Scroll untuk baca artikel
Hiburan

Nostalgia Yuk! 8 Game Tactical RPG Terbaik di PlayStation 1

1022
×

Nostalgia Yuk! 8 Game Tactical RPG Terbaik di PlayStation 1

Sebarkan artikel ini
playstation

Game Tactical RPG Terbaik di PlayStation 1 – Genre Tactical Role-Playing Game (RPG) merupakan genre yang cukup populer bagi kalangan gamer di era tahun 2000-an. Ada banyak game Tactical RPG yang dirilis untuk PC maupun konsol, terutama PlayStation 1.

Game bergenre Tactical RPG biasanya hadir dalam format Turn-Based Strategy atau tactical. Sehingga pemain akan menggerakan karakter secara bergantian sembari menyusun strategi untuk menyerang maupun bertahan.

Baca juga: 5 Game Perang Offline Android Terbaik dan Terpopuler yang Wajib Anda Coba

Nah berbicara PlayStation 1, ada banyak game Tactical RPG yang pernah rilis untuk konsol tersebut, lho. Mungkin kamu pernah memainkannya atau baru mendengarnya. Apa saja game tersebut? Yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Vandal Hearts

Vandal Hearts merupakan game Tactical RPG yang Konami rilis untuk PlayStation 1 pada tahun 1997. Dalam game ini, pemain akan mengendalikan karakter Ash, Diego, dan Clint yang mencoba mengembalikan kedamaian di benua Sostegaria.

Alur cerita dikemas dengan sangat menarik, terlebih tampilan gameplay isometrik. Setiap stage dalam game ini pemain akan bertugas untuk mengalahkan beberapa musuh. Namun di beberapa stage juga memiliki beberapa kondisi tantangan yang lain, seperti menggerakan karakter ke area yang spesifik di map, atau membunuh beberapa musuh dan menyelamatkan karakter lainnya.

2. Saiyuki: Journey West

Saiyuki: Journey West adalah game Tactical RPG yang mengangkat dari kisah legenda rakyat Tiongkok. Pada game ini, pemain akan bertemu dengan karakter utama bernama Sanzo, ia yang akan menjadi pemimpin dari petualangannya.

Sama seperti Tacticacl RPG lainnya, game ini hadir dengan grafis isometrik dengan gameplay sejenis. Bedanya adalah karakter dan alur cerita yang disajikan. Pemain akan dituntut untuk mengatur strategi untuk bisa menang pada setiap stage.

3. Front Mission 3

Front Mission menjadi salah satu judul game Tactical RPG paling menonjol. Pasalnya, game ini dak menitikberatkan kontennya pada pertempuran antar robot saja, tetapi juga dilengkapi dengan beragam fitur lain yang membuatnya tampil unik dan menarik.

Di antara seri yang dirilis oleh Squaresoft, seri Front Mission 3 merupakan seri yang paling sukses. Hal ini karena kualitas cerita yang bercabang sehingga sangat menarik untuk diikuti gamer kala itu.

4. Vanguard Bandits

Vanguard Bandits merupakan game Tactical RPG yang juga mengusung konsep pertarungan antar robot. Game yang dikembangkan oleh Human Entertainment ini rilis untuk PlayStation 1 pada tahun 2000. Selain tampil dalam bentuk isometrik, gameplay Vanguard Bandits juga menyuguhkan tampilan 3D layaknya game fighting ketika pertarungan berlangsung.

5. Final Fantasy Tactics

Penggemar waralaba Final Fantasy pasti mengentahui game Tactical RPG berjudul Final Fantasy Tactics. Yup, game ini masih mengusung gameplay Turn-Based Strategy layaknya seri Final Fantasy VII.

Bedanya, game ini memiliki keunikan pada character class yang dimiliki. Dalam game ini terdapat beberapa character class, di antaranya; Black Mage, White Mage, Knight, Archer, Sage, Assassin, Ninja, Samurai dan banyak lainnya.

6. Rhapsody: A Musical Adventure

Rhapsody: A Musical Adventure adalah game Tactical RPG yang dikembangkan oleh Nippon Ichi dan diterbitkan di bawah naungan Atlus pada tahun 2000. Game ini mengisahkan Coret, gadis jelita yang ingin memiliki kekasih seorang pangeran tampan bernama Ferdinand.

Dengan tampilan isometrik, sistem gameplay dalam game ini juga mengusung Turn-Based Strategy. Bedanya, tiap karakter dalam game ini dibuat imut dan lucu.

7. Brigandine: The Legend of Forsena

Brigandine: The Legend of Forsena merupakan game Tactical RPG yang gameplay yang cukup mewah pada masanya. Di dalam game ini kita bisa mengatur strategi bak seorang jenderal perang yang haus akan kemenangan. Cerita yang dihadirkan juga lumayan bagus serta menjadikan alasan mengapa kalian wajib dicoba oleh penggemar game RPG.

8. Kartia: The Word of Fate

Kartia: The Word of Fate menjadi game Tactical RPG yang dikembangkan oleh Atlus dan rilis untuk PlayStation 1 pada tahun 1998. Alur cerita yang disuguhkan game ini juga cukup menarik, dengan sistem gameplay Turn-Based Strategy dan grafis yang cukup baik.

Sayangnya, Atlus hanya merilis seri The World of Fate saja dan tidak melanjuti seri berikutnya.