Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Sederhana Merawat Printer Agar Tahan Lama dan Tetap Berfungsi Optimal

392
×

3 Cara Sederhana Merawat Printer Agar Tahan Lama dan Tetap Berfungsi Optimal

Sebarkan artikel ini
merawat printer

Cara Sederhana Merawat Printer Agar Tahan Lama – Cara merawat printer penting dilakukan untuk memudahkan sekaligus melancarkan proses mencetak. Tak perlu bingung tentang bagaimana cara merawat perangkat elektronik printer, sebab terbilang beragam. Dengan perawatan yang tepat, maka printer bisa awet dan fungsional dalam jangka panjang.

Cara Merawat Printer yang Baik dan Benar

Printer termasuk perangkat elektronik yang sudah umum digunakan. Perangkat yang satu ini berperan penting dalam membantu proses cetak-mencetak. Hanya saja, kinerjanya seringkali menurun karena suatu hal.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Printer Epson Bermasalah, Cek Penyebab dan Solusinya

Salah satu hal tersebut yaitu kurangnya perawatan. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda memberikan perawatan dengan baik dan benar. Untuk melakukannya, Anda bisa cermati beberapa tips perawatan printer di bawah ini.

Jaga Kebersihan

Salah satu cara merawat printer agar lebih awet dan berfungsi secara maksimal sebagaimana mestinya ialah dengan menjaga kebersihannya. Pembersihan pun perlu Anda lakukan secara menyeluruh sampai ke celah-celah terkecil sekalipun. Terutama di bagian head cartridge.

Komponen head cartridge ialah bagian yang sifatnya paling sensitif. Bagian tersebut akan mudah mengalami kerusakan dan menurunkan kinerja apabila terkena debu.

Komponen ini sendiri memang ada di bagian dalam printer, namun perannya sangat berpengaruh. Maka dari itu, jangan sampai Anda lewatkan komponen head cartridge saat membersihkannya.

Beri Jeda Saat Mencetak

Cara lainnya yang perlu Anda perhatikan ketika merawat printer ialah memberi jeda ketika proses pencetakan. Jeda tersebut berkaitan dengan berapa lembar dokumen yang akan dicetak.

Sebagai contoh, Anda ingin mencetak sebanyak 100 lembar dokumen. Dari banyaknya lembar dokumen tersebut, Anda bisa memberikan jeda istirahat setiap 10 halaman.

Dengan adanya waktu istirahat, maka mesin tetap terjaga kualitasnya. Bukan hanya itu saja, komponen-komponen lainnya yang ada di dalam juga tak akan mudah mengalami kerusakan atau aus.

Manfaatkan Penyaring Udara

Cara merawat printer berikutnya ialah memanfaatkan penyaring udara. Penyaring udara ini bisa Anda gunakan saat membersihkan di bagian dalamnya.

Meski letaknya ada di bagian dalam, namun tetap bisa terkena debu, kotoran, maupun partikel-partikel lain seiring dengan penggunaan yang sudah terlalu lama. Apabila kotoran-kotoran tersebut tak segera Anda bersihkan, maka bisa menyebabkan masalah pada komponen.

Masalahnya pun beragam, seperti mesin jadi tersendat-sendat hingga menurunkan kualitas hasil cetakan. Tunggu apalagi, pastikan Anda langsung mencari penyaring udara agar pembersihan bagian dalam perangkat elektronik ini bisa semakin maksimal.

Cara Merawat Printer dengan Update Driver

Dalam cara merawat printer, Anda juga perlu update driver. Saat ingin update driver, Anda bisa download lalu menginstal driver versi terbaru.

Anda jangan sampai abaikan cara perawatan ini sebab pembaruan sistem driver bisa berpengaruh terhadap program pencetakan. Dengan update driver versi terbaru, maka kinerja jadi bisa maksimal dan menguntungkan penggunanya.

Akan tetapi, Anda jangan asal-asalan dalam memperbaharui driver. Pastikan driver yang ingin Anda update bukan driver bajakan. Hal ini hanya akan memberikan kerugian bagi Anda nantinya.

Update driver yang benar-benar resmi agar aman tanpa risiko. Cara merawat printer software ini akan membuat Anda lebih untung dan merasakan manfaat dari penggunaannya.

Ganti Tintanya Sebelum Habis

Tinta yang Anda gunakan untuk proses mencetak harus jadi perhatian saat perawatannya. Dalam cara merawat printer ini, alangkah baiknya jika mengganti tintanya sebelum benar-benar habis.

Anda bisa periksa kondisi tinta yang ada di dalam cartridge secara rutin. Apabila jumlahnya sudah hampir habis, Anda bisa segera mengisinya lagi. Cara ini bisa Anda praktikkan ketika ingin merawat printer Epson, HP, Canon, dan masih banyak lagi.

Matikan Setelah Selesai Menggunakannya

Anda perlu mematikan setelah selesai menggunakannya. Cara merawat printer manual ini tak kalah penting untuk Anda lakukan dan bahkan jadikan kebiasaan.

Ketika mematikannya pun harus Anda lakukan dengan benar. Adapun caranya yaitu menekan tombol Power terlebih dahulu.

Baru setelah itu, Anda bisa mematikannya melalui stop kontak. Saat mematikan, jangan langsung dari stop kontak karena berbahaya. Cara merawat printer jangan Anda anggap sepele.

Kebiasaan mematikan langsung dari stop kontak juga bisa memperpendek usia pakai printer. Printer akan lebih mudah rusak ataupun bermasalah.

Perhatikan Posisi

Sebelum menggunakan printer, Anda harus memperhatikan posisinya. Pastikan Anda tidak meletakkannya di tempat yang terlalu dingin atau panas.

Tempat yang terlalu dingin maupun panas akan memicu beragam masalah. Apabila Anda meletakkannya di tempat yang terlalu dingin, maka suhu printer jadi terlalu rendah.

Dalam cara merawat tersebut, kondisi ini membuat tinta yang ada di dalam jadi mengeras dan menyulitkan saat proses pencetakan. Begitu pula ketika Anda menempatkan di lokasi yang terlalu panas.

Suhu yang ada di dalam printer bisa meningkat seketika. Peningkatan suhu ini akan membuat komponen-komponen elektroniknya mengalami kerusakan.

Cara merawat printer nyatanya sangatlah penting. Selain bertujuan supaya printer awet, prima, dan selalu fungsional, Anda juga bisa lebih hemat anggaran perawatan. Printer yang awet memungkinkan Anda terhindar dari pembelian baru dalam waktu dekat.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas