Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

5 Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan, Kaya Serat dan Efektif untuk Kecantikan

218
×

5 Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan, Kaya Serat dan Efektif untuk Kecantikan

Sebarkan artikel ini
manfaat buah bengkoang

Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan – Manfaat buah bengkoang terkenal untuk kecantikan. Tetapi, buah bengkoang juga bermanfaat untuk kesehatan. Bengkoang sendiri memiliki rasa yang lezat.

Buah satu ini memang sangat menyegarkan. Umumnya bengkoang terkenal sebagai bahan masker alami yang dapat memutihkan kulit tubuh dan juga wajah.

Meski demikian, siapa sangka jika bengkoang juga baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini menyimpan banyak nutrisi yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Baca juga: 8 Buah Paling Ampuh Jaga Kolesterol Saat Lebaran, Segar dan Tinggi Serat

Manfaat Buah Bengkoang Beserta Kandungan dan Efek Sampingnya

Bengkoang atau Pachyrhizus merupakan buah yang cukup populer di seluruh dunia. Sebutan bengkoang atau besusu pada buah ini ternyata berasal dari Amerika.

Meski buah ini tumbuh sebagai umbi di dalam tanah, tetapi bengkoang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae).

Bengkoang juga sangat terkenal di Indonesia. Rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau membuat hampir semua orang menyukainya.

Mungkin masyarakat Indonesia lebih umum mengonsumsi bengkoang sebagai rujak atau asinan. Kandungan air yang tinggi membuat bengkoang sangat menyegarkan.

Sedangkan untuk industri kecantikan, bengkoang seringkali menjadi bahan baku utama dari masker. Buah ini dipercaya ampuh mencerahkan kulit.

Kandungan di dalam Bengkoang

Bengkoang merupakan buah yang memiliki kandungan melimpah. Di dalam buah ini terdapat kandungan serat yang tinggi.

Pada setiap 100 gram bengkoang, terdapat sekitar 5 gram serat dan 40 kalori. Jumlah serat pada bengkoang ini setara dengan 10-14% kebutuhan serat harian orang dewasa.

Tidak hanya serat, bengkong juga mengandung vitamin C, protein, karbohidrat, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, dan juga zinc.

Ada juga vitamin A, vitamin B6. hingga zat besi yang lebih sedikit tetapi membuat manfaat buah bengkoang semakin tinggi.

Baca Juga:  7 Manfaat Labu Kuning untuk Mencegah Kanker dan Bikin Awet Muda

Selain itu, bengkoang juga memiliki rasa manis yang berasal dari kandungan inulin (senyawa oligosakarida) yang sangat berguna untuk diet rendah kalori. Sama seperti kacang-kacangan, buah ini memiliki kandungan isoflavon.

Apa Manfaat dari Buah Bengkoang?

Kalangan industri kosmetik umumnya memanfaatkan bengkoang untuk menjadi bahan pelembab, lotion, sabun wajah, masker, dan lulur.

Berikut ini khasiat yang akan Anda dapatkan dari bengkoang:

  1. Kandungan air di dalam bengkoang cukup tinggi, sehingga bisa mencukur cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi.
  2. Buah bengkoang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung.
  3. Kandungan air dar serat di dalamnya membuat manfaat buah bengkoang efektif melancarkan pencernaan dan mengatasi diare, sembelit, hingga BAB tidak lancar.
  4. Nutrisi dan air yang ada di dalam bengkoang ternyata efektif untuk mengatasi panas badan serta demam tinggi.
  5. Buah bengkoang mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan, sehingga mampu membuat wajah menjadi lebih awet muda dan panjang umur.
  6. Kaya akan antioksidan, flavonoid, serta saponin membuat bengkoang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta kanker.
  7. Kandungan vitamin B1 dan vitamin C serta mineral di dalam bengkoang sangat baik untuk menjadikan kulit lebih sehat, segar, dan berseri.
  8. Di dalam jurnal Nutrients, manfaat buah bengkoang adalah meningkatkan fungsi otak. Hal tersebut karena kandungan senyawa diosgenin di dalamnya.
  9. Untuk para perempuan, bengkoang mampu meredakan gejala menopause dengan meningkatkan kadar estrogen.
  10. Kulit luar bengkoang mengandung senyawa saponin yang ampuh melawan peradangan.
  11. Fosfor yang ada di dalam bengkoang dapat menjaga pertumbuhan tulang dan gigi.
  12. Vitamin C pada bengkoang memberikan dorongan besar kepada sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
  13. Bengkoang dapat menjadi menu diet karena kaya akan air dan serat serta senyawa aktif yang efektif dalam membakar lemak tubuh.
Baca Juga:  Ketahui 4 Manfaat Minum Air Jahe untuk Kesehatan, Pastikan Jenisnya Tepat

Apa Efek Samping Bengkoang?

Pada dasarnya bengkoang merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Mengkonsumsinya setiap hari juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Anda bisa menggunakan bengkoang sebagai makanan pelengkap. Namun demikian, Anda sebaiknya tetap memperhatikan takaran konsumsi bengkoang yang tepat.

Bagaimanapun juga bengkoang secara alami mengandung tinggi serat. Kandungan serat tersebut tentunya sangat baik untuk tubuh apabila dikonsumsi secara teratur dan tidak lebih dari porsi anjuran.

Oleh karena itu, konsumsi buah bengkoang secukupnya saja. Untuk manfaat buah bengkoang lebih besar, sebaiknya konsumsi dalam bentuk buah asli dan hindari konsumsi suplemen ekstrak terlalu banyak. Bagaimanapun juga suplemen ekstrak tersebut mengandung pengawet.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas