Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

7 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Mood

247
×

7 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Mood

Sebarkan artikel ini
air putih

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan – Air merupakan komponen penting bagi tubuh manusia, selain untuk menjaga tubuh agar tidak terjadi dehidrasi saat beraktivitas. Penting bagi kita untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter di setiap harinya. Berikut manfaat mengkonsumsi air putih bagi kesehatan di tubuh kita:

Baca juga: 4 Manfaat Air Kelapa Muda, Baik Untuk Kesehatan dan Awet Muda

Manfaat Mengkonsumsi Air Putih Bagi Kesehatan

1. Mencegah Dehidrasi di Tubuh

Dehidrasi atau biasa disebut dengan kekurangan cairan tubuh dapat berbahaya untuk kinerja pada organ tubuh. Saat kondisi dehidrasi tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, kejang, dan syok yang dapat membahayakan nyawa.

2. Menyehatkan Pencernaan dalam Tubuh

Kesehatan dalam pencernaan juga dipengaruhi oleh asupan cairan di dalam tubuh. Jika asupan cairan kurang maka yang akan terjadi adalah susah BAB atau sembelit. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan meminum air putih yang cukup.

3. Dapat Menjaga Konsentrasi

Kekurangan cairan pada tubuh akan berdampak pada terganggunya fungsi di otak, salah satunya yaitu kemampuan untuk fokus dan konsentrasi. Maka dari itu dianjurkan untuk mengonsumsi air putih, agar otak kita dapat berfungsi secara optimal.

4. Baik Untuk Perawatan Kulit

Kurangnya meminum air putih dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering. Oleh karena itu, penting diri kita untuk menjaga cairan yang ada dalam tubuh agar kulit kita terhidrasi. Meminum air putih yang cukup juga dapat menjaga kelembapan bibir dan kulit kita.

5. Dapat menurunkan berat badan

Mengonsumsi air putih diketahui dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentunya berdampak pada menurunnya berat badan.

Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

6. Mencegah batu ginjal

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum air putih yang cukup mencegah terbentuknya batu ginjal atau kambuhnya penyakit batu ginjal pada orang yang sebelumnya pernah menderita penyakit tersebut.

Hal ini karena asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal.

7. Meningkatkan Stamina

Tubuh membutuhkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sumber energi tidak hanya diperoleh dari makanan. Konsumsi air putih yang cukup juga dapat membuat tubuh tidak mudah lemas selama bergerak dan beraktivitas.

Berikut ini adalah waktu-waktu yang tepat untuk minum air putih:

  1. Minum satu atau dua gelas di pagi hari setelah bangun tidur.
  2. Minum satu gelas setengah jam sebelum makan.
  3. Minum satu gelas ketika merasa lelah.
  4. Minum lebih banyak sebelum dan setelah berolahraga.
  5. Minum air sebelum tidur.
  6. Minum lebih banyak ketika sakit.

Selain untuk mencukupi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh, alangkah baiknya juga menjalani pola hidup yang sehat seperti berolahraga, tidur dengan cukup waktu, dan mengendalikan stress.

Tips agar Kebutuhan Cairan Tubuh Tetap Terpenuhi:

Untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap hari adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini karena kekurangan cairan diketahui dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Tubuh yang kekurangan cairan umumnya ditandai dengan rasa sering haus dan urine yang dikeluarkan berwarna lebih gelap dari biasanya. Selain itu, bisa merasa pusing, sakit kepala, lemas, serta mulut dan bibir terasa kering.

Berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi:

  • Biasakan minum air putih setiap waktu makan, sebelum tidur, dan saat bangun tidur
  • Makan buah-buahan dengan kandungan air tinggi
  • Mengonsumsi sayuran yang mengandung banyak air
  • Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas setiap saat, sehingga lebih mudah untuk menjaga asupan

Dapat diketahui, ternyata minum air putih saat bangun tidur terbukti ampuh dalam menjaga kebugaran dan kesehatan. Bahkan jauh sebelum hal ini menjadi trend, masyarakat Jepang telah terbiasa dengan hal ini, dimana mereka rutin minum ait putih di pagi hari.

Manfaat rrutin minum disetiap pagi tidak tanggung-tanggung, diantaranya ialah dapat mengencangkan kulit, terhindardari diabetes dan obesitas, mengobati penyakit mata, kelain tubuh serta masih banyak lagi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas