Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

12 Warga Bangka Tengah Mengidap HIV

238
×

12 Warga Bangka Tengah Mengidap HIV

Sebarkan artikel ini
IMG 20230412 WA0012
Foto: Kepada Dinas Kesehatan Bareng, Anas Maaruf. (Erwin)

INTRIK.IR, BANGKA TENGAH — Sebanyak 12 orang positif mengidap penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kabupaten Bangka Tengah sepanjang tahun 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Muhammad Anas Ma’ruf merinci 12 orang yang terkonfirmasi HIV diantaranya 7 laki-laki dan 5 perempuan.

“Saat ini ada sekitar 12 orang yang terkonfirmasi HIV, dengan rincian 7 orang laki-laki dan 5 orang perempuan,” ungkapnya, Kamis, (12/4/2023).

Annas mengatakan, dari 12 orang tersebut, ada satu orang perempuan yang masih berusia dibawah dua puluh lima tahun yang mengidap HIV dan 1 kasus ibu hamil.

“Ada satu orang perempuan yang usianya dibawah 25 tahun dan enam orang laki-laki dan empat orang perempuan dibawah usia 49 tahun, sedangkan ssisanya satu orang laki-laki diatas 50 tahun dan 1 kasus ibu hamil,” jelasnya.

Annas menuturkan, salah satu upaya mencegah resiko tertular HIV dengan memberikan edukasi atau penyuluhan tentang HIV kepada anak-anak sekolah dan masyarakat yang dilakukan bersamaan dengan pelayanan kesehatan di Sekolah dan Tempat umum.

“Kita juga melakukan skrining atau pemeriksaan pada populasi yang beresiko tertular HIV dan memberikan pengobatan ARV, edukasi ke anak-anak sekolah dan masyarakat yang juga pelayanan kesehatan langsung,” ucapnya.

Annas juga menegaskan, pihaknya akan merahasiakan identitas pengidap HIV kecuali orangnya sendiri ingin membeberkannya.

“Kami akan jaga privasi mereka-mereka yang terkena HIV kecuali mereka sendiri yang ingin mengatakannya. Kami siap melayani dengan baik semua masyarakat dan memberikan pelayanan prima, ” tutupnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas