Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Jangan Khawatir! Begini 3 Cara Mengatasi HP Sering Mengalami Restart Sendiri Tanpa Disengaja

2059
×

Jangan Khawatir! Begini 3 Cara Mengatasi HP Sering Mengalami Restart Sendiri Tanpa Disengaja

Sebarkan artikel ini
penyebab hp mengalami restart

Cara Mengatasi HP Sering Mengalami Restart Sendiri – Pernahkah kamu mengalami kondisi di mana HP mengalami restart tanpa disengaja? Restart secara tiba-tiba ini mungkin membuatmu bingung, karena tak bisa menggunakannya dengan lancar dan akhirnya khawatir akan risiko kerusakan.

Restart atau mati sendiri sering kali di alami bagi para pengguna perangkat berbasis sistem operasi seperti komputer dan smartphone. Saya sendiri juga mengalami masalah yang sama. Tapi masalah tersebut saya alami pada komputer saya, bukan pada smartphone Android.

Baca juga: Jangan Panik, Berikut 3 Cara Membuka Pola HP yang Lupa dan Terkunci

Saat sedang mengakses internet tiba-tiba komputer saya langsung mati total, dan setelah saya cek ternyata komputer suhu terlalu panas (overheat).

Inilah Penyebab HP Android restart atau mati sendiri

Setiap orang tentunya memiliki masalah yang berbeda-beda, apa yang saya alami mungkin belum tentu sama dengan apa yang Anda alami. Faktor dari software juga bisa menjadi penyebab smartphone Android mengalami restart tiba-tiba. Untuk mengetahui penyebab dan solusinya, Anda bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Ada aplikasi yang mengalami kerusakan

Penyebab pertama bisa disebabkan karena aplikasi yang ada di dalam HP tersebut. Tidak semua aplikasi berjalan dan dikembangkan dengan baik, hingga akhirnya terjadilah kerusakan.

Kerusakan pada aplikasi ini ternyata berdampak pada HP. Salah satu masalah yang mungkin timbul adalah restart secara mendadak. Memang tidak akan ada dampak signifikan yang terjadi, tapi sebaiknya kamu dapat melakukan uninstall pada aplikasi yang berpotensi menimbulkan masalah.

2. Sistem operasi mengalami error

Setiap HP memang memiliki sistem operasinya tersendiri. Pada saat-saat tertentu, sistem operasi ini bisa saja tidak berjalan lancar, entah karena tidak diperbarui ataupun sudah kedaluwarsa.

Baca Juga:  4 Tips untuk Menciptakan Desain Website Keren dan Efektif

Sistem operasi yang bermasalah ini juga bisa membuat HP mengalami restart secara otomatis. Oleh sebab itu, lakukanlah pembaharuan sistem operasi secara berkala.

3. Overheat pada HP

HP yang digunakan secara berlebihan ternyata bisa memicu adanya overheatingSelain karena penggunaan berlebihan, kondisi yang ditandai dengan memanasnya suhu HP ini bisa terjadi karena pemakaian di bawah sinar matahari.

Kondisi ini biasanya akan secara otomatis membuat ponsel jadi mudah restart sendiri. Oleh sebab itu, jangan sampai HP mengalami overheating.

4. HP mengalami penurunan performa

HP merupakan benda elektronik yang juga memiliki batas usianya. Jika sudah terlalu usang dan tua, maka segala sistem dan performa di dalamnya juga akan menurun.

Penurunan performa ini ternyata akan berdampak pada kondisi HP, termasuk jadi sering restart sendiri. Hal seperti ini seolah menjadi sesuatu yang terjadi secara alami apabila HP memang sudah usang.

5. Sistem operasi terkena malware

Malware memang menjadi ancaman tersendiri bagi ponsel karena risikonya yang berbahaya. Ada banyak bagian yang bisa disusupi oleh malware, termasuk sistem operasi.

Sistem operasi yang disusupi oleh malware dapat menyebabkan masalah pada HP, seperti restart sendiri tanpa sengaja. Oleh sebab itu, selalu gunakan antivirus untuk mendeteksi keberadaan malware.

Ada beragam penyebab apabila ponsel mengalami restart sendiri tanpa disengaja. Kamu harus tahu penyebabnya terlebih dahulu sebelum mencari solusi. Segera atasi!

Cara mengatasi HP Android sering restart

Dari penyebab di atas tentunya Anda bisa berpikir mengenai permasalahan pada smartphone Android Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Bersihkan cache Android

Tips pertama, cobalah untuk membersihkan file cache pada sistem dan aplikasi terinstall. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan atau aplikasi pembersih dari pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play Store.

Baca Juga:  5 Aplikasi Scan Foto Terbaik di Android Yang Wajib Kalian Coba

Selain memperbaiki HP Android yang suka restart sendiri, cara ini juga efektif untuk mengatasi HP Android yang berat dan lemot.

2. Hapus aplikasi yang bermasalah / tidak kompatibel

Mungkin Anda merasa kesulitan membedakan mana aplikasi yang tidak kompatibel. Sederhana saja, jika ada aplikasi tertentu yang sedang mengalami error atau sering muncul pesan error seperti force close maka tandanya aplikasi tersebut bermasalah / tidak kompatibel.

Pikirkan apakah sebelumnya Anda telah menginstall aplikasi yang mencurigakan. Misalnya aplikasi hasil unduhan dari situs pihak ketiga (bukan dari Google Play Store).

3. Bersihkan memori internal

Penurunan performa dan masalah pada sistem Android dapat disebabkan oleh memori internal yang penuh. Hal ini beralasan karena sistem Android dan aplikasi terinstall juga membutuhkan ruang yang cukup untuk memproses semua data yang dibutuhkan.

Karena itulah apabila memori internal Anda penuh, sebaiknya hapus aplikasi dan simpanan data yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi.

Setidaknya sisakan 20% ruang penyimpanan kosong dari total kapasitas memori internal Anda. Untuk menghemat penggunaan memori internal, Anda bisa memindahkan data ke memori eksternal dan memanfaatkan layanan cloud storage (penyimpanan awan).

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas