Destinasi Wisata Bukit Paralayang, Dengan Sensasi View Diatas Awan

bukit paralayang

Tempat wisata Karanganyar memang terkenal dengan keindahan destinasi wisata alamnya. Salah satunya adalah Bukit Paralayang Kemuning yang selalu ramai akan pilot paralayang dan wisatawan yang ingin mencobanya.

Seperti spot paralayang lainnya, bukit Kemuning ini juga berada di ketinggian sehingga memungkinkan penikmat olahraga paralayang untuk terbang. Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan sunrise dan sunset yang instagenik.

Baca juga: Makam Sunan Giri, Destinasi Wisata Religi yang Sarat Sejarah di Gresik Jawa Timur

Sekilas Tentang Bukit Paralayang Kemuning

bukit paralayang

Bukit Paralayang Kemuning memungkinkan wisatawan untuk terbang melayang melintasi permadani hijau Kebun Teh Kemuning. Pemandangan dari atas ini sangat menakjubkan, setiap sudut kebun teh dapat Anda lihat.

Selain itu, bagi wisatawan yang tidak melakukan olahraga ini juga bisa menikmati pemandangan kebun teh dan hijaunya pepohonan. Ada juga kegiatan camping dan menyaksikan detik-detik matahari terbit dan terbenam.

Ya, ada banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan selain terbang paralayang. Anda juga bisa menikmati sajian khas daerah Kemuning yang menggoda selera di warung-warung sekitar kebun teh.

Daya Tarik Utama Wisata Bukit Paralayang Kemuning

Paralayang Kemuning menawarkan pengalaman wisata alam sekaligus olahraga yang tergolong ekstrem. Tapi tenang, di sini juga ada instruktur dan pilot paralayang berpengalaman. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini.

Pemandangan Indah Khas Kebun Teh

Tempat wisata hits Jawa Tengah memiliki pemandangan yang sangat menawan. Kemanapun arah mata memandang, semua hijau, segar dan eksotis. Tempat ini sempurna sebagai spot healing terbaik untuk siapapun.

Perpaduan hijaunya daun teh, pepohonan rindang serta birunya langit menggambarkan ciptaan Tuhan yang sempurna. Belum lagi udaranya yang masih alami, membuat siapapun ingin menghirupnya dalam-dalam.

Ya, objek wisata ini terletak di ketinggian sekitar 1.300 mdpl yang membuat udaranya begitu sejuk dan bersih. Apalagi, sesekali angin segar menerpa yang membuat suasana semakin syahdu dan romantis.

Belum lagi warna warni parasut paralayang yang terbang melintasi perbukitan menambah keelokan Paralayang Kemuning. Jika dari kejauhan, mereka yang terbang itu seperti burung yang terbang ke sana kemari.

Warna parasut yang cerah, sangat kontras dengan hijaunya daun pepohonan dan daun teh. Meliuk-liuk di antara birunya langit, mereka turut menambah keelokan pemandangan kebun teh Kemuning.

Terbang Melayang di Atas Kebun

Olahraga paralayang tergolong ekstrim sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Hanya mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi dan tentu saja memiliki sertifikat layak terbang.

Tapi tenang, jika Anda tidak memiliki pengalaman apapun tentang paralayang, di sini bisa tandem. Tandem paralayang adalah pilihan terbaik untuk wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan alam bukit Kemuning.

Untuk bisa menikmati terbang dengan paralayang ini, wisatawan harus mengeluarkan biaya cukup mahal. Tapi, semua sepadan karena paralayang Kemuning Karanganyar ini menawarkan tandem dengan pilot terverifikasi.

Bukan hanya pilotnya saja yang berstandar, tetapi juga peralatan dan perlengkapan paralayangnya berstandar internasional. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keselamatan. Semua sesuai prosedur keselamatan.

Terbang tandem bersama instruktur ini selama 10 – 20 menit tergantung paket yang Anda pilih. Percayalah, ketika Anda terbang di atas hijaunya pepohonan dan kebun teh, ini bisa jadi salah satu dari 10 menit terbaik dalam hidup Anda.

Menyaksikan Indahnya Sunrise

Selain olahraga paralayang sebagai daya tarik utamanya, Paralayang Kemuning juga menawarkan spot untuk menyaksikan keindahan sunrise. Pemandangan matahari terbit di sini sangat memukau dan menakjubkan.

Wisatawan bisa datang di pagi buta saat kabut masih menyelimuti kawasan kebun teh Kemuning. Namun ingat untuk berhati-hati jika Anda baru berkendara sendiri ke tempat ini saat berangkat dini hari.

Saat sunrise terjadi, cahaya matahari mulai menyapu kabut, kemudian warna langit berubah menjadi kuning keemasan. Cuaca yang dingin mulai berubah menjadi hangat seiring dengan matahari yang kian menyembul keluar.

Pastikan sebelum ini terjadi, Anda sudah menyiapkan segalanya termasuk kamera baik untuk memfoto maupun merekam video sunrise. Ini karena momen sunrise itu tidak lama, hanya beberapa menit saja.

Rute Menuju Lokasi Bukit Paralayang Kemuning

bukit paralayang

Lokasi Bukit Paralayang Kemuning berada di Desa Segorogunung, Ngargoyoso, Karanganyar. Letaknya sekitar 21 km jika Anda dari Kota Karanganyar. Jarak ini bisa Anda tempuh dengan waktu sekitar 50 menit.

Untuk rutenya, jika Anda dari Jogja atau Solo, arahkan kendaraan Anda menuju Karanganyar via Jln. Lawu. Dari Karanganyar, lanjutkan perjalanan menuju Tawangmangu dengan tetap di jalan yang sama.

Setelah itu ada pertigaan di daerah Karangpandan, ambil jalan lurus ke Jl. Karangpandan-Ngargoyoso. Jalan ini yang akan mengarahkan Anda ke wisata kebun teh Kemuning dan juga kawasan Bukit Paralayang.

Selama di jalan ini, harap tetap fokus karena ada banyak tikungan. Pastikan pula untuk berhati-hati, apalagi jika tidak mengenal medan sebelumnya. Untuk amannya, Anda bisa rental mobil murah plus sopir yang sudah berpengalaman dan bisa mengantar.

Jam Buka Bukit Paralayang Kemuning

Wisata Bukit Paralayang Kemuning ini buka dari pagi hingga malam tepatnya pukul 09.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Tapi, bagi yang berkemah, Anda bisa menikmatinya keindahan bukit ini selama 24 jam penuh.

Begitu juga yang ingin menyaksikan sunrise, bisa datang lebih pagi. Usahakan pula untuk berkunjung saat cuaca cerah sehingga Anda bisa mencoba paralayang sekaligus menikmati panorama alam yang ada dengan lebih leluasa.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas