TikTok Ads Manager – Saat ini jadi tools atau profesional yang memungkinkan pengguna melakukan manajemen konten secara kompleks. Adanya fitur inovatif ini memudahkan pengguna untuk menjangkau audiens lebih banyak dan spesifik.
Jumlah viewers dari sebuah konten di TikTok akan mengalami peningkatan. Selain itu konten kreator mudah mendapatkan audiens yang potensial.
Baca juga: Mengenal 4 Fitur Pencarian Suara TikTok Terbaru Sedang Uji Coba
TikTok Ads Manager, Ini Keuntungan dan Cara Menggunakannya Secara Efektif
Beberapa tahun belakangan ini TikTok jadi salah satu platform media sosial yang memiliki ratusan juta pengguna di dunia. Hal ini yang membuat banyak brand dan marketing menggunakan TikTok Ads untuk mempromosikan suatu produk. Sebab, dengan memanfaatkan fitur ini pengguna akan mendapatkan banyak sekali keuntungan.
Kenali TikTok Ads Terlebih Dahulu
Fitur ini merupakan sebuah menu di platform video pendek TikTok yang menyediakan berbagai fitur. Beberapa diantaranya seperti ads creation, targeting, insight report, hingga manajemen iklan untuk para konten kreator.
Tools ini membantu pelaku bisnis dan brand dalam menjangkau atensi dari ratusan juta pengguna TikTok di seluruh dunia.
Fitur ini tentu saja berbayar, memiliki dua opsi budgeting. Daily untuk iklan harian dan lifetime untuk berlangganan seumur hidup. Dengan kedua opsi ini, anggaran pengguna jadi lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.
Fitur ini bisa menargetkan audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, minat, dan lokasi. Pengguna juga bisa menggunakan fitur custom audiences dan lookalike audiences.
Cara Memulai Campaign di TikTok Ads
Untuk mulai menggunakan fitur ini, pengguna harus membuat akun TikTok Ads Manager terlebih dahulu. Klik “Create an Ad Button” di menu pojok kanan atas.
Setelah berhasil membuat akun, di dashboard nanti akan ada banyak menu tersedia. Pilih “Campaign” kemudian klik “Create” untuk memulai membuat iklan.
Selanjutnya pengguna perlu memilih tujuan campaign terlebih dahulu. Di sana ada 3 opsi yaitu conversions, app install, dan traffic.
Penempatan Ads dan Targeting
Langkah berikutnya yaitu menentukan penempatan ads dan melakukan targeting pasar yang ingin pengguna jangkau. Di platform TikTok memungkinkan pengguna bisa memasang iklan di platform lain. Seperti News Republik, BuzzVideo, dan lain-lain. Isi nama tampilan, gambar, dan kategori yang paling relevan dengan iklan tersebut.
Poin penting selanjutnya adalah targeting. Kreator bisa mengatur audiens dari banyak aspek. Mulai dari umur, jenis kelamin, minat, dan banyak aspek lain yang bisa kreator tentukan di fitur ini.
Menentukan Anggaran Iklan
Tahap selanjutnya yaitu penentuan anggaran serta jadwal iklan tampil. Di TikTok Ads Manager konten kreator bisa menentukan ingin menampilkan iklan harian, mingguan, atau dalam kurun waktu tertentu.
Lama waktu ini nantinya akan berpengaruh pada budgeting iklan di platform tersebut. Sehingga kreator harus pandai-pandai memanajemen ads secara efektif dan efisien.
Beragam Jenis TikTok Ads
Platform short video ini menyediakan pilihan untuk pengiklan. Nah, yang pertama ada iklan berjenis In-Feed Video. Ads ini biasanya muncul di bagian bawah video. Harga jenis ads ini juga lebih terjangkau.
Kedua, ada Brand Takeover yang mana iklan dalam durasi beberapa detik akan mengambil layar sepenuhnya dari sebuah konten. Setelahnya, iklan akan hilang dan menjadi in-feed video.
Terakhir ada Hashtag Challenge yang biasanya muncul di halaman discovery. Iklan ini mendorong audiens untuk membuat video challenge yang sedang viral. Ini digunakan oleh banyak brand untuk media marketing yang efektif.
Jangkau Lebih Banyak Audiens dengan Membuat Video Iklan yang Menarik
Seperti halnya membuat konten TikTok pada umumnya, membuat video iklan di TikTok Ads Manager harus memperhatikan banyak sekali aspek penting. Tujuannya supaya membuat audiens tertarik mengklik iklan dan membeli produk yang bersangkutan.
Kreator perlu membuka video dengan hook yang persuasif. Hal ini supaya audiens tidak skip iklan tersebut. Sebab 2 sampai 3 detik pertama akan mempengaruhi audiens terhadap konten iklan tersebut.
Kemudian, buat video pendek dengan durasi paling panjang 1 menit saja. Akan jauh lebih efektif jika kurang dari itu, bisa 30 hingga 40 detik. Sebab, dialog yang terlalu panjang akan membuat iklan jadi tidak menarik.
Keuntungan Memanfaatkan TikTok Ads
Meskipun bukan tools baru, dengan basis pengguna yang besar, TikTok Ads jadi fitur yang sangat menguntungkan para brand. Di dalamnya tersedia ragam opsi yang memungkinkan mereka bisa menjangkau banyak audiens potensial. Sehingga bisa menjadi alat marketing efektif dan efisien.
TikTok Ads Manager memberikan banyak kemudahan brand dan para konten kreator untuk lebih berkembang. Khususnya dalam memasarkan suatu produk, jadi lebih mudah. Opsi lengkap dan biaya iklan terjangkau membuatnya efektif dalam menjangkau banyak audiens.