Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Review MacBook Layar Lipat Apple Siap Rilis 2026, Cek Bocoran Spesifikasi dan Harga Fantastis?

56
×

Review MacBook Layar Lipat Apple Siap Rilis 2026, Cek Bocoran Spesifikasi dan Harga Fantastis?

Sebarkan artikel ini
MacBook Layar Lipat

MacBook layar lipat tampaknya sudah ada di depan mata – Setidaknya ini terungkap lewat bocoran roadmap Apple tentang perangkat layar lipat. MacBook layar lipat milik Apple disebut-sebut akan mulai diproduksi tahun depan, sebgaimana diungkap oleh analis Haitung International Securities, Jeff Pu.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kamera MacBook Error, Mudah dan Dijamin Ampuh!

Mengutip laporan Pu, Sabtu (25/5/2024), kehadiran MacBook layar lipat ini akan diikuti dengan peluncuran iPhone layar lipat milik Apple pada tahun 2026.

Analis Apple lainnya, Ming-Chi Kuo, mengunggah informasi baru tentang MacBook lipat Apple di blognya. Kuo mengatakan, Apple sedang mempertimbangkan dua ukuran layar berbeda.

Disebutkan, MacBook layar lipat tersebut bakal hadir dengan ukuran 20,25 inci dan 18,8 inci. Saat dilipat, kedua laptop tersebut masing-masing memiliki ukuran setara dengan laptop 14-15 inci dan 13-14 inci.

Namun dari laporan terkini, LG Display tampaknya akan menjadi pemasik eksklusif layar lipat untuk perangkat Apple tersebut. Hal ini akibat perusahaan puas dengan panel OLED milik LG di tablet iPad Pro baru Apple.

Kuo menulis, produksi panel lipat–apa pun ukuran yang dipilih Apple–akan dimulai pada kuartal keempat tahun 2025 dengan perakitan MacBook layar lipat pertama dimulai pada paruh pertama tahun 2026.

Terkait spesifikasi, MacBook baru ini akan ditenagai oleh chipset M5. Padahal, saat ini Apple baru merilis chip M4 dan memasangnya di iPad Pro 11 inci dan 13 inci.

Menurut Kuo, Apple berusaha membuat layar di MacBook baru tersebut bebas dari kerutan. Diperkirakan teknologi layar ini dibanderol harga USD 600-USD 650 per unit dari Apple.

“Setiap engsel akan dikenakan biaya Apple USD 200- USD 250,” kata Kuo. Berdasarkan prediksi harga panel dan engselnya, tidak menutup kemungkinan harga MacBook layar lipat ini akan jauh lebih mahal dari laptop milik Apple di pasaran saat ini.

Kabarnya, harga MacBook layar lipat dari sisi Bill of Materials (BOM) akan mendekati BOM untuk Vision Pro. Gimana, masih tertarik untuk membeli laptop baru Apple ini?

Apple Kebut Pengembangan Perangkat Foldable

Apple dikabarkan akan meningkatkan pengembangan layar lipat mereka. Informasi ini diketahui dari laporan investor terbaru.

Mengutip informasi dari 9to5Mac, Selasa (7/5/2024), analis Haitong International Securities, Jeff Pu menyebut kalau Apple memiliki rencana untuk memulai produksi massal perangkat lipat berukuran 20,3 inci pada akhir 2025.

Kemudian di akhir 2026, perusahaan akan melakukannya pada iPhone lipat.

Jika analisis ini benar, Apple kemungkinan besar telah mempercepat pengembangan perangkat layar lipat besutannya. Laporan tersebut juga menyebut hal ini dilakukan karena perusahaan melihat visibilitas yang lebih besar dalam hal rantai pasokan.

Alasannya, berdasarkan prediksi Ming-Chi Kuo sebelumnya, Apple sendiri sedang mengembangkan MacBook layar lipat berukuran 20,3 inci yang ditargetkan rilis pada 2027. Hal senada juga sempat diungkapkan oleh Ross Young.

MacBook Layar Lipat Targetkan Pasar Ultra High-end

Namun dengan analisis terbaru Jeff ini, ada kemungkinan rencana tersebut ternyata lebih cepat dari perkiraan.

Menurut Jeff, perangkat layar lipat Apple ini akan menjadi lini produk terbaru perusahaan. Perangkat itu akan menargetkan pasar ultra high-end.

Kabarnya, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu sedang menjajaki dua opsi ukuran layar untuk iPhone layar lipat yakni 7,9 inci dan 8,3 inci.

Sebagai informasi, Apple saat ini memang masih menjadi brand perangkat mobile yang diketahui masih enggan terjun ke pasar smartphone layar lipat.

Padahal, Apple berkali-kali dirumorkan bakal memperkenalkan lini HP layar lipat pertama mereka sejak kurang lebih tiga tahun lalu. Kendati demikian, hingga saat ini iPhone dengan desain tersebut belum juga diperkenalkan.

Apple Siapkan HP Layar Lipat Pertama untuk Rilis Tahun 2026 atau 2027

Mengutip GSM Arena, Senin (5/2/2024), tahun 2026 atau 2027 akan menjadi momen HP layar lipat Apple diluncurkan.

Informasi ini diungkap oleh sumber anonim di Korea. Disebutkan, HP Apple itu akan memiliki layar utama berukuran 7 inci atau 8 inci.

Dengan ukuran ini, HP Apple tersebut berpotensi menjadi pengganti lini iPad mini di pasaran beberapa tahun mendatang.

Sayangnya, spesifikasi dan bentuk HP baru Apple tersebut belum diungkap. Rumor beredar, baik Samsung Display dan LG Display telah memberikan sampel panel layar lipat dalam ukuran 6 inci dan 7 inci.

Bila memang Apple memutuskan untuk memperkenalkan ponsel layar lipat, kemungkinan perusahaan akan menggunakan panel dari Samsung Display.

Hal ini berdasarkan pengalaman Samsung Display menjadi pemasok utama ponsel layar lipat Samsung, seperti Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold.

Dengan ini, tidak menutup kemungkinan perusahaan bentukan Steve Jobs tersebut akan memperluas lini produk layar lipatnya bila ponsel mereka ini sukses di pasaran.

Karena itu, jangan terkejut bila pada tahun 2028 nanti Apple akan meluncurkan produk layar lipat berukuran 20.25 inci di pasaran.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas