Scroll untuk baca artikel
Politik

Ada Perubahan, KPU Bateng Sosialisasikan Alokasi Kursi DPRD

229
×

Ada Perubahan, KPU Bateng Sosialisasikan Alokasi Kursi DPRD

Sebarkan artikel ini
IMG 20230403 WA0030
Foto: Para peserta sosialisasi foto bersama setelah acara. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Komisi Pemilihan Umum Bangka Tengah (KPU Bateng) menggelar Sosialisasi dan Evaluasi Terhadap Tahapan Penyusunan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 di Hotel Aston, Kecamatan Pangkalan Baru, Senin (3/4/2023).

Dalam Pemilu 2024 nanti, di Bangka Tengah akan ada penambahan kursi dari 25 menjadi 30 sesuai dengan ketentuan.

Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Bareng, Mahendra Yuliansyah mengatakan penambahan kursi tersebut dikarenakan adanya peningkatan jumlah penduduk sebanyak 200.110 jiwa.

“Adanya penambahan kursi ini maka proses penyusunan dapil ini bertahap, dari mulai penerimaan, penyusunan rancangan, uji publik dan semua rancangan dapil sudah disetujui 17 Parpol, namun ada 1 parpol yang mengusulkan 1 pembaruahan dapil,” ungkapnya.

Ia mengatakan hasil uji publik nanti akan dilaporkan ke KPU Provinsi Bangka Belitung untuk disesuaikan dengan aturan.

“Jika sudah sesuai dengan aturan KPU provinsi kemudian diteruskan lagi ke KPU RI dan rancangan dapil pun disetujui,” jelas Mahendra.

Ketua KPU Bateng, Rusdi mengatakan daerah pemilihan jumlah kursi setiap daerah pemilihan anggota DPRD berdasarkan PKPU 6 Tahun 2023 yakni Bangka Tengah 1 Kecamatan Koba dan Kecamatan Lubuk Besar 11 kursi.

Bangka Tengah II Kecamatan Sungai Selan dan Kecamatan Simpang Katis 10 kursi dan Bangka Tengah III Kecamatan Pangkalan Baru dan Kecamatan Namang 9 kursi.

“Totalnya ada 30 jumlah kursi,” ucap Rusdi.

“InsyaAllah dengan penambahan kursi ini akan mampu mengakomodir suara-suara rakyat,” lanjutnta.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bateng, Pittor mengatakan pihaknya sangat mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Mudah-mudahan dengan adanya penambahan 5 kursi aspirasi rakyat semakin tersalurkan,” ucapnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas