Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Begini 7 Cara Mengaplikasikan Foundation untuk Pemula dengan Hasil yang Maksimal

540
×

Begini 7 Cara Mengaplikasikan Foundation untuk Pemula dengan Hasil yang Maksimal

Sebarkan artikel ini
foundation

Cara Mengaplikasikan Foundation untuk Pemula – Cara mengaplikasikan foundation cukup mudah. Hanya dengan beberapa cara, Anda bisa mengaplikasikan foundation secara tepat. Foundation merupakan salah satu jenis make up yang dapat memaksimalkan riasan wajah.

Cara Mengaplikasikan Foundation dengan Tepat

Bagi pemilik wajah kering, seringkali merasa kesulitan saat menggunakan foundation. Kondisi wajah yang kering, membuat foundation tidak menempel secara merata.

Untuk itulah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan supaya pengaplikasian foundation tampak maksimal.

Baca juga: 7 Manfaat Olahraga Panjat Tebing untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Tertarik Mencoba?

1. Pilih Foundation yang Tepat

Untuk tahap pertama, pilih foundation yang tepat dan sesuai jenis kulit. Jika Anda adalah pemilik kulit wajah kering, pilih foundation dengan basis minyak, sehingga kulit tampak lembab.

Bisa juga menggunakan foundation jenis liquid. Selain membuat kulit terlihat lembab, membantu proses make up semakin mudah.

Stick foundation cocok untuk kulit kering karena bisa membuat tekstur kulit terlihat semakin jelas. Sedangkan mineral powder foundation memiliki bentuk bubuk yang bisa digunakan untuk pemilik kulit sensitif cenderung berjerawat.

Sedangkan matte foundation merupakan pilihan tepat untuk jenis kulit berminyak karena mampu menahan minyak. Hal ini membuat kulit lebih flawless ketika menggunakan make up.

Pemilik kulit kering juga bisa menggunakan dewy foundation karena mampu membuat kulit terlihat lebih lembab dan tampak sehat terawat.

2. Bersihkan Wajah dengan Benar

Setelah memilih jenis yang tepat, cara mengaplikasikan foundation selanjutnya, yakni dengan membersihkan wajah secara menyeluruh. Wajah yang kotor, memicu terjadinya masalah pada kulit.

Bersihkan debu, kotoran, noda yang menempel pada wajah dengan menggunakan milk cleanser atau micellar water. Anda bisa menerapkan double cleanser dengan mencuci wajah menggunakan facial foam.

Baca Juga:  Ketahui 3 Manfaat Buah Ketapang, Mencegah Malnutrisi dan Menjaga Tulang

Setelah itu, keringkan wajah dengan tisu atau kain bersih. Untuk mengembalikan pH kulit, jangan lupa pakai toner. Pemilihan toner, juga harus Anda sesuaikan dengan jenis kulit, supaya hasilnya lebih optimal.

3. Gunakan Pelembab

Setelah menggunakan toner, kini ke step berikutnya, yakni pengaplikasian pelembab. Bagi pemilik kulit wajah kering, jangan sampai lupa menggunakannya.

Pilih saja pelembab yang ringan supaya tidak merusak riasan Anda. Selain itu, dapat mencegah produksi minyak berlebih dan timbulnya jerawat.

Pelembab juga berperan penting untuk menghidrasi kulit. Anda bisa memilih pelembab berjenis krim dengan konsentrasi yang cukup tebal.

4. Aplikasikan Foundation

Cara mengaplikasikan foundation untuk kulit kering bisa menggunakan tangan. Bukan tanpa alasan, menggunakan jari saat mengaplikasikannya membuat foundation lebih mudah menyatu dengan kulit.

Selain itu, minyak alami serta suhu tubuh yang berasal dari jari membuat foundation menempel dengan sempurna. Menggunakan jari untuk meratakan foundation memang gampang-gampang susah.

Bila Anda pemula atau baru pertama kali belajar make up, bisa memanfaatkan beauty sponge yang sedikit basah. Caranya, rendam terlebih dahulu beauty sponge ke dalam air.

Agar tidak mengandung banyak air, peras beauty sponge tersebut. Trik semacam ini memudahkan Anda. Bahkan, cara ini bisa Anda terapkan pada foundation full coverage sekalipun.

5. Menggunakan Contour

Langkah selanjutnya, yakni menggunakan contour. Contour berfungsi untuk membuat garis tegas pada area wajah. Misalnya saja tulang hidung, dagu, dan tulang pipi. Contour diaplikasikan setelah menggunakan foundation.

Supaya area wajah semakin jelas, Anda juga bisa mengaplikasikan color corrector. Color corrector dapat berfungsi menutupi noda yang tidak bisa tertutup dengan foundation.

6. Menggunakan Bedak

Cara menggunakan foundation yang tak kalah penting, yakni menggunakan bedak. Bedak dan foundation memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu meratakan warna kulit wajah.

Baca Juga:  Inilah 11 Manfaat Buah Kiwi yang Kaya Antioksidan dan Nutrisi

Selain itu, membuat foundation menempel dengan sempurna. Make up Anda pun terlihat lebih flawless. Setelah bedak, Anda bisa menggunakan make up lainnya, seperti lipstik dan eye make up.

7. Selesaikan Rangkaian Make Up dengan Spray

Langkah terakhir, yakni menggunakan spray sebagai finishing. Spay yang telah Anda semprotkan ke wajah berfungsi untuk menjaga make up supaya tidak bergeser, tahan lama, dan tidak mudah luntur.

Itulah tadi beberapa cara mengaplikasikan foundation yang bisa Anda terapkan. Jika Anda masih pemula dalam dunia make up, melalui informasi ini bisa dijadikan acuan untuk menambah skill.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas