Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Kenali 8 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh Wajib Kalian Ketahui, Catat!

303
×

Kenali 8 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh Wajib Kalian Ketahui, Catat!

Sebarkan artikel ini
pisang

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan – Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh sudah banyak dikenal dan tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, buah pisang pun selalu dijadikan makanan yang bisa membantu mengembalikan sumber energi.

Di dalam buah pisang banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Diantaranya seperti tinggi akan magnesium, kalium, vitamin C, protein, serat dan berbagai nutrisi yang lainnya.

Baca juga: 4 Tips untuk Menciptakan Desain Website Keren dan Efektif

Selain itu, buah pisang pun memiliki rasa manis yang sangat lezat ketika dikonsumsi. Tak heran jika pisang selalu diubah menjadi berbagai jenis makanan seperti kue, jus sampai perasa makanan.

Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat dari buah pisang untuk kesehatan tubuh yang harus kamu kenali.

Berbagai Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat dari buah pisang yang bagus untuk tubuh dan bisa memulihkan energi, serta beberapa manfaat lainnya seperti berikut:

1. Membantu memulihkan otot

Buah pisang biasa dikenal menjadi makanan yang bagus untuk para atlet. Hal tersebut sebab sebagian besar dari kandungan karbohidrat dalam pisang mudah dicerna oleh tubuh dan ada kandungan magnesium dan kalium yang keduanya berguna menjadi elektrolit.

Ketika berolahraga tentunya tubuh bisa kehilangan elektrolit lewat keringat. Memasuk magnesium dan kalium dengan memakan buah pisang bisa mengurangi nyeri otot dan kram karena berolahraga.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Buah pisang merupakan buah yang tinggi akan serat. Oleh sebab itu, mengkonsumsi pisang diyakini bisa melancarkan pencernaan. Terdapat salah satu jenis serat yang ada di dalam buah pisang yaitu prebiotik.

Serat tersebut biasanya menjadi makanan untuk bakteri yang bagus untuk usus mu. Untuk itu, kamu bisa mengkonsumsi buah pisang setiap harus agar sistem pencernaan mu lancar.

3. Menurunkan berat badan

Belum ada riset yang menguji efek buah pisang secara langsung untuk menurunkan berat badan. Tetapi, buah yang satu ini memang mempunyai sejumlah kandungan yang dapat menjadikan nya sebagai buah yang ramah guna turunkan berat badan.

Salah satunya, buah pisang mempunyai kalori yang sangat sedikit. Rata-rata kalori di dalam buah pisang hanya sekitar 100 kalori saja, tetapi tetap mengenyangkan dan juga bergizi.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat dari buah pisang untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan organ jantung. Kalium merupakan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, khususnya manajemen tekanan darah.

Pisang merupakan sumber potasium yang baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi pisang setiap hari untuk sarapan pagi atau camilan agar bisa menjaga kesehatan jantung.

5. Meningkatkan gula darah

Buah pisang diyakini bisa meningkatkan gula darah di dalam tubuh. Karena pisang mengandung serat yang bisa mendemoderasi kadar gula darah mu sesudah makan. Tidak hanya itu, pisang juga bisa membantu mengelola nafsu makan dengan menghambat pengosongan perut mu.

Walaupun mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, buah berwarna kuning cerah ini tidak mengakibatkan lonjakan yang tinggi untuk gula darah pada seseorang yang masih sehat. Lalu, untuk penderita diabetes masih dapat menikmati pisang, tetapi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

6. Melawan radikal bebas

Manfaat buah pisang bagi kesehatan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan yaitu buah pisang bisa melawan berbagai radikal bebas. Hal tersebut terjadi karena buah pisang kaya akan antioksidan seperti amina dan flavonoid.

Antioksidan tersebut bermanfaat guna melawan berbagai macam radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan. Untuk kamu yang tidak alergi dengan buah pisang, maka kamu bisa mengkonsumsi nya untuk melawan radikal bebas.

7. Membantu kenyang lebih lama

Serat larut yang ada di buah pisang bisa membantu kamu tetap merasa kenyang. Hal ini bisa terjadi sebab kamu menambahkan jumlah yang banyak pada sistem pencernaan dan menghambat pencernaan. Tidak hanya itu, buah pisang pun rendah kalori bila dibandingkan dengan buah yang lainnya.

Gabungan dari tinggi serat dan rendah kalori di dalam buah pisang ini membuat pisang banyak dijadikan camilan yang sangat mengenyangkan dibandingkan makanan lain seperti makanan bergula dan makanan ringan olahan.

8. Menyehatkan ginjal

Kalium yang ada di dalam buah pisang sangat bermanfaat guna meningkatkan fungsi ginjal yang sehat dan juga mengelola tekanan darah. Menjadi sumber makanan potasium yang baik, pisang ini sangat bermanfaat guna menjaga kesehatan organ ginjal.