Scroll untuk baca artikel
Opini

Dampak Positif dan Negatif AI

285
×

Dampak Positif dan Negatif AI

Sebarkan artikel ini
20230606 85601
Foto: Dwi Octavia Br. Simanjuntak.

Dwi Octavia Br. Simanjuntak Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan teknologi yang memungkinkan mesin atau komputer untuk berfikir dan belajar seperti yang di lakukan manusia. Tujuan AI adalah supaya sistem komputer dapat memecahkan masalah, berprilaku sama seperti manusia. Saat ini sudah banyak teknologi AI yang digunakan dalam berbagai sektor, misalnya transportasi, analisis data sampai dibidang keuangan. Ditengah perkembangan teknologi AI saat ini pasti memiliki dampak baik positif maupun negatif. Berikut dampak positif dan negatif dari teknologi AI.

Dampak Positif

Meningkatkan Efisiensi

Dengan menggunakan teknologi AI, dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat serta dapat membantu mengurangi kesalahan manusia, dan dapat menghemat waktu dan biaya bagi perusahaan.

Membantu Mengambil Keputusan

Teknologi AI yang canggih dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat untuk mengurangi terjadinya masalah.

Membantu Mengerjakan Pekerjaan Yang Berulang- Ulang

Dengan adanya AI, dapat membantu mengerjakan pekerjaan yang berulang-ulang dengan lebih efektif. Misalnya dalam mengecek kondisi produk, atau memasukkan data kedalam sistem.

Dampak Negatif AI

Menggantikan Pekerjaan Manusia

AI memang dapat membantu dalam mengerjakan tugas manusia, akan tetapi apabila semua pekerjaan sudah di ambil alih olah mesin, akan banyak manusia yang kehilangan pekerjaannya dan banyak mengalami pengangguran.

Privasi Dan Keamanan

Sistem AI yang dapat menyimpan berbagai data dapat mengancam privasi data pribadi karena AI tidak memperhatikan privasi data yang bisa saja di sebabkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab seperti cyber-crime.

Menurunnya Interaksi Sosial

Jika nanti pekerjaan-pekerjaan banyak sudah digantikan oleh mesin, maka akan semakin sedikit terjadinya interaksi sosial di tengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat Indonesia yang memiliki interaksi sosial yang tinggi.

Ketergantungan Terhadap Teknologi

Ketergantungan terhadap teknologi membuat manusia menjadi kehilangan keterampilan dan menggali potensi diri yang sebenarnya ada dalam diri manusia.

Dari dampak positif maupun negatif diatas dapat kita simpulkan bahwa dengan adanya teknologi AI ini dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih cepat dan efisien. Bahkan perkembangan AI ini pun merupakan perkembangan yang baik di bidang industry teknologi yang dapat meningkatkan ekonomi digital. Dengan perkembangan AI saat ini diharapkan manusia dapat menggali skill yang lebih dari pada kemampuan AI, sehingga perkembangan AI ditengah-tengah manusia tidak menjadi sebuah ketakutan, melainkan dapat saling melengkapi dalam sebuah pekerjaan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas