Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 4 Penyebab V Belt Motor Sering Putus, Begini Solusi dan Efeknya

592
×

Inilah 4 Penyebab V Belt Motor Sering Putus, Begini Solusi dan Efeknya

Sebarkan artikel ini
V Belt Motor

Penyebab V Belt Motor Sering Putus – Penyebab v belt motor sering putus harus jadi perhatian pecinta otomotif. Dengan tahu penyebab kenapa v belt sering putus, sama saja berupaya untuk merawat motor. Untuk mengetahui pembahasan lengkap seputar komponen kendaraan tersebut, Anda bisa cermati uraian di bawah ini.

Penyebab V Belt Motor Sering Putus dan Solusinya

V belt adalah salah satu komponen penting di sepeda motor yang menerapkan sistem transmisi otomatis. Dari pengertian tersebut, v belt memiliki fungsi tersendiri.

Pada dasarnya, peranannya seperti halnya rantai motor. Komponen ini berperan penting dalam menghubungkan pulley depan dengan pulley belakang.

Baca juga: Inilah 7 Cara dan Tips Merawat Motor Injeksi yang Tepat Agar Performanya Tetap Terjaga

Hanya saja, kurangnya perawatan seringkali membuat pengguna terlena sehingga tidak memperhatikan kondisi v belt. Karena hal itu, banyak permasalahan yang sering menimpa komponen tersebut.

Adapun salah satu permasalahannya yakni v belt sering putus. Masalah putusnya v belt ini memiliki berbagai penyebab. Untuk menyelesaikan masalah v belt, Anda perlu tahu apa penyebabnya terlebih dahulu.

1. Beban Bawaan

Salah satu penyebabnya bisa dari beban atau barang bawaan. Komponen ini bisa mengalami penurunan fungsi apabila Anda gas sepeda motor secara maksimal padahal sedang membawa beban berat.

Jika memaksakan hal tersebut, v belt bisa putus. Terlebih lagi ketika Anda melewati medan jalan yang menanjak. Untuk itu, Anda perlu membawa beban bawaan yang memang sesuai dengan spesifikasi ataupun kapasitas motor.

2. Pulley Seret

Penyebab v belt motor sering putus lainnya bisa Anda ketahui dari komponen pulley. Pada dasarnya, pulley yang seret bisa menurunkan kualitas v belt.

V belt bisa lebih cepat aus sehingga jangan heran jika sewaktu-waktu putus. Pulley bisa seret karena biasanya kondisi grease (gemuk) sudah terlalu kering.

Baca Juga:  Lupa Matiin Lampu Mobil, Ketahui Dampak dan 4 Tipsnya

Kondisi tersebut menyebabkan gerak buka tutupnya jadi tidak lancar. Untuk masalah ini, bisa Anda atasi dengan mengganti komponen pulley.

3. Kondisi Jalan

Tak banyak pecinta otomotif yang tahu bahwa kondisi jalan ternyata juga mempengaruhi kinerja v belt. V belt bisa putus apabila melewati medan jalan yang aksesnya kurang baik.

Masalah ini juga semakin mengancam keselamatan Anda dalam berkendara apabila melewati jalanan yang sering menanjak. Untuk itu, sudah semestinya Anda berhati-hati ketika mengendarai sepeda motor di tanjakan.

4. Gaya Berkendara

Gaya berkendara juga bisa mempengaruhi performa v belt. Komponen ini bisa lebih sering putus jika Anda menerapkan gaya berkendara suka betot gas.

Gaya berkendara tersebut tidak lain adalah membuka throttle gas dengan spontan. Mengetahui hal itu, sudah semestinya Anda tidak membiasakan hal buruk tersebut demi memperpanjang usia pakai v belt.

Efek V Belt Motor Putus

Setelah mengetahui apa saja penyebab dan solusinya, Anda juga perlu memahami sebenarnya bagaimana efek atau bahaya dari v belt motor yang putus. Berikut sejumlah bahayanya.

1. Kehilangan Tenaga Laju

Ketika v belt motor putus, sudah pasti kehilangan tenaga lajunya. Motor sama sekali tidak bisa melaju sebagaimana keinginan pengendara.

Tidak mengherankan karena motor tak lagi memiliki penghantar tenaga. V belt juga tak lagi bisa menghubungkan pulley depan serta belakangnya seperti biasanya.

Untuk penyebab v belt motor sering putus ini, Anda harus segera menggantinya. Jikalau belum memiliki keahlian untuk ganti v belt, Anda bisa percayakan kepada bengkel berkualitas.

2. Menurunkan Kualitas Komponen Lain

V belt yang putus juga berpengaruh terhadap komponen lain yang ada di sistem transmisi CVT motor. Masalah v belt tersebut bisa merambat ke komponen-komponen yang lainnya.

Terlebih lagi jika Anda membiarkannya begitu saja. Oleh sebab itu, jangan tunda-tunda untuk segera perbaiki v belt.

Baca Juga:  3 Cara Menaikan Viewer Youtube, Setting Ini View Langsung Meledak

Usai memperbaikinya, Anda juga jangan sampai lupa untuk mengecek komponen lain. Misalkan Anda tak deteksi kerusakan sejak awal, maka permasalahannya bisa kian parah.

Masalah v belt ini jelas mengganggu kenyamanan sekaligus keamanan Anda selama berkendara. Untuk itu, jangan menganggap sepele masalah v belt yang sering putus ini.

Penyebab v belt motor sering putus perlu Anda perhatikan sebaik mungkin. Dengan tahu pemicunya, Anda pasti lebih mudah dalam perbaikannya. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat terbebas dari masalahnya. Perjalanan pun jadi kembali nyaman karena v belt tidak lagi bermasalah.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas