Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

7 Cara Mengatasi Kamera MacBook Error, Mudah dan Dijamin Ampuh!

500
×

7 Cara Mengatasi Kamera MacBook Error, Mudah dan Dijamin Ampuh!

Sebarkan artikel ini
kamera macbook

Cara Mengatasi Kamera MacBook Error – Kamera bawaan MacBook mungkin bukan yang terbaik, tetapi masih sangat berguna untuk menghadiri rapat online di Zoom, Microsoft Teams, Google Meet, dan aplikasi konferensi video lainnya. Jika kamera MacBook tiba-tiba berhenti berfungsi, kamu mungkin merasa panik.

Namun, sebenarnya, seringkali error pada kamera MacBook tidak menandakan masalah serius. Bahkan, kamu dapat memperbaikinya sendiri dengan mudah.

Baca juga: 6 Tips Sebelum Membeli MacBook Bekas (Second) Agar Awet, Perhatikan Hal-hal Ini

Cara Mengatasi Kamera MacBook Error

Jika kamu sedang menghadapi masalah pada kamera MacBook, kamu bisa mengikuti langkah pemecahan masalah yang diuraikan di bawah ini.

1. Tutup paksa dan luncurkan ulang aplikasi kamera

Ini merupakan solusi paling dasar untuk mengatasi masalah kamera. Cukup tutup paksa dan luncurkan kembali aplikasi untuk memperbaiki gangguan dan bug apa pun yang mungkin menghalangi kamera MacBook berfungsi dengan baik.

Menggunakan kamera untuk lebih dari satu aplikasi secara bersamaan juga bisa memicu masalah ini. Untungnya, kamu dapat memperbaikinya dengan mudah dengan menutup aplikasi. Klik Control pada aplikasi yang ingin kamu tutup dari Dock. Tekan dan tahan tombol Option dan pilih Force Quit.

2. Matikan dan nyalakan kembali perangkat

Jika menutup aplikasi tidak dapat memperbaiki masalah kamera yang tidak berfungsi, mungkin ada beberapa proses yang menggunakan kamera di latar belakang. Dalam hal ini, kamu dapat memilih untuk me-restart perangkat. Secara umum, memulai ulang komputer dapat memperbaiki berbagai masalah.

Setelah me-restart MacBook, buka aplikasi kamera dan periksa kembali apakah masalah kamera MacBook telah diperbaiki.

3. Instal pembaruan aplikasi

Perbaikan sederhana lainnya untuk masalah ini adalah memperbarui aplikasi ke versi perangkat lunak terbaru. Terkadang, masalahnya mungkin ada pada aplikasinya, bukan pada kamera MacBook. Jadi, periksa apakah tersedia pembaruan untuk aplikasi tersebut.

Jika ada, coba instal pembaruan. Jika masalah belum teratasi, coba hapus instalan dan instal ulang aplikasi. Juga, pastikan MacBook berjalan pada versi macOS terbaru.

4. Izinkan akses kamera

Mungkin saja aplikasi yang ingin kamu gunakan tidak memiliki izin untuk mengakses kamera. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengizinkan aplikasi tersebut mengakses kamera MacBook:

  1. Klik menu Appledan pilih System Settings.
  2. Pilih Privacy & Securitydari sidebar dan klik Camera di sebelah kanan.
  3. Akan muncul daftar semua aplikasi yang terinstal di MacBook  yang memerlukan akses ke kamera. Alihkan tombol di sebelah aplikasi tempat kamu ingin menggunakan kamera.

Setelah itu, tutup dan buka kembali aplikasi setelah memberikan akses kamera ke aplikasi agar dapat berfungsi dengan benar.

5. Periksa kamera dan lampu indikatornya

Luncurkan aplikasi apa pun yang menggunakan kamera MacBook, seperti FaceTime, Zoom, atau Google Meet. Lalu, lihat apakah lampu indikator kamera menyala. Jika tidak, kemungkinan masalah ada pada perangkat keras.

Kamu bisa memeriksa apakah MacBook  mendeteksi kamera atau tidak untuk mengetahui apakah itu masalah perangkat keras. Untuk melakukannya, buka System Settings > General > About dan klik System Report di bagian bawah. Kemudian, pilih Camera di bawah bagian Hardware di sidebar kiri.

Jika kamu dapat melihat Model ID dan Unique ID kamera di sebelah kanan, berarti MacBook dapat mendeteksi kamera tersebut. Jika kamu tidak melihat detail ini, MacBook tidak mendeteksi kamera.

6. Setel ulang SMC MacBook

Jika tidak ada metode pemecahan masalah di atas yang berhasil, kamu dapat mencoba mengatur ulang SMC MacBook. SMC atau System Management Controller adalah chip di MacBook berbasis Intel yang mengelola komponen perangkat keras tertentu, seperti keyboard, indikator LED, kipas pendingin, atau kamera.

Saat kamera MacBook bermasalah, mengatur ulang SMC bisa menjadi solusi potensial. Namun, ini hanya berlaku untuk MacBook berbasis Intel, karena MacBook silikon Apple tidak memiliki SMC.

7. Update macOS

Dalam beberapa kasus, kamera tidak berfungsi bisa disebabkan oleh gangguan yang terkait dengan macOS. Di sini, solusinya adalah memperbarui macOS. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan versi terbaru dan memperbaiki masalahnya secara bersamaan.

Berikut langkah-langkah untuk memperbarui macOS:

  1. Buka menu Appledan pilih System Settings.
  2. Klik Generaldari panel sebelah kiri, diikuti oleh Software Update. Jika pembaruan tersedia, klik Upgrade Now.

Masalah pada kamera MacBook memang bisa membuat frustrasi. Untungnya, langkah pemecahan masalah ini dapat membantumu mengatasi masalah tersebut secepat mungkin. Namun, jika masalah terus berlanjut, kamu perlu membawa MacBook ke tempat servis terdekat, terutama jika menurutmu perangkat kerasnya bermasalah.