Scroll untuk baca artikel
Provinsi Bangka Belitung

Profil Lengkap Pj Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu, dari Pendidikan, Karir, hingga Keluarga

240
×

Profil Lengkap Pj Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu, dari Pendidikan, Karir, hingga Keluarga

Sebarkan artikel ini
IMG 20230331 WA0002

INTRIK.ID, PANGKALPINANG — Suganda Pandapotan Pasaribu lahir di Palembang, 16 September 1973. Saat ini, Suganda Pandapotan Pasaribu merupakan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung setelah dilantik oleh Mendagri RI Tito Karnavian, di Jakarta, pada Jumat (31/3/2023).

Selain sebagai Pj Gubernur Babel, Suganda merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ombudsman RI. Dirinya sudah 5 tahun menjabat sebagai Sekjen (Sejak dilantik 2018) pada lembaga negara yang berfungsi mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Negara dan Pemerintah, baik pusat maupun daerah

Lelaki berusia 49 tahun ini merupakan pasangan dari Maya Krista Sidabutar. Dari ikatan pernikahan yang terjalin pada tahun 2000, keduanya dikaruniai 3 orang anak, yaitu William Pasaribu, Hansel Gilbert Pasaribu, dan Benedict Pasaribu.

Suganda Pandapotan Pasaribu memiliki latar belakang pendidikan yang panjang. Ia diketahui sebagai alumnus SD Negeri 47 Palembang, SMP Negeri 8 Palembang, dan SMA Negeri 5 Palembang, sebelum ia memilih untuk melanjutkan pendidikannya di Pulau Jawa. Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri (STPDN) menjadi pilihan.

Pada tahun 1993, Suganda mulai tercatat sebagai praja STPDN Jurusan Manajemen Pemerintahan. Ia menyelesaikan studinya di Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan pada 1997, dan berhak menyandang gelar Ahli Pratama. Kemudian, Suganda melanjutkan Program Pascasarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) pada 2002.

Ia juga merupakan lulusan Pascasarjana Ilmu Pemerintahan di Universitas Jenderal Ahmad Yani (2013) dengan Predikat Cumlaude. Selanjutnya, Suganda berhasil menyandang gelar Doktor di Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran, juga dengan Predikat Cumlaude (2013).

Karir panjang dilalui Suganda Pandapotan Pasaribu. Kepala Sub Seksi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kecamatan Jayaloka, Kabupaten Musi Rawas pada tahun 1997 menjadi titik awal karirnya di dunia pemerintahan, yang setahun kemudian dipercaya sebagai Sekretaris Wilayah Kecamatan.

Pada tahun 2005, Suganda kembali dipercaya sebagai Kepala Sub Bidang Perdagangan dan Koperasi Pemerintah Kabupaten Musi Rawas. Atas prestasi-prestasinya, pada tahun 2013, Suganda ditunjuk menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan tahun 2014.

Jejak tinta karirnya di level Nasional dimulai saat dirinya terpilih dalam lelang jabatan Kepala Biro Umum dan Kepegawaian di Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) tahun September 2015 hingga Februari 2018.

Pada 12 Februari 2018, Suganda Pandapotan Pasaribu ditunjuk menduduki jabatan Sekretaris Jenderal Ombudsman RI berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11/TPA Tahun 2018 tanggal 5 Februari 2018. (*/red)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas