Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Begini 3 Cara Cepat Menginstal HyperOS di Perangkat Xiaomi, Redmi dan Poco

496
×

Begini 3 Cara Cepat Menginstal HyperOS di Perangkat Xiaomi, Redmi dan Poco

Sebarkan artikel ini
HyperOS

Cara menginstal HyperOS untuk perangkat Xiaomi, Redmi, dan Poco – MIUI merupakan salah satu skin custom atau tampilan antarmuka Android yang sudah mengalami berbagai perubahan. Hingga kini, MIUI ini berkembang menjadi berganti nama menjadi HyperOS.

Namun, perlu Anda tahu, HyperOS bukan sekedar nama baru bagi MIUI. Xiaomi berupaya semaksimal mungkin untuk menghadirkan HyperOS ini agar lebih baik dengan membekali sejumlah fitur menarik.

Baca juga: Begini 2 Cara Mengaktifkan Jendela Mengambang di HP Oppo dan Xiaomi

3 Cara Menginstal HyperOS yang Bisa Dilakukan Mandiri

Kendati punya upgrade fitur menarik, sampai sejauh ini peluncuran HyperOS belum begitu bagus. Xiaomi cenderung lambat dalam memproses pembaharuan ini, menjadikan pengguna merasa kesal dan tidak sabaran.

Nah, bagi Anda yang ingin memperbarui perangkat ke HyperOS sebelum pembaharuan resmi meluncur, ada beberapa tahapannya. Langkah ini bisa Anda lakukan pada perangkat Redmi, Xiaomi, dan Poco.

1. Metode Local Upgrade

Pembaharuan perangkat lunak atau HyperOS ini rilis secara bertahap di semua negara. Kendati pembaharuan tersedia di suatu wilayah, perlu jangka waktu hingga mingguan untuk menjangkau semua pengguna ketiga perangkat tersebut.

Bilamana HyperOS meluncur untuk perangkat serupa di semua negara, maka Anda bisa mengunduh paket pembaruan secara manual. Dengan begitu, Anda turut bisa merasakan antarmuka terbaru ini. Berikut langkah-langkah penginstalannya.

  1. Pergi ke laman xiaomifirmwareupdater kemudian pilih perangkat Anda untuk mengecek ROM yang tersedia.
  2. Unduh ROM pemulihan HyperOS paling anyar. Pastikan daya ponsel setidaknya terisi 40 persen sebelum melakukan instalasi ROM.
  3. Cara menginstal HyperOS selanjutnya, buka menu Pengaturan dan klik pada menu Tentang Ponsel.
  4. Klik ikon titik tiga bagian kanan atas hingga menemukan Pilih Paket Pembaruan. Bilamana opsi Pilih Paket Pembaruan tidak Anda temukan, ketuk logo versi MIUI 7-10 berulang kali.
  5. Kemudian ketuk opsi Pilih Paket Pembaruan, pilih ROM yang Anda unduh dan instal.
  6. Tunggulah proses instal ROM selesai dan HyperOS terpasang di perangkat Anda.
Baca Juga:  Waspada! 2 Kenali Efek Virus Trojan di Android, Dapat Membobol Rekening Bank

2. Periksa Pembaruan secara Manual 

Perangkat, baik smartphone maupun tablet kerap tidak memberikan notifikasi bila ada pembaruan yang tersedia. Maka dari itu, cara menginstal HyperOS ini bisa Anda lakukan dengan mengecek pembaruan secara manual.

Ketimbang cara yang nomor satu, upaya ini lebih simpel dan mudah pengguna ikuti. Cara mengecek pembaharuan HyperOS dan menginstalnya adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi Setting atau Pengaturan ponsel Anda.
  2. Scroll ke bawah hingga ketemu menu Tentang Ponsel. Ketuk bagian tersebut.
  3. Tap pada versi MIUI dan cek apakah pembaharuan HyperOS sudah tersedia di perangkat Anda atau belum.

Bilamana pembaharuan belum tersedia, tidak perlu khawatir. Masih ada satu lagi cara yang bisa Anda coba. Pastikan menyimak langkahnya dengan baik.

3. Melalui Laptop atau PC

Jika Anda sudah mempunyai ROM fastboot, Anda membutuhkan komputer untuk proses penginstalannya. Bilamana belum mempunyai ROM fastboot, unduh terlebih dahulu melalui web pihak ketiga.

Sebut saja seperti xiaomifirmwareupdater.com atau hyperosupdates.com. Kunjungi laman tersebut, pilih perangkat Anda dan unduh ROM fastboot terbaru.

Selanjutnya, setelah berhasil mengunduh ROM fastboot, lakukan langkah berikut untuk menginstalnya.

  1. Matikan perangkat Anda, selanjutnya menekan dan menahan tombol volume bawah serta tombol daya untuk membawa perangkat Anda ke dalam Mode Fastboot.
  2. Jika sudah ke Mode Fastboot, cara menginstal HyperOS selanjutnya adalah hubungkan ke PC atau laptop memakai kabel USB.
  3. Unduhlah Xiaomi Flash Tool kemudian ekstrak. Jika Xiaomi Flash Tool tersebut tidak berfungsi di laptop atau PC Anda, cobalah menggunakan tool lain seperti XiaoMiTool V2.
  4. Buat folder baru untuk lokasi mengekstrak Xiaomi Flash Tool dan alihkan ROM fastboot ke folder tersebut.
  5. Luncurkan file executable Xiaomi Flash Tool dengan cara mengklik dua kali.
  6. Jika sudah, pilih opsi simpan data pengguna di  bagian bawah Xiaomi Flash Tool. Berikutnya, klik flash untuk mem-flash ROM fastboot.
  7. Untuk proses dan hasil dari cara unduh dan menginstal HyperOS ini bisa Anda lihat di window yang sama. Nantinya juga akan muncul perangkat di tabel dengan rangkaian huruf dan angka acak.
  8. Namun, jika tidak muncul demikian, pilih menu Lainnya dan klik Instan untuk memastikan driver yang dibutuhkan tidak hilang.
  9. Bilamana proses flashing sudah berhasil, tutup Xiaomi Flash Tool dan putus sambungan perangkat Anda dari PC atau laptop.
  10. Kini, pengalaman selancar dengan HyperOS sudah bisa Anda nikmati.
Baca Juga:  Cara Mengaktifkan 3D Touch Android dengan Mudah Tanpa Root 2023

Itulah 3 cara menginstal HyperOS yang bisa pengguna ikuti. Kendati perangkat belum resmi menerima pembaharuan HyperOS, Anda tetap bisa merasakannya asal pihak Xiaomi sudah merilisnya di wilayah lain.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas