Scroll untuk baca artikel
Politik

Dana Kampanye PDIP di Bangka Tengah Terbanyak, Sembilan Partai Lainnya 0 Rupiah

379
×

Dana Kampanye PDIP di Bangka Tengah Terbanyak, Sembilan Partai Lainnya 0 Rupiah

Sebarkan artikel ini
IMG 20240115 WA0010
Foto: Komisioner KPU Bangka Tengah, Yandi.

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menempati posisi teratas dengan jumlah dana kampanye terbesar di Bangka Tengah berdasarkan pelaporan di KPU.

Pada pemilu 2024 ini, partai berlambang kepala banteng itu memiliki jumlah dana kampanye sebesar Rp 266 juta diikuti oleh partai Gerindra sebesar Rp 146 juta, PAN Rp 75 juta, PKB Rp 38 juta, Golkar Rp 25 juta, Gelora Rp 5,5 juta, PKS Rp 1,3 juta dan Hanura Rp 825 ribu.

Komisioner KPU Bangka Tengah, Yandi mengatakan ada 16 partai yang berpartisipasi dan melaporkan dana kampanyenya. Namun ia juga menegaskan ada 9 partai yang melaporkan dana kampanyenya hanya Rp 0.

“Kami telah mendapatkan laporan dana kampanye dari semua partai politik di Bangka Tengah. Selain PDIP yang melaporkan jumlah dana kampanye sebesar 266 juta, sembilan partai lainnya melaporkan 0 rupiah,” kata Yandi kepada wartawan.

Ia juga mengatakan dari penyataan PDIP, dana kampanye itu merupakan sumbangan sukarela simpatisan dan kader partai calon legislatifnya.

“Mereka juga menegaskan bahwa dana kampanye tersebut akan digunakan untuk kepentingan yang sah dan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkap Yandi.

Yandi menambahkan bahwa laporan dana kampanye ini masih merupakan laporan awal dan dapat berubah seiring dengan berjalannya masa kampanye yang berlangsung hingga tanggal 10 Februari mendatang.

“KPU Bangka Tengah akan terus memantau dan memastikan bahwa pelaporan dana kampanye partai politik tetap transparan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Yandi.

Dalam pemilihan umum di Bangka Tengah ini, partai politik akan bersaing untuk memperebutkan 30 kursi di legislatif, 6 kursi legislatif provinsi.

“KPU Bangka Tengah akan terus mengawasi dan memastikan proses pemilihan umum berjalan dengan lancar dan adil serta menghimbau agar masyarakat menggunakan hak suaranya dengan baik,” tutupnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas