Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Gampang! Begini 2 Cara Screenshot Panjang di iPhone, Dapat Full Page

489
×

Gampang! Begini 2 Cara Screenshot Panjang di iPhone, Dapat Full Page

Sebarkan artikel ini
Screenshot Panjang di iPhone

Begini Cara Screenshot Panjang di iPhone – Cara screenshot panjang di iPhone bisa Anda lakukan secara mudah. Dengan cara screenshot panjang, maka informasi apapun yang tampil di iPhone Anda bisa terlihat full. Menariknya lagi, tutorial HP ini sangatlah beragam sehingga kian menguntungkan Anda.

Cara Screenshot Panjang di iPhone Dengan Mudah

Untuk menyimpan informasi, baik itu tulisan, gambar, atau hal lainnya di iPhone, bisa Anda lakukan dengan cara tangkap layar. Perihal screenshot di iPhone sendiri, ada berbagai jenis.

Salah satunya ialah screenshot panjang. Apa itu screenshot panjang? Tipe screenshot yang juga terkenal dengan sebutan long screenshot ini memungkinkan gambar yang tertangkap tak hanya di area layar saja.

Pemilik iPhone juga bisa menangkap gambar hasil tangkapan layar dengan cara menggulirkannya ke bawah. Dengan begitu, tampilan screenshot jadi utuh tanpa ada yang terpotong.

Baca juga: Touch ID iPhone Rusak? Jangan Perbaiki Sembarang Tempat, Inilah 4 Cara Mengatasinya

Tutorial Long Screenshot

Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti cara screenshot panjang iPhone di bawah ini. Dengan langkah yang mudah, Anda bisa menyimpan seluruh informasi dalam satu gambar.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah mengambil screenshot di halaman tertentu sesuai keinginan.
  2. Kemudian gunakan tombol Home dan Power atau tombol samping secara bersamaan. Tekan dan tahan tombol tersebut.
  3. Setelah itu, Anda bisa klik Preview yang ada di sudut kiri bawah saat screenshot sudah berhasil tertangkap.
  4. Langkah berikutnya, Anda bisa memilih menu Full Page.
  5. Dari sini Anda bisa mengeditnya dengan menu yang ada di samping kanan ataupun bawah.
  6. Apabila Anda sudah yakin dengan hasil screenshotnya, maka bisa langsung menyimpan dengan klik Save PDF Ke File.
  7. Selanjutnya, Anda pilih saja menu yang ada di iPhone.
  8. Bukalah aplikasi file di iPhone.
  9. Lalu masuk ke menu iPhone untuk mengecek hasil screenshot yang Anda lakukan tadi.
  10. Anda bisa lanjutkan dengan membuka sekaligus menyeret gambar ataupun file PDF ke sisi bawah. Hal ini memungkinkan Anda bisa melihat gambar satu halaman penuh.
  11. Khusus untuk Anda yang ingin membagikan hasil screenshot, maka bisa menyentuh dan tahan filenya. Lalu klik Bagikan dengan bentuk file PDF.
Baca Juga:  Inilah 6 Cara Menghilangkan Tanda Petir di HP Samsung dengan Mudah, Ketahui Penyebabnya

Perlu untuk Anda ketahui bahwa cara di atas berlaku pada iPhone dengan seri 5 sampai 8. Selain itu, iPhone SE dan SE 2 juga bisa menggunakan cara di atas.

Sementara untuk iPhone X maupun seri terbaru, maka bisa gunakan kombinasi tombol berupa Volume Atas dan Power. Bisa juga menggunakan kombinasi tombol Volume Atas dan tombol samping.

Aplikasi Screenshot Panjang iPhone

Selain mencoba cara di atas, Anda juga bisa melakukan tangkapan layar panjang iPhone dengan memanfaatkan aplikasi tambahan. Adapun salah satu pilihan aplikasinya yaitu StitchPics-Stitch Screenshot.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, anda bisa download dari App Store. Sebelum memanfaatkannya, Anda juga perlu menginstalnya di perangkat iPhone terlebih dahulu.

Tak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi ini karena terbukti mampu memberikan hasil screenshot panjang sesuai keinginan Anda. Semakin menguntungkan karena aplikasi ini memiliki rating yang baik di App Store sebagai tanda kualitasnya memang unggulan.

Penyebab iPhone Tidak Bisa Screenshot Panjang

Berkaitan dengan cara screenshot panjang di iPhone, nyatanya ada beberapa pengguna yang kesulitan dalam melakukannya. Hal ini karena iPhone tidak bisa melakukan tangkap layar panjang sesuai dengan keinginan maupun kebutuhannya padahal sudah mencoba semua tutorial yang ada.

Apabila Anda juga mengalami hal tersebut, maka bisa ketahui penyebabnya terlebih dahulu. Pada umumnya, masalah ini bisa terjadi karena sistem operasi yang Anda gunakan.

Untuk iPhone yang memiliki iOS kurang dari 14, maka membutuhkan aplikasi pihak ketiga agar bisa melakukan long screenshot. Namun untuk perangkat dengan iOS 14 atau versi terbaru, bisa melakukannya dari pengaturan screenshot iPhone tanpa aplikasi tambahan.

Selain itu, iPhone juga tak bisa screenshot panjang jika tidak memiliki ruang penyimpanan yang lega. Oleh karena itu, pastikan dulu kapasitas atau ruang penyimpanan di perangkat Anda masih memadai.

Baca Juga:  Deretan HP Oppo Kamera Depan 16MP, Kontenmu Bakal Makin Menarik

Setelah menyimak uraian di atas, Anda bisa tahu bagaimana cara screenshot panjang di iPhone. Jangan ragu untuk melakukannya agar bisa mendapatkan tampilan informasi full page di satu gambar. Hal ini jelas lebih praktis dan tak memenuhi kapasitas penyimpanan perangkat.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas