Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

4 Penyebab Laptop Cepat Panas Saat di Cas, Berikut Cara Mengatasinya!

2486
×

4 Penyebab Laptop Cepat Panas Saat di Cas, Berikut Cara Mengatasinya!

Sebarkan artikel ini
cas

Penyebab Laptop Cepat Panas Saat di Cas – Laptop panas saat di cas memang umum dialami oleh pengguna. Ada beberapa penyebab laptop terasa panas pada saat di cas. Pada kenyataannya tidak sedikit orang yang masih menyepelekan penyebab laptop cepat panas ketika pengisian daya tersebut.

Padahal, apabila laptop terasa panas bisa mengakibatkan berbagai permasalahan pada performanya secara menyeluruh. Selain itu, laptop yang terasa panas akan membuat penggunanya menjadi tak nyaman ketika memakainya.

Laptop Panas Saat di Cas dan Penyebabnya

Sama seperti HP, laptop juga merupakan perangkat teknologi yang penting di dalam kehidupan sehari-hari kita. Anda mungkin biasa memakai laptop untuk mencari informasi, mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, atau memperoleh hiburan.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Padahal Sudah Dicas, Berikut Solusinya

Bahkan, ketika Anda sangat butuh atau dalam keadaan tertentu, bisa saja Anda memakai laptop saat sedang Anda charger. Dalam kondisi normal, suhu laptop yang Anda pergunakan sambil Anda charger tidak akan terasa panas.

Akan tetapi, karena beberapa faktor saat Anda sedang sibuk memakai laptop, Anda mungkin akan merasakan suhu pada laptop yang kian panas. Apabila Anda biarkan terlalu lama, pastinya hal tersebut akan mengganggu performa laptop dalam beroperasi.

Mungkin saja laptop Anda menjadi not responding, lambat, lemot, bahkan memulai ulang. Sistem kerja perangkat menjadi lambat sehingga mengakibatkan error beberapa kali. Pastinya, hal ini sangat menghambat pekerjaan Anda, bukan?

Berikut ada beberapa hal yang menyebabkan laptop cepat panas ketika sedang Anda charger.

Kipas Laptop Tidak Berfungsi Secara Normal

Salah satu penyebab laptop panas saat di cas ialah fungsi kipas yang tidak normal. Kipas laptop yang tidak berfungsi secara normal akan mengakibatkan hawa panas dari dalam laptop kemudian menumpuk dan susah untuk keluar.

Baca Juga:  Inilah 3 Cara Mengatasi Agar Kamera Laptop Buram Kembali Jernih, Dijamin Ampuh!

Sebab, tidak berfungsinya kipas serta sirkulasi yang buruk menjadikan hawa dingin pada komponen yang ada di dalam laptop tak dapat mengalir.

Jarang Anda Bersihkan

Jarang atau bahkan tidak pernah membersihkan laptop juga menjadi penyebab suhu laptop terasa lebih panas ketika Anda charger. Apabila laptop tidak Anda bersihkan, maka kotoran maupun debu-debu akan menempel di komponen laptop.

Baca Juga: 4 Penyebab Laptop Nyetrum Saat di Charge, Karena Instalasi Listrik Buruk

Hal ini akan menyebabkan kinerja laptop terasa lemot sehingga membuat laptop cepat panas. Untuk itu, lakukan pembersihan laptop secara rutin. Mulai dari keyboard, LCD, baterai pada laptop, maupun lubang sirkulasi udaranya demi mencegah laptop terasa panas.

Ruangan Berdebu

Ruangan yang berdebu serta terhalang ventilasi juga dapat menyebabkan laptop lebih cepat panas ketika diisi dayanya. Perlu Anda ketahui, adanya debu yang menumpuk pada laptop bisa menghambat ventilasi pendingin di perangkat untuk bekerja secara optimal.

Demikian juga, apabila ventilasi internal laptop terhalang adanya benda lain, misalnya Anda letakkan di meja dalam keadaan berantakan dengan banyak barang di sekelilingnya. Hal tersebut memicu suhu laptop lebih cepat panas.

Thermal Paste Kering

Penyebab laptop panas saat di cas berikutnya ialah thermal paste yang kering. Thermal paste merupakan sejenis gel yang diberikan pada bagian atas prosesor.

Prosesor sendiri adalah komponen laptop yang paling mudah panas. Jadi, fungsi dari thermal paste ini adalah mereduksi serta mengurangi panas dari prosesor.

Prosesor yang sudah bekerja keras cukup lama, dapat mengakibatkan adanya penumpukan panas. Sehingga lambat laun lapisan thermal paste akan mengering.

Untuk itu thermal paste perlu Anda perhatikan supaya tidak menjadi kering dan laptop pun tidak mudah panas.

Baca Juga:  Penyebab Alarm HP Tidak Berfungsi, Ini 4 Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Laptop Panas Saat di Cas

Berikut cara untuk mengatasi apabila laptop panas ketika di cas.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Eror dan Tidak Berfungsi, Mudah dan Cepat!

  1. Silahkan cek pada baterai laptop, apakah memperoleh sumber daya ketika adapter charger terhubung atau tidak.
  2. Bersihkan kipas dan ventilasi laptop agar terbebas dari debu maupun kotoran. Lakukan pembersihan secara teratur demi mencegah kerusakan yang terjadi.
  3. Apabila Anda tengah melakukan aktivitas online yang intensif data ketika laptop Anda cas seperti streaming atau memainkan game, maka cobalah untuk beristirahat tiap beberapa jam. Tujuannya supaya perangkat bisa sejenak beristirahat dan tak terus-terusan dipaksa bekerja.
  4. Langkah berikutnya, pastikan laptop Anda terletak di area yang punya ventilasi. Jangan lupa, hindari area yang terkena efek sinar matahari secara langsung maupun panas yang berasal dari pencahayaan ruang.
  5. Terakhir, Anda dapat memakai bantalan pendingin atau kipas eksternal. Sehingga, cara ini mampu meminimalisir risiko terjadinya overheating pada laptop yang bisa mengakibatkan berbagai problem lainnya.

Demikian beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi masalah laptop panas saat di cas. Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan laptop yang sedang dalam keadaan diisi dayanya. Gunakan kembali setelah baterainya penuh. Semoga Bermanfaat.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas