Scroll untuk baca artikel
Opini

Pentingnya Organisasi Bagi Mahasiswa

242
×

Pentingnya Organisasi Bagi Mahasiswa

Sebarkan artikel ini
pengertian organisasi
Foto: Ilustrasi. (Net)

Angelia Okta Ferani

Mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi-Universitas Bangka Belitung

 

Manusia merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia saling membutuhkan satu dengan yang lain. Dalam hal ini, manusia perlu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan manusia lainnya. Kemampuan berinteraksi sangat diperlukan dalam bersosialisasi dengan orang lain. Karena dengan berinteraksi dapat memudahkan manusia dalam menjalani kehidupannya sehari-hari.

Pentingnya bersosialisasi menjadi perbincangan yang kerap ditemui di dunia mahasiswa. Mahasiswa dituntut untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan kampusnya. Hal ini mengharuskan mahasiswa untuk dapat bersosialisasi dengan sesama yang di mana jiwa sosial itu dibutuhkan mahasiswa setelah lulus dari kampusnya nanti. Karena setelah lulus, mahasiswa akan dihadapkan pada dunia luar seperti dunia kerja yang banyak membutuhkan interaksi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Banyak mahasiswa yang pintar dalam akademik, namun ketika disuruh untuk berbicara di depan banyak orang mereka merasa malu dan tidak percaya diri. Hal ini biasanya karena mereka tidak terbiasa untuk berbicara di depan orang banyak. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengikuti organisasi yang ada di kampus.

Kemampuan bersosialisasi bisa didapatkan mahasiswa dengan mengikuti organisasi-organisasi yang ada di lingkungan kampus. Mahasiswa cenderung beranggapan bahwa mengikuti organisasi tidak begitu penting. Karena tujuan utama mahasiswa yaitu mencari ilmu dengan belajar di kelas. Namun, perlu disadari bahwa belajar bukan hanya di dalam kelas saja, tetapi di luar kelas juga ada hal yang dapat kita pelajari. Salah satu contohnya adalah mengikuti organisasi. Dengan mengikuti organisasi, mahasiswa dapat melatih berkomunikasi di depan banyak orang. Apabila mengikuti organisasi, mahasiswa dapat berkesempatan untuk berkomunikasi dengan orang banyak, sehingga dapat melatih public speaking yang nantinya berguna ketika terjun di tengah masyarakat.

Baca Juga:  Upaya Hukum Dalam Mengatasi Perkara Kepailitan

Sebagai calon cendekiawan muda, mahasiswa dituntut menjadi sarjana yang memiliki kemampuan dalam berbagai hal, baik dalam akademis maupun non akademis, seperti kemampuan intelektual dan kemampuan berorganisasi. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk lebih banyak belajar dan mengembangkan potensi dirinya. Hal itu dapat dipelajari mahasiswa dengan salah satu cara yaitu mengikuti organisasi, karena banyak manfaat dan keuntungan yang didapatkan mahasiswa dalam mengikuti suatu organisasi. Mengikuti organisasi dapat melatih kedisiplinan dalam diri mahasiswa dan melatih keberanian dalam menghadapi tugas dan tantangan yang ada.

Mahasiswa yang memilih untuk tidak ikut organisasi cenderung beranggapan apabila ikut organisasi akan sibuk dengan kegiatan-kegiatan organisasi dan akan mengganggu waktu belajar. Padahal, dengan mengikuti organisasi dapat melatih diri untuk mengatur waktu dengan baik. Dari organisasi juga, mahasiswa dapat belajar membuat jadwal kegiatan acara, berhubungan dengan banyak orang, kerja sama dengan tim, dan belajar bagaimana memahami orang lain dengan karakter yang berbeda-beda. Hal ini dapat menambah pengalaman dan juga wawasan baru bagi mahasiswa itu sendiri.

Apabila mahasiswa bergabung dalam suatu berorganisasi, juga dapat melatih kepemimpinan diri. Kepemimpinan diri dapat dimulai dari diri sendiri dengan melakukan hal-hal kecil lalu bertahap pada lingkup yang lebih besar. Tidak hanya itu, organisasi juga memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan meningkatkan kreativitas diri. Selain itu, di dalam organisasi juga mahasiswa dapat menambah pengalaman dan wawasan yang tidak didapatkan di dalam kelas. Dengan berorganisasi juga, mahasiswa dapat memperluas pertemanan yang nantinya akan berguna untuk mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Manfaat lain yang didapatkan mahasiswa ketika ikut organisasi yaitu mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan di dalam perkuliahan yang dapat meningkatkan potensi dan kemampuan diri.

Baca Juga:  Tiktok Shop Dilarang, Mengapa?

Apabila memutuskan untuk ikut dalam suatu organisasi, mahasiswa harus dapat bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadanya, dan mampu memberikan kontribusi positif atas keputusan yang telah dipilih. Mengikuti organisasi bukan hanya untuk mencari pengalaman saja, namun banyak hal yang dapat dipelajari dalam organisasi. Mahasiswa harus bisa membaca peluang yang ada untuk mempelajari suatu hal yang baru. Dan perlu diingat bahwa untuk melakukan perubahan besar dimulai dari perubahan-perubahan kecil.

Dengan bergabung ke dalam organisasi, mahasiswa mendapat perubahan baru seperti kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, cara berfikir, dapat mengatur waktu dengan baik, dapat beradaptasi dengan lingkungan baru, dan masih banyak lagi manfaat yang didapatkan ketika bergabung dalam organisasi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas