Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

7 Manfaat Olahraga Panjat Tebing untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Tertarik Mencoba?

594
×

7 Manfaat Olahraga Panjat Tebing untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Tertarik Mencoba?

Sebarkan artikel ini
panjat tebing

Manfaat Olahraga Panjat Tebing untuk Kesehatan – Suka olahraga yang menantang? Panjat tebing adalah salah satu yang bisa Anda coba. Olahraga ini memang memerlukan keahlian khusus. Namun, tidak ada salahnya Anda mencobanya dengan didampingi oleh profesional yang berpengalaman.

Tidak hanya sekadar memacu adrenalin saja, olahraga yang dikenal juga dengan rock climbing ini punya banyak manfaat. Apa sajakah? Simak sampai tuntas, Sobat Intrik!

Baca juga: 7 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Mood

Manfaat Olahraga Panjat Tebing

Ada beberapa manfaat olahraga rock climbing, tidak hanya bagi kesehatan fisik saja, tetapi juga membuat psikis menjadi lebih tangguh.

1. Meningkatkan Massa Otot dan Stamina

Manfaat pertama yang bisa dirasakan adalah massa otot akan meningkat dan membuat fisik lebih kuat. Sebab, ketika Anda memanjat, maka seluruh otot dalam tubuh bekerja lebih keras hingga titik maksimal.

Terlebih lagi jika dilakukan secara rutin dan berkala, massa otot pun akan meningkat lebih cepat. Begitu pun dengan stamina tubuh juga dapat meningkat. Sehingga, bagian penting dari tubuh Anda seperti tulang dan otot menjadi lebih kuat.

2. Membakar Kalori yang Efektif

Sama halnya olahraga lain seperti lari, panjat tebing juga efektif membakar kalori di dalam tubuh. Sebagian orang beranggapan jika rock climbing menjadi olahraga untuk melatih kardio tanpa harus monoton.

Adapun jumlah kalori yang terbakar memang tergantung pada tingkat kesulitan medan. Lalu, berdasarkan intensitas yang dilakukan hingga kecepatan saat memanjat. Biasanya, tingkat rata-rata kalori yang terbakar ketika melakukan olahraga ini setidaknya sekitar 400 kalori dalam kurun waktu 30 menit.

3. Melatih dan Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Inti dari olahraga panjat tebing adalah kekuatan tubuh. Dengan semakin sering Anda melakukan latihan, maka massa otot akan tumbuh dan terlatih. Sehingga, keseimbangan tubuh pun akan terbentuk.

Seseorang yang melakukan panjat tebing secara berkala dapat menyejajarkan tubuh bagian atas dan bawah. Di samping itu, koordinasi antar anggota tubuh menjadi lebih baik dan sinkron. Mulai dari koordinasi tangan, kaki, mata, hingga pikiran secara bersamaan.

4. Mencegah Penyakit Kronis dan Melatih Organ Jantung

Tak cukup sampai di situ saja, olahraga memanjat dapat mencegah penyakit kronis pada seseorang. Bahkan, saat seseorang melakukan panjat tebing selama 20 menit maupun lebih, ini bisa membantu dalam menurunkan potensi dari penyakit kronis seperti diabetes tipe-2 dan hipertensi.

Kemudian, detak jantung menjadi lebih cepat. Ini akan membuat kalori terbakar lebih banyak. Kondisi paru-paru pun menjadi lebih sehat. Disebutkan dalam British Journal of Sport Medicine, olahraga ini mampu meningkatkan kesehatan paru-paru sama halnya dengan olahraga lain seperti lari dengan kecepatan sedang.

5. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Selain meningkatkan kesehatan fisik, panjat tebing memiliki manfaat baik bagi kesehatan mental. Khususnya mengurangi tingkat stres yang tinggi dan kecemasan. Hal itu karena aktivitas ini meningkatkan komunikasi pada sistem kardiovaskular dengan organ lain. Lalu juga meningkatkan produksi senyawa kimia neuromodulator norepinefrin untuk mengatasi stres.

Begitu pula dengan kecemasan tinggi hingga tahapan depresi. Ini seperti ditulis dalam BMC Psychiatry. Hal yang sama juga pernah dipublikasikan dalam Perceptual and Motor Skills, dimana melakukan pengujian pengidap kecemasan untuk melakukan panjat tebing dalam waktu tiga bulan. Alhasil, tingkat kecemasan mereka pun mengalami penurunan.

6. Meningkatkan Percaya Diri dan Mengurangi Rasa Takut

Bagi orang yang pertama kali melakukan panjat tebing, tentu muncul rasa takut. Namun, lambat laun, rasa takut ini menurun saat Anda melawannya ketika berada di ketinggian. Secara tidak langsung, aktivitas fisik ini dapat mengurangi kecemasan somatik maupun kognitif.

Ini membuat seseorang lebih percaya diri. Apalagi saat Anda mencapai puncak ketinggian. Semakin sering berlatih, rasa percaya diri pun semakin meningkat. Dengan percaya diri yang baik, ini akan membantu Anda dalam mencapai apa yang diinginkan dan menjalani proses tanpa ragu.

7. Meningkatkan Memori Otak dan Melatih Kesabaran

Manfaat panjat tebing yang terakhir adalah dapat meningkatkan memori otak. Saat memanjat Anda diharuskan untuk berkonsentrasi dalam menentukan langkah selanjutnya. Jika sedikit saja Anda kehilangan fokus, bukan hanya salah langkah, bahkan bisa tergelincir atau terjatuh.

Otak yang lebih fokus dan konsentrasi baik langsung dan tak langsung akan meningkatkan memori otak. Di sisi lain, juga meningkatkan kesabaran seseorang. Sebab, pada awalnya Anda akan mengalami kegagalan dalam mencoba. Namun, dengan kesabaran dan terus berlatih akan membuat Anda terbiasa. Tentu hal seperti ini akan terbawa di kehidupan sehari-hari.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas