAM dan CPU menjadi terbebani dan bisa menyebabkan respons perangkat melambat secara signifikan.

Memang ini tidak berpengaruh pada laptop dengan spesifikasi yang tinggi, namun jika Anda menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah akan terasa dampaknya. Maka dari itu, periksa Task Manager secara berkala untuk mengatur sumber daya yang digunakan agar tidak melebihi batas maksimum.

3. Pastikan driver tidak bermasalah

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa tidak ada driver yang bermasalah, karena driver yang terkendala error juga bisa menyebabkan beberapa kendala pada sistem, termasuk laptop Windows menjadi hang / freeze.

Untuk itu manfaatkan Device Manager untuk mengecek kondisi driver laptop dan lakukan update driver jika diperlukan.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas